14 Wisata Kuliner Makassar Paling Populer, Kaya Cita Rasa

Oleh Anugerah Ayu Sendari pada 02 Jan 2021, 16:25 WIB
Diperbarui 02 Jan 2021, 16:25 WIB
Soto Padang
Perbesar
Ilustrasi kuliner Credit: freepik.com

Liputan6.com, Jakarta Wisata kuliner Makassar menawarkan pengalaman nikmatnya cita rasa hidangan khas Sulawesi Selatan. Makassar merupakan kota metropolitan terbesar di kawasan Indonesia Timur. Wisata Kuliner Makassar dikenal dengan cita rasanya yang khas.

Ada banyak jenis wisata kuliner Makassar yang bisa dicicipi di kota ini. Wisata kuliner Makassar didominasi oleh masakan Bugis dan percampuran budaya kuliner lainnya. Wisata kuliner Makassar juga sudah sangat populer di telinga para pencinta kuliner Nusantara.

Salah satu wisata kuliner Makassar yang paling terkenal adalah Coto Makassar. Selain Coto, ada banyak wisata kuliner Makassar yang sayang jika tidak mampir di lidah. Berikut wisata kuliner Makassar yang populer, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Sabtu (2/1/2021).

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Wisata kuliner Makassar

Kuliner Makassar
Perbesar
Salah satu kuliner andalan Makassar (Liputan6.com / Fauzan)

Coto Makassar

Coto Makassar merupakan kuliner andalan Makassar. Hidangan ini bahkan sudah sangat terkenal di seluruh Indonesia. Coto Makassar biasa disantap bersama buras atau ketupat. Wisata kuliner Makassar ini berisi daging sapi hingga jeroan sapi. Coto Makassar terkenal dengan kuahnya yang kental dan kaya akan rempahnya.

Coto Makassar dapat dengan mudah ditemui di sepanjang sudut kota Makassar. Salah satu tempat menikmati Coto Makassar yang terkenal adalah Coto Nusantara di Jalan Merpati No. 2, Kunjung Mae, Mariso, Kota Makassar.

Konro

Konro adalah olahan iga sapi khas Bugis, Makassar. Konro biasa diolah menjadi sup konro dengan kuah coklat kehitaman. Tulang iga diolah dengan cara direbus atau dibakar dan dihidangkan dalam kuah kaldu sup. Sama seperti Coto Makassar, konro biasa disantap bersama buras dan ketupat. Warung Konro yang paling terkenal di Makassar adalah Konro Karebosi.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Wisata kuliner Makassar

Ilustrasi Sup
Perbesar
Ilustrasi sup (dok. Pixabay.com/Putu Elmira)

Sup Ubi

Sop Ubi menggunakan bahan dasar ubi, paru, dan mi kuning sebagai olahan utama. Sup ubi juga kaya akan rempah. Sup ubi juga biasanya dilengkapi dengan kacang goreng, keripik, atau kerupuk udang. Salah satu wisata kuliner Makassar untuk menikmati sup ubi adalah Sop Ubi Hj Haniah yang sudah berdiri sejak 1963.

Sup Saudara

Selain sup ubi, ada juga sup Saudara. Sup ini biasanya menggunakan nasi sebagai pendampingnya. Kuliner yang satu ini juga menggunakan olahan daging sapi dengan berbagai rempah di kuahnya. Satu mangkuk sup saudara berisi daging, paru, lidah, bihun, dan perkedel yang disiram kuah. Wisata kuliner Makassar yang paling terkenal untuk menikmati hidangan satu ini adalah Sop Saudara Warung Pangkep.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Wisata kuliner Makassar

Ikan Pallumara khas bugis makassar cocok di musim hujan (Liputan6.com/ Eka Hakim)
Perbesar
Ikan Pallumara khas bugis makassar cocok di musim hujan (Liputan6.com/ Eka Hakim)

Pallubasa

Bahan utama hidangan yang satu ini juga masih menggunakan olahan daging sapi dengan kuah beragam rempah. Bagian yang digunakan adalah bagian jeroannya. Selain sapi biasanya Pallu Basa juga menggunakan jeroan kerbau. Pallu Basa biasanya dihidangkan dengan nasi hangat. Kuah Pallu Basa terbuat dari berbagai macam bumbu dan rempah yang membuat rasanya sangat gurih.

Tempat menikmati Pallubasa yang sangat terkenal di Makassar ada di Pallubasa Onta, Jalan Onta Lama No. 103, Mandala, Mamajang, Kota Makassar.

Pallumara

Selain daging sapi, di Makassar kamu juga bisa menemukan olahan ikan, seperti Pallumara. Wisata kuliner Makassar menggunakan ikan kakap dan kepalanya sebagai bahan utama. Pallumara memiliki kuah asam yang segar. Tempat yang paling populer untuk menikmati Pallumara adalah rumah makan Ulu Juku.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Wisata kuliner Makassar

Ilustrasi Mi Instan
Perbesar
Ilustrasi Mie Kering Credit: pexels.com/Tnguyen

Bebek Palekko

Bebek Palekko merupakan wisata kuliner Makassar khas Bugis. Hidangan ini terbuat dari daging bebek yang dicincang. Kuliner satu ini punya bumbu kental yang sangat pedas. Kamu bisa menemukan sajian Bebek Palekko ini di Jalan Tamalanrea Raya BTP Blok C No 27 A, Tamalanrea, Kota Makassar.

Mi kering

Wisata kuliner Makassar selanjutnya adalah mi kering. Kuliner ini merupakan kuliner Khas Tionghoa yang berkembang di Makassar. Mi kering disajikan dengan saus kental dan irisan ayam, udang, jamur, hati, dan cumi. Kuliner satu ini agak mirip dengan I Fu Mie Tiongkok, hanya saja mienya yang lebih tipis.

Warung mi kering yang legendaris adalah Mie Titi yang berada di Jalan Boulevard Ruko Rubi II No. 25, Masale, Panakkukang, Makassar.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Wisata kuliner Makassar

Songkolo Begadang
Perbesar
Makanan tradisional Makassar songkolo begadang yang menjadi favorit saat Ramadan (Liputan6.com/ Eka Hakim)

Songkolo

Songkolo merupakan wisata kuliner Makassar berupa nasi etan hitam bertabur ikan teri goreng dan serundeng. Biasanya Songkolo dinikmati saat malam hari dan menjadi kuliner malam yang terkenal di Makassar. Tempat menikmati Songkolo yang sangat populer adalah Songkolo Bagadang Alhamdulillah di Jalan Pannara No.19, Antang, Manggala, Kota Makassar.

Pisang Epe

Pisang Epe atau Ape merupakan jajanan dan makanan khas Makassar yang bisa kamu jumpai khususnya di daerah pesisir pantai. Pisang Epe terbuat dari pisang raja sebagai bahan utamanya. Pisang Epe biasanya disajikan dengan berbagai toping seperti susu, keju, mesis, coklat, dan masih banyak lagi.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Wisata kuliner Makassar

Jalangkote

Jalangkote merupakan kuliner Makassar yang seklis mirip dengan pastel. Jalangkote ini terbuat dari adonan tepung terigu dan campuran mentega yang diisi dengan potongan wortel, kentang, mie, telur, tauge dan bihun.

Barongko

Barongko merupakan makanan khas Bugis-Makassar yang terbuat dari pisang yang dihaluskan, telur, santan, gula pasir, dan garam. Adonan Barongko dibungkus dengan daun pisang lalu dikukus.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Wisata kuliner Makassar

20151128-Makassar Pecahkan Rekor Muri Pisang Ijo Terpanjang dan Terbanyak
Perbesar
(Liputan6.com/Eka Hakim)

Pallu Butung

Pallu Butung terbuat dari campuran tepung beras, santan, gula pasir, daun pandan, vanili dan garam yang kemudian sampai matang dan kental. Pallu Butung lalu dimasukkan potongan-potongan pisang raja yang juga sudah masak lalu diaduk. Pallu Butung dapat dihidangkan hangat-hangat, juga bisa dihidangkan dingin dengan menambah parutan es di atasnya.

Es Pisang Ijo

Pisang ijo atau es pisang ijo adalah kuliner khas Sulawesi Selatan yang sama menyegarkannya dengan Pallu Butung. Es Pisang Ijo terbuat dari bahan utama berupa pisang yang masih segar kemudian dibalur dengan adonan khusus berwarna hijau. Setelah itu adonan pisang ini dipotong dan disajikan dengan bubur sumsum, es batu, susu kental, dan sirup.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya