Sukses

6 Penyebab Kue Kering Tidak Matang Merata, Perhatikan Cara yang Benar

Penyebab kue kering tidak matang merata mungkin membuat banyak orang penasaran.

Liputan6.com, Jakarta Penyebab kue kering tidak matang merata mungkin membuat banyak orang penasaran. Terutama bagi orang-orang yang sering gagal dalam membuat kue kering yang diinginkannya. Bagi kamu yang sering mengalami hal ini, kamu perlu memperhatikan kembali cara membuat kue yang benar.

 

Baca juga:

 

Banyak faktor yang dapat mengakibatkan kue kering jadi tidak matang merata. Suhu oven, ukuran dan ketebalan kue, waktu memanggang, hingga jarak antar kue jika kamu memasaknya dalam jumlah banyak harus diperhatikan lagi.

Penyebab kue kering tidak matang merata perlu diperhatikan saat membuatnya. Dengan mengenali berbagai penyebab kue kering tidak matang merata secara detail, kamu bisa membuatnya sesuai dengan harapan dan menikmati kue yang nikmat. Perhaikan juga supaya kue kering tidak gosong.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (30/12/2020) tentang penyebab kue kering tidak matang merata.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penyebab Kue Kering Tidak Matang Merata

Tidak Memanaskan Oven Terlebih Dahulu

Penyebab kue kering tidak matan merata yang pertama adalah kamu tidak memanaskan oven terlebih dahulu. Pastikan panas yang keluar pada oven merata sebelum digunakan. Ketika kue kering dimasukkan, suhu oven harus tepat sehingga dapat menghasilkan kue yang matang merata dan mengembang. Bagi pemula hal ini sangat penting untuk diperhatikan.

Sebelum memasukkan kue ke oven, panaskan dulu oven hingga mencapai suhu yang diinginkan selama kurang lebih 10 menit, setelah itu memasukkan loyang dan proses baking kue dimulai. Bisa juga waktu memanggangnya yang kurang.

Suhu Oven Tidak Merata

Jika menggunakan oven tradisional, bisa jadi penyebab kue kering tidak matang merata adalah karena suhu panas yang dihantarkan tidak merata, sehingga ada kue yang matang dan ada juga yang tidak.

Oleh karena itu, putar loyang secara berkala agar panas oven merata dan membuat kue matang seluruhnya.

 

Baca juga:

 

3 dari 4 halaman

Penyebab Kue Kering Tidak Matang Merata

Suhu Oven Terlalu Rendah

Suhu oven yang rendah juga bisa menjadi penyebab kue tidak matang merata atau matangnya lama. Pada akhirnya, kue jadi rasa terigu dan matangnya tidak sempurna. Kalau pun ingin memanggang lagi, tak akan bisa mengubah hasilnya. Kamu jadi harus mengulang dari awal.

Jika kamu belum terlalu paham tingkat kematangan kue, gunakan kaca oven untuk melihat kuemu sudah matang atau malah sudah gosong. Kemudian, biarkan suhu oven tetap seimbang dengan tidak membukanya terlalu sering.

Ukuran dan Ketebalan Tidak Sama

Penyebab kue kering tidak matang merata selanjutnya adalah mungkin ketebalan antara satu kue dengan kue lainnya tidak sama. Begitu juga memastikan bahwa ukuran luas kue harus seimbang satu sama lain. Pastikan menyetak kue dengan ketebalan dan ukuran yang sama sehingga bisa matang merata saat dipanggang.

 

Baca juga:

  • Susu Kental Manis Frisian Flag Gold Lezatkan Sarapan Harian
  • Fakta Susu Kental Manis yang Sering Jadi Menu Sarapan Sehat
  • 5 Kreasi Susu Kental Manis Frisian Flag untuk Sarapan Pagi

 

4 dari 4 halaman

Penyebab Kue Kering Tidak Matang Merata

Jarak Antar Kue yang Salah

Jika membuat dalam jumlah yang banyak, jangan paksakan meletakkan kue terlalu di pinggir loyang. Beri jarak antar kue kurang lebih 2 cm, dan pisahkan pada banyak loyang. Hal ini juga sangat berpegaruh terhadap tingkat kematangan kue nantinya.

Memperhatikan hal ini tentunya sangat penting agar kamu tidak mendapatkan kue yang matang tidak merata dan malah rasa terigu.

Warna Loyang Memengaruhi Penyerapan Panas

Warna loyang juga dapat memengaruhi penyerapan panas saat kamu membuat kue kering. Warna loyang yang gelap lebih menyerap panas daripada yang terang. Hal ini terjadi akibat perbedaan materi pada kedua jenis loyang tersebut. Jika memakai loyang berwarna gelap atau hitam, turunkan suhu sekitar 25 derajat atau lapisi dengan kertas roti.

Itulah beberapa penyebab kue kering tidak matang merata dan malah rasa terigu. Perhatikan lagi resep dan langkah-langkah membuat kue kering yang kamu gunakan secara detail, sehingga kue bisa matang dengan sempurna.

 

Baca juga:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.