Sukses

12 Cara Menghilangkan Kerutan di Bibir, Kembali Sehat

Cara menghilangkan kerutan di bibir ini bekerja dengan melindungi bibir dari UV A, UV B, dan menjaga kelembapannya.

Liputan6.com, Jakarta Kerutan di bibir yang paling umum, terbentuk akibat kekeringan. Penyebab yang lain adalah penuaan dengan terjadinya penurunan kadar kolagen dan elastin. Ketika hal ini terjadi, berbagai cara menghilangkan kerutan di bibir perlu dijadikan solusi.

Penuaan terjadi tepat saat garis-garis halus di bibir menjadi semakin jelas. Faktor pemicunya adalah paparan sinar matahari dan dehidrasi. Tidak heran jika berbagai cara menghilangkan kerutan di bibir ini bekerja dengan melindungi bibir dari UV A, UV B, dan menjaga kelembapannya.

Kelembapan yang terjaga akan membuat bibir lebih kenyal dan terhidar dari masalah kerutan. Selain berbagai cara menghilangkan kerutan di bibir, terapkan kebiasaan sehat. Konsumsi buah dan sayur untuk vitamin alami bibir agar kesehatannya bisa terjaga dari dalam juga.

Berikut Liputan6.com ulas cara menghilangkan kerutan di bibir dari berbagai sumber, Kamis (31/12/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Cara Menghilangkan Kerutan di Bibir

Lidah Buaya

Lidah buaya bisa diterapkan untuk menghilangkan kerutan di bibir. Hal ini disebabkan karena lidah buaya memiliki sifat melembapkan dan membuat bibir menjadi lebih kenyal. Termasuk tinggi antioksidan yang bisa memenuhi kebutuhan nutrisi bibir kering.

Ada pula sifat antiinflamasi pada lidah buaya yang bisa mendinginkan kulit rusak karena pecah-pecah dan perih. Jadi, coba terapkan lidah buaya pada bibir secara perlahan untuk bisa menghilangkan kerutan karena kurang lembap.

Minyak Kelapa

Minyak kelapa dikenal memiliki antioksidan cukup tinggi. Khasiat ini dipercaya bisa membuat bibir lebih lembap dan tidak berkerut. Termasuk jika sudah terjadi luka, minyak kelapa bisa menutup luka di bibir secara alami.

Tidak hanya melembapkan tetapi minyak kelapa juga melindungi bibir dari paparan sinar UV yang berbahaya. Paparan sinar UV merupakan penyebab utama bibir berkerut.

Siapan minyak kelapa secukupnya. Oleskan saja minyak kelapa di bibir setiap pagi, siang, dan menjelang tidur setiap hari. Rasakan hasilnya sekitar satu minggu.

3 dari 7 halaman

Cara Menghilangkan Kerutan di Bibir

Air Putih

Ketika bibir terasa kering, pecah-pecah, dan berkerut, itu artinya tubuh sedang mengalami dehidrasi atau kurang cairan. Maka dari itu, muali penuhi kebutuhan cairan tubuh sesegera mungkin.

Konsumsi air putih paling tidak 8 gelas perhari. 8 gelas ini setara dengan 2 liter air putih. Untuk hasil maksimal, hindari penyebab bibir berkerut seperti paparan sinar UV langsung.

Kentang

Kentang bisa digunakan sebagai pelembap bibir alami. Hal ini disebabkan karena kentang kaya vitamin dan mineral. Selain melembapkan, kentang membuat proses regenerasi kulit bibir lebih maksimal. Dampaknya menjadikan bibir lebih merona secara alami, tidak berkerut, dan lebih sehat.

Siapkan kentang yang sudah dibersihkan. Jika sudah, oleskan ke seluruh bagian bibir. Diamkan kentang pada bibir selama 30 menit sampai kering. Kemudian bilas bibir dengan air bersih/air hangat. Jika ingin lebih berasa, bisa campurkan dengan madu dan minyak zaitun.

4 dari 7 halaman

Cara Menghilangkan Kerutan di Bibir

Kelopak Mawar

Bibir kering dan berkerut bisa atasi menggunakan kandungan vitamin E dari kelopak bunga mawar. Mawar juga bisa membantu mengembalikan warna alami bibir menjadi merona.

Kandungan vitamin, lemak, dan mineralnya sangat baik untuk melembapkan bibir. Kelembapan yang terjaga akan membuat bibir lebih kenyal dan terhindar dari masalah kerutan.

Haluskan 6 kelopak mawar, lalu rendam dengan sedikit susu selama sekitar 3 jam. Kemudian oleskan bibir dan didiamkan sekitar 20 menit. Terakhir bilas dengan air dingin.

Lip Balm

Lip balm bisa diandalkan menghilangkan kerutan di bibir. Lip balm biasanya mengandung petroleum, beeswax, atau minyak lainnya yang akan menjadi penghalang untuk mencegah hilangnya kelembapan bibir.

Lip balm dapat melindungi bibirmu dari sinar matahari, angin, dan udara dingin atau kering dengan mengunci kelembapan bibir dan menjaganya dari infeksi. Kandungan emolien dalam lip balm juga berfungsi untuk melembutkan bibir.

5 dari 7 halaman

Cara Menghilangkan Kerutan di Bibir

Pepaya

Pepaya kaya zat papain dan enzim yang dapat menghilangkan sel-sel kulit mati dan merangsang aliran darah. Sementara madu mengandung vitamin C yang mengurangi garis-garis halus dan memberikan volume pada bibir.

Perpaduan keduanya bisa membuat bibir lebih memesona dan terhindar dari masalah penuaan seperti kerutan. Campurkan 2 sendok teh pepaya bubuk dan 2 sendok teh madu. Oleskan tipis pada bibir dan diamkan selama 20 menit lalu bilas sampai bersih.

Krim Pelembap

Alternatif lain selain lip balm adalah pelembap bibir. Gunakan pelembap bibir untuk menghilangkan kerutan di bibir. Menjaga kelembapan bibir sama dengan menjaganya tetap kenyal dan sehat.

Bersihkan tangan sebelum menggunakan pelembap bibir. Selain itu, ketika memiliki luka, perhatikan setiap harinya serta jaga agar tetap bersih dan kering. Jangan meniup area yang terluka karena dapat memicu pertumbuhan bakteri. 

6 dari 7 halaman

Cara Menghilangkan Kerutan di Bibir

Teh Hijau

Teh hijau dikenal memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi. Selain baik untuk kulit wajah dan tubuh, kandungan ini baik untuk menjaga kesehatan bibir.

Salah satunya dijadikan sebagai pelembap alami. Untuk polifenolnya bisa melembutkan bibir juga. Tidak heran jika kemudian manfaatnya dapat berdampak pada hilangnya kerutan di bibir.

Penerapannya cukup mengoleskan bubuk teh hijau yang dijadikan pasta. Bisa juga dengan membalurkan ampas teh pada bibir. Langkah lain dengan meletakkan satu kantong teh hijau yang sudah direndam dengan air hangat.

Minyak Zaitun

Minyak zaitun bisa digunakan untuk membuat masker bibir dan pelembap alami. Kandungan dalam minyak ini bisa membantu melembapkan bibir dan mencerahkan secara alami.

Kelembapan dan kekenyalan yang terjaga akan membuat bibir lebih sehat. Begitu juga dapat membantu menghilangkan kerutan di bibir secara alami.

Siapkan minyak zaitun secukupnya. Cukup oles minyak ke seluruh bagian bibir. Disarankan untuk menerapkannya di malam hari. Lakukan secara rutin agar hasilnya bisa lebih maksimal.

7 dari 7 halaman

Cara Menghilangkan Kerutan di Bibir

Jus Nanas

Nanas kaya vitamin C dan bromelian yang melindungi bibir dari radikal bebas dan memperbaiki jaringan kulit bibir yang membantu mencerahkan warna bibir.

Perlindungan dari radikal bebas akan membuat bibir lebih sehat. Selain itu, perlindungan ini turut membantu menghilangkan kerutan di bibir akibat penuaan. Celupkan kapas pada jus nenas yang masih segar lalu oleskan pada bibir. Biarkan selama 10 menit lalu bilas sampai bersih.

Lipbalm Kayu Manis

Kayu manis bekerja merangsang pembuluh darah dan membawa darah ke permukaan. Sehingga mampu meringankan garis-garis halus dan membuat bibir tampak lebih berisi atau tebal.

Garis yang diringankan akan membuat kerutan bibir perlahan ikut menghilang. Lipbalm ini pun bisa sekaligus menjaga kelembapan bibir dan membuatnya lebih kenyal dan terhindar dari penuaan.

Campurkan bubuk kayu manis dengan beberapa minyak esensial seperti almond atau jojoba oil. Aduk rata dan oleskan pada bibir Anda sebelum tidur.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini