Sukses

10 Macam-Macam Kebugaran Jasmani, Ketahui Bentuk Latihan dan Manfaatnya

Mengenal macam-macam kebugaran jasmani yang bisa dilakukan pada waktu senggang tanpa rasa lelah berlebihan.

Liputan6.com, Jakarta Ada banyak sekali macam-macam kebugaran jasmani yang perlu diketahui. Termasuk banyak orang mengira kegiatan kebugaran jasmani adalah aktivitas yang melelahkan, padahal tidak demikian. Justru macam-macam kebugaran jasmani tidak melibatkan rasa lelah berlebihan.

Macam-macam kebugaran jasmani ini meliputi kekuatan, daya otot, daya tahan, kecepatan, kelincahan, keseimbangan, koordinasi, reaksi, daya lentur, dan ketepatan. Semua macamnya dapat dinikmati pada waktu senggang dan dapat meningkatkan produktivitas harian.

Untuk contoh bentuk latihan dari kebugaran jasmani adalah push up dengan melatih otot bahu, back lift untuk punggung, sit up pengencang perut, dan dumbbell untuk lengan serta bahu. Agar bisa lebih memahaminya, berikut Liputan6.com ulas macam-macam kebugaran jasmani dari berbagai sumber, Minggu (3/1/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Mengenal Kebugaran Jasmani

Judith Rink

Menurut Judith Rink, pengertian kebugaran jasmani adalah kemampuan seseorang saat melakukan rutinitas sehari-hari dengan energi yang besar, tetapi tidak merasa kelelahan yang berlebihan, dan bisa menikmati rutinitas tersebut.

Sudarno (1992)

Menurut Sudarno, pengertian kebugaran jasmani adalah kesanggupan tubuh untuk melakukan berbagai aktivitas dengan baik tanpa mengalami kelelahan berarti. Selain itu, tubuh masih memiliki cadangan energi yang bisa digunakan sewaktu-waktu.

T. Cholik Muthohir (1999) dalam Ismaryati (2006: 40)

Menurut T. Cholik Muthohir (1999) dalam Ismaryati (2006: 40), pengertian kebugaran jasmani adalah kondisi yang menggambarkan kemampuan seseorang untuk melakukan tugas dengan produktif tanpa mengalami kelelahan yang berlebihan.

Kockey

Pengertian kebugaran Jasmani adalah sesuatu kemampuan untuk dapat menyelesaikan tugas sehari-hari dengan mudah, tanpa kelelahan yang sangat berarti dan masih dapat menikmati waktu senggangnya serta dalam suatu keadaan darurat masih mampu melakukan pekerjaan yang tidak terduga.

Agus Mukhlolid, M.Pd (2004:3)

Menurut Agus Mukhlolid, M.Pd, pengertian kebugaran Jasmani adalah kemampuan dan kesanggupan untuk melakukan aktivitas atau kerja, mempertinggi daya kerja dengan tanpa mengalami kelelahan yang berlebihan.

Sadoso Sumosardjuno (1989:9)

Menurut Sadoso Sumosardjuno, pengertian kebugaran jasmani merupakan kemampuan seseorang untuk menunaikan tugasnya sehari-hari secara mudah, tanpa merasa lelah yang berarti, serta masih mempunyai cadangan tenaga (sisa) untuk menikmati waktu senggangnya dan untuk keadaan-keadaan mendadak.

Suratman (1975)

Menurut Suratman, pengertian kebugaran jasmani adalah suatu aspek fisik dari kesegaran menyeluruh atau total fitness yang memberi kemampuan pada seseorang untuk menjalankan kehidupan yang produktif dan dapat menyesuaikan pada tiap pembebanan atau stres fisik yang wajar.

3 dari 7 halaman

Macam-Macam Kebugaran Jasmani

Kelincahan

Kelincahan merupakan unsur kebugaran jasmani yang berkaitan dengan kemampuan menyesuaikan diri dengan keadaan saat melakukan aktivitas sehari-hari. Beberapa latihan yang bisa dilakukan untuk melatih kelincahan, seperti berlari naik turun tangga dan zig-zag.

Keseimbangan

Keseimbangan adalah kemampuan seseorang mengendalikan tubuh sehingga berbagai gerakan yang dilakukan bisa dilakukan dengan baik dan benar. Salah satu latihan yang mampu meningkatkan keseimbangan tubuh adalah senam.

Koordinasi

Selanjutnya yaitu koordinasi. Mkasundya, sebuah kemampuan seseorang mengintegrasi berbagai gerakan yang beda dan mampu koordinasikan seluruh bagian tubuh dengan baik dan benar.

4 dari 7 halaman

Macam-Macam Kebugaran Jasmani

Reaksi

Reaksi yaitu kemampuan seseorang untuk segera bertindak serta menanggapi adanya sebuah rangsangan yang ditangkap oleh indra. Jenis latihan yang bisa meningkatkan dan butuh sebuah reaksi adalah lempar tangkap.

Daya Lentur

Kemudian, daya lentur adalah tingkat penyesuaian seseorang dalam berbagai jenis aktivitas kerja secara efektif dan efisien dengan cara penguluran tubuh yang baik. Apabila seseorang memiliki kelenturan yang baik, maka orang tersebut bisa terhindar dari berbagai risiko cedera.

Kekuatan

Kekuatan merupakan bagian dari kebugaran jasmani yang menggunakan kemampuan fisik seseorang, terutama dalam hal penggunaan otot. Beberapa latihan fisik yang melibatkan kekuatan otot ialah sit up, push up, dan squat jump.

Daya Otot

Daya otot merupakan unsur kebugaran jasmani yang berkaitan dengan kemampuan otot untuk mendukung aktivitas sehari-hari. Beberapa latihan untuk melatih daya otot ialah side jump, vertikal jump, dan front jump.

5 dari 7 halaman

Macam-Macam Kebugaran Jasmani

Daya Tahan

Daya tahan berhubungan erat dengan stamina agar bisa melakukan aktivitas dalam jangka waktu lama. Untuk memiliki daya tahan tubuh yang bagus memerlukan latihan yang kompleks.

Untuk meningkatkan kinerja paru-paru, jantung, sistem peredaran darah, dan kekuatan otot. Latihan yang bisa diterapkan untuk meningkatkan daya tahan, ialah jogging atau lari minimal selama 30 menit sehari.

Kecepatan

Kecepatan dalam kebugaran jasmani dimaknai sebagai kemampuan agar seseorang bisa melakukan tugas dengan baik dan benar. Satu di antara latihan untuk meningkatkan kecepatan ialah lari.

Ketepatan

Lalu, yang terakhir adalah ketepatan. Ketepatan adalah sebuah kemampuan seseorang mengendalikan gerak bebas tubuh kepada suatu sasaran. Ada berbagai jenis latihan yang membutuhkan ketepatan, salah satu yang paling populer yaitu memanah.

6 dari 7 halaman

Bentuk Latihan Kebugaran Jasmani

Push Up

Salah satu bentuk latihan kebugaran jasmani adalah push up. Jenis olahraga satu ini termasuk ke dalam calisthenic yang berfungsi untuk menguatkan otot dada, bahu, maupun trisep. Selain itu, gerakan ini juga berperan penting untuk membentuk otot punggung bawah dan juga otot perut.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat melakukan gerakan push up seperti memerhatikan posisi tangan, selalu menghadap ke depan, dan gerakan naik turun tetap. Push up sangat efektif untuk memperkuat otot-otot di sekitar bahu, meningkatkan kekuatan massa otot, dan meningkatkan kesehatan jantung.

Back Lift

Bentuk latihan kebugaran jasmani berikutnya yaitu back lift. Jenis olahraga ini berfungsi untuk membentuk otot bagian punggung agar menjadi lebih kekar dan simetris. Biasanya, latihan fisik ini dilakukan dengan skema badan menghadap ke lantai secara lurus, lalu perlahan menggerakkan bagian kepala ke atas sampai maksimal.

Ada beragam manfaat dari jenis bentuk latihan kebugaran jasmani ini, seperti meningkatkan kekuatan tubuh, menurunkan berat badan, dan mencegah cedera. Selain itu, back lift juga berfungsi untuk membentuk atau memperbaiki postur tubuh.

Sit Up

Sit up merupakan salah satu bentuk latihan kebugaran jasmani yang bisa melatih beragam otot. Tidak hanya otot perut, sit up juga bisa memperkuat otot dada, panggul, pinggang bagian bawah, dan leher. Bentuk latihan kebugaran jasmani ini efektif untuk membuat otot-otot tubuh menjadi lebih kencang.

Banyak sekali manfaat sit up bagi tubuh manusia, seperti memperbaiki keseimbangan tubuh, memperbaiki postur tubuh, dan memperbaiki bentuk perut. Bagi Anda yang ingin memiliki bentuk tubuh ideal dan indah, sebaiknya melakukan jenis olahraga ini secara rutin.

Latihan Kekuatan Otot Lengan dan Bahu

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk melatih kekuatan otot lengan, seperti melakukan olahraga dengan dumbbell. Caranya cukup mudah, angkat dan turunkan secara berulang, hingga otot terbentuk secara maksimal. Selain itu, Anda juga bisa melakukan gerakan yang bertumpu pada kursi.

Gerakan bertumpu pada kursi dapat membuat latihan menjadi lebih efektif untuk meningkatkan pertumbuhan otot lengan. Lakukan gerakan ini secara berulang-ulang, sehingga akan memberikan reaksi otot lengan dengan baik.

7 dari 7 halaman

Manfaat Kebugaran Jasmani

Terhindar dari Penyakit

Latihan kebugaran jasmani secara rutin bisa membuat seseorang terhindar dari penyakit. Latihan kebugaran jasmani, dapat membuat jantung bekerja lebih aktif. Olahraga membuat peredaran darah dari jantung ke seluruh tubuh menjadi lebih lancar.

Tubuh Ideal dan Sehat

Latihan kebugaran jasmani yang dilakukan secara terus menurus bisa membakar kalori dalam tubuh. Banyak orang-orang yang melakukan olahraga lantaran ingin memiliki tubuh indah dan jauh obesitas.

Menurunkan Risiko Kanker

Setiap orang memiliki risiko terkena kanker. Namun, risiko tersebut bisa ditekan dengan cara melakukan latihan fisik demi meningkatkan kualitas kebugaran jasmani. Seseorang yang memiliki kebugaran jasmani yang tinggi memiliki risiko terkena kanker relatif kecil.

Tingkatkan Mood

Beberapa orang menganggap berolahraga dapat membuat tubuh terasa lelah, terutama setelah berjam-jam bekerja di kantor. Namun, perlu dibedakan antara lelah berolahraga dengan kelelahan karena stres.

Tubuh Tegap

Melakukan latihan kebugaran jasmani akan merangsang semua bagian tubuh agar lebih fleksibel. Otot tubuh juga akan menjadi lebih elastis dan tidak kaku.

Hilangkan Stres

Kebugaran jasmani dapat membantu mengatasi emosi dan mengurangi kegelisahan sehingga mengurangi stres. Berolahraga membantu mengatasi gejala-gejala kecemasan dan bisa menjadi alat yang potensial.

Kekebalan Tubuh

Kebugaran jasmani akan memperkuat sistem kekebalan tubuh melawan berbagai macam penyakit. Tentu bisa meningkatkan kekebalan tubuh terhindar dari risiko kanker di masa mendatang.

Relaksasi

Padatnya rutinitas sehari-hari akan membuat lelah, pusing, bahkan mengganggu waktu tidur. Banyak yang menyepelekan kurangnya waktu tidur yang cukup. Kurangnya waktu tidur memiliki risiko terjangkitnya berbagai macam penyakit dan mental, termasuk tidak stabilnya emosi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini