Sukses

4 Fakta Pemuda Viral di Tegal Kubur Diri Hidup-Hidup, Akui Sudah Meninggal

Pemuda asal Tegal ini megaku dapat bisikan untuk kubur hidup-hidup.

Liputan6.com, Jakarta Sudah menjadi rahasia umum jika sebagian besar masyarakat Indonesia masih percaya soal sesuatu yang bernuansa mistis. Berbagai fenomena dan kejadian yang tak kasat mata kerap kali dikaitkan dengan kekuatan gaib.

Seperti yang baru-baru ini viral di media sosial. Sebuah video beredar luas di dunia maya yang memperlihatkan seorang pemuda yang nekat mengubur hidup-hidup dirinya sendiri. 

Dalam video yang beredar momen tersebut sontak membuat geger warga sekitar. Tak hanya warga, pihak berwajib juga turut hadir dalam tempat kejadian. Menurut keterangan yang beredar, diketahui jika pemuda tersebut hendak mengubur dirinya hidup-hidup lantaran dapat "bisikan".

Setelah ditelusuri, beberap warga mengatakan jika pemuda ini memang mengalami stres dan bertingkah laku aneh. Berikut ini Liputan6.com rangkum 4 faktanya dari berbagai sumber, Senin (4/1/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Kubur Diri Hidup-hidup dan Akui Sudah Meninggal

Media sosial baru saja dihebohkan dengan aksi seorang pemuda. Pria asal Tegal, Jawa Tengah tersebut nekat mengubur diri hidup-hidup di sebuah komplek tempat pemakaman umum.

Dalam video yang diunggah oleh akun Instagram @ndorobeii tampak seorang pemuda tertelungkup di tanah pemakaman yang penuh dengan lumpur. Aparat dan warga tampak menyelamatkan pemuda yang diketahui bernama Wawan tersebut.

"Kondisi pemuda tersebut hanya tampak‎ kepala dan setengah badannya saja dengan posisi wajah menghadap ke dalam tanah. Sementara di sisi kanan dan kirinya terdapat makam." tulis admin akun @ndorobeii pada Sabtu (2/1/2021).

"Rupanya, Pemuda tersebut beralasan menggali makam karena mendapat bisikan dan ingin kembali ke alamnya. Dia mengaku sudah meninggal dan dihidupkan kembali oleh Tuhan." lanjutnya.

3 dari 5 halaman

2. Dapat 'Bisikan'

Video aksi penyelamatan pemuda di Tegal yang setengah badannya sudah di liang lahat di TPU Debong Kidul oleh aparat dan warga itu kemudian viral di media sosial. 

Sertu Dasrim menjelaskan jika pemuda bernama Wawan ini memang mengalami stres atau gangguan jiwa. Pemuda tersebut berdalih menggali makam tersebut karena mendapat 'bisikan' untuk kembali ke alamnya. Ia mengaku sudah dalam kondisi meninggal dan telah dihidupkan kembali oleh Tuhan.

"Aku pan balik maring alame aku (aku mau pulang ke alam saya)," ‎ujar pemuda itu dalam bahasa ngapak saat ditanya tujuannya oleh warga.

 

 

4 dari 5 halaman

3. Diduga Stres

Seorang warga skeitar bernama Tarsumi sempat mengatakan jika pemuda bernama Wawan ini sebelum melakukan tindakan tersebut, mengutarakan bahwa dirinya pernah meninggal namun hidup kembali. 

Wawan kabarnya adalah warga Desa Kepandean, Kecamatan Dukuhturi, Kabupaten Tegal. Aksi Wawan ini dilakukan pada Rabu (30/12/2020) sekitar 08.00 WIB. Babinsa Kelurahan Debong Kidul, Kecamatan Tegal Selatan, Kota Tegal, Sertu Dasrim menambahkan jika pemuda berusia 23 tahun ini mengalami gangguan jiwa.

 

 

5 dari 5 halaman

4. Berhasil Diselamatkan

Kejadian yang menggegerkan warga itu akhirnya berhasil diselamatkan. Lokasi tempat pemakaman umum yang berdekatan dengan pasar itu membuat si pemuda dapat segera diselamatkan. 

Wawan menggali tanah pemakaman dengan tangannya sendiri. Ia berhasil menggali sedalam 70 sentimeter dan menyisakan kepalanya saj ayang terlihat menghadap ke tanah. Saat badannya sudah terkubur dan kepala tertelungkup, Wawan diketahui masih bisa diajak berkomunikasi.

Begitu berhasil diangkat dan dievakuasi, tubuh Wawan pun dibasuh oleh warga sekitar lantaran penuh dengan lumpur. Setelah dibujuk, Wawan kabarnya dibawa kembali ke rumah orang tuanya di Desa Kepandean.

 

@liputan6com

Nekat Mengubur Diri Hidup-Hidup Karena Bisikan Gaib #liputan6 #tiktokberita #tegal #viral

♬ original sound - liputan6.com - liputan6.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.