8 Manfaat Mengkudu bagi Kecantikan, Baik untuk Kulit dan Rambut

Oleh Husnul Abdi pada 29 Des 2020, 09:05 WIB
Diperbarui 29 Des 2020, 09:05 WIB
Ilustrasi buah mengkudu
Perbesar
Ilustrasi buah mengkudu. (Gambar oleh Brian Dorff dari Pixabay)

Liputan6.com, Jakarta Manfaat mengkudu bagi kecantikan bisa kamu gunakan untuk perawatan. Mengkudu atau Morinda citrifolia termasuk dalam kelompok tanaman kopi-kopian. Buah ini memiliki banyak sebutan, mulai dari buah pace, kura, dan noni, serta banyak tumbuh di Asia Tenggara dan Australia.

Sudah bukan rahasia bahwa mengkudu adalah buah yang dapat mengeluarkan aroma yang tidak sedap, bahkan membuat ingin muntah. Namun, di balik rasa dan penampilan yang kurang menarik, mengkudu ternyata menyimpan beragam manfaat kesehatan dan kecantikan.  

Manfaat mengkudu bagi kecantikan dipengaruhi oleh kandungan nutrisinya. Mengkudu mengandung berbagai vitamin, mineral dan antioksidan. Kamu dapat mengonsumsi buah ini dalam bentuk jus atau diaplikasikan langsung sebagai masker wajah. 

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (29/12/2020) tentang manfaat mengkudu bagi kecantikan.

2 dari 5 halaman

Mencegah Keriput dan Mengatasi Rambut Rontok

Ilustrasi Keriput
Perbesar
Ilustrasi Keriput. (Sumber Foto: Eco-Centre)

Mencegah Keriput

Manfaat mengkudu bagi kecantikan yang pertama berkaitan dengan penuaan dini. Sebuah studi ilmiah menyebutkan bahwa konsumsi ekstrak mengkudu dapat mencegah terjadinya penuaan dini pada kulit.

Kandungan buah mengkudu yang dapat mencegah keriput adalah antrakuinon. Senyawa ini dapat memicu pembentukan kolagen, yang diperlukan untuk menjaga elastisitas kulit. 

Vitamin C dan phytochemical yang terkandung dalam buah mengkudu akan bekerja sebagai antioksidan, penangkal radikal bebas yang menjadikan kulit kehilangan keremajaan. Selain itu buah mengkudu juga mengandung selenium yang berfungsi untuk mempertahankan elastisitas kulit dari dalam.

Mengatasi Rambut Rontok

Ada berbagai faktor yang memicu rambut rontok, antara lain paparan polusi, faktor genetis, usia, gizi yang tidak seimbang, infeksi jamur dan bakteri di kulit kepala, atau efek samping dari bahan kimia dalam produk perawatan rambut.

Manfaat mengkudu bagi kecantikan mampu mengatasi masalah satu ini. Vitamin dan mineral di dalamnya akan membantu menjaga kelancaran sirkulasi darah dan nutrisi ke kulit kepala. Dengan begitu pertumbuhan rambut tidak akan terganggu dan kesehatan kulit kepala yang diperlukan untuk menahan akar rambut akan terjaga. Minum jus mengkudu secara teratur akan membuat kamu mendapatkan manfaat penuh dari mengkudu. Untuk perawatan rambut rontok dari luar, kamu juga bisa memakai daging buah mengkudu yang sudah dihaluskan untuk creambath.

3 dari 5 halaman

Mengatasi Jerawat dan Ketombe

ketombe
Perbesar
ilustrasi kulit kepala berketombe | pexels.com/@bennielbester

Mengatasi Jerawat

Mengandung bahan anti-inflamasi, anti-bakteri, sekaligus anti-virus yang cukup kuat, manfaat mengkudu bagi kecantikan juga dapat mengatasi jerawat. Selain itu mengkudu juga mengandung berbagai antioksidan, salah satunya vitamin C.

Antioksidan ini berfungsi melawan radikal bebas yang memicu kerusakan sel karena berbagai masalah kulit, salah satunya jerawat. Antioksidan dalam mengkudu akan melindungi kulit dari efek jerawat dan membantu memperbaiki kerusakan sel. Sementara sifat anti-bakteri, anti-inflamasi, dan anti-virus dalam mengkudu akan mencegah peradangan dan infeksi lebih jauh. Ini dibutuhkan agar jerawat cepat kering, tidak berubah merah, bengkak, dan bernanah.

Mengatasi Ketombe

Ketombe juga dapat diatasi dengan manfaat mengkudu bagi kecantikan. Hal ini disebabkan karena mengkudu mengandung vitamin C dan berbagai antioksidan. Ketombe yang disebabkan oleh bakteri dan infeksi jamur bisa kamu atasi dengan mengkudu.

Selain itu sifat asam dalam mengkudu juga akan menyeimbangkan pH kulit kepala. pH yang seimbang ini diperlukan untuk menjaga ketahanan kulit dari serangan infeksi kuman dan bakteri. Kamu tinggal mengoleskan daging buah mengkudu yang sudah dihaluskan atau jus buah mengkudu di kulit kepala setiap kali keramas. Lakukan pijatan lembut di kulit kepala secara merata. Diamkan selama beberapa menit kemudian bilas dengan air bersih.

4 dari 5 halaman

Membantu Menjaga Sel Kulit dan Mengatasi Peradangan

[Fimela] kulit wajah
Perbesar
ilustrasi kulit wajah yang sehat | pexels.com/@olly

Membantu Menjaga Sel Kulit

Manfaat buah mengkudu bagi kecantikan berikutnya adalah membantu menjaga sel kulit. Kandungan asam lemak esensial dan zat peroxironine dalam mengkudu dapat melindungi dan memperbaiki sel yang rusak, termasuk sel kulit. 

Tak hanya itu, vitamin C serta antioksidan yang terkandung di dalam mengkudu juga dapat membantu mencegah kerusakan kulit akibat radikal bebas yang berasal dari makanan dan polusi udara.

Mengatasi Peradangan di Kulit

Buah mengkudu memiliki sifat anti-inflamasi, karena itulah mengkudu bisa dimanfaatkan untuk mengatasi peradangan pada kulit, entah itu karena jerawat, sengatan sinar matahari yang berlebihan, psoriasis, atau alergi.

Antihistamin dalam mengkudu juga bisa membantu menghentikan peradangan ini. Oleskan daging buah mengkudu yang sudah dihaluskan atau air perasan buah mengkudu di kulit yang mengalami masalah. Diamkan selama kurang lebih 10 menit kemudian dibilas.

5 dari 5 halaman

Membantu Penyembuhan Berbagai Penyakit Kulit dan Mengatasi Kutu Rambut

Kutu Rambut
Perbesar
Kutu Rambut. Credit: pexels.com/pixabay

Membantu Penyembuhan Berbagai Penyakit Kulit

Mengkudu memiliki efek antibakteri dan antiradang. Inilah yang membuatnya dapat membantu proses penyembuhan penyakit kulit, seperti eksem, luka bakar derajat ringan, ruam kemerahan karena alergi, dan infeksi jamur.  

Perlu diingat bahwa dalam kondisi ini, mengkudu hanya berperan sebagai penyokong dari obat-obatan yang diberikan, bukan sebagai terapi utama.

Mengatasi Kutu Rambut

Jus buah mengkudu telah digunakan sejak zaman dahulu sebagai pengobatan kutu. Gigitan kutu yang sering memicu infeksi pada kulit kepala bisa diatasi dengan mengkudu. Selain itu sifat antibakteri dan antivirus pada mengkudu juga dapat memerangi infeksi dengan memaksa kutu untuk menjauh. Keramas dengan jus mengkudu secara teratur akan menyingkirkan kutu berikut larva kutu sekaligus menyembuhkan infeksi yang disebabkan gigitannya.

Lanjutkan Membaca ↓