Sukses

9 Kesalahan Menggunakan Hand Sanitizer, Bisa Kurangi Efektivitasnya

Cara menggunakan hand sanitizer tak boleh sembarangan.

Liputan6.com, Jakarta Hand sanitizer menjadi kebutuhan penting selama pandemi. Produk ini menjadi alternatif mencuci tangan saat tak dapat menjangkau air dan sabun. Menjaga tangan tetap bersih akan mencegah penyebaran virus.

Hand sanitizer memang mudah digunakan. Produk ini kini juga sudah tersedia dengan harga terjangkau. Namun, terkadang penggunaan hand sanitizer yang benar sering diabaikan. Beberapa kesalahan menggunakan hand sanitizer sering dilakukan.

Akibatnya, penggunaan hand sanitizer jadi tidak efektif. Ini malah membuat kuman dan virus tidak terbasmi dari tangan sempurna. Berikut kebiasaan menggunakan hand sanitizer yang salah, dirangkum Liputan6.com dari Live Strong, Sabtu(26/12/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Kesalahan menggunakan hand sanitzer

Menggunakan produk yang salah

Bahan dari hand sanitizer dapat bervariasi. Namun, pastikan untuk mencari hand sanitizer yang mengandung setidaknya 60 persen alkohol. Hindari pembersih tangan apa pun yang dibuat dengan metanol dan 1-propanol. Ini merupakan bentuk alkohol yang berpotensi beracun.

Selain itu, pada awal pandemi, heboh penggunaan hand sanitizer buatan sendiri. Membuat hand sanitizer tanpa teori yang jelas juga sangat tidak disarankan. Ini dapat membuat hand sanitizer buatan sendiri berbahaya atau tidak efektif.

Terlalu sedikit menggunakan hand sanitizer

Tidak menggunakan pembersih tangan yang cukup dapat menyebabkan masalah potensial berikutnya.

"Saya merekomendasikan orang dewasa menggunakan sejumlah pembersih tangan yang setidaknya berukuran seperempat dari telapak tangan untuk digosok di tangan mereka," kata Savita Ginde, MD, MPH, kepala petugas perawatan kesehatan di Stride Community Health Center, yang mengoperasikan beberapa klinik kesehatan di Denver.

Ingatlah jumlah ukuran seperempatnya, tetapi lihat juga petunjuk pada botol, karena beberapa akan merekomendasikan menggunakan jumlah yang lebih kecil atau lebih besar. (Juga, jika Anda memiliki tangan yang sangat besar, mungkin Anda harus memilih jumlah yang lebih besar.)

3 dari 6 halaman

Kesalahan menggunakan hand sanitzer

Tidak mengaplikasikan ke seluruh tangan

Saat menggosok dengan sabun dan air, Anda mencuci seluruh tangan - di antara jari-jari, serta telapak tangan dan punggung tangan. Targetkan tingkat ketelitian yang sama saat menggunakan hand sanitizer.

"(Gunakan) secukupnya untuk melapisi dan menutupi bagian depan dan belakang tangan, serta jari-jari dan area di antara jari-jari," kata Dr. Ginde. Jika hanya menggosok kedua telapak tangan, Anda tidak menyelesaikan pembersihan dengan efektif.

Terburu-buru

Jika Anda menganggap penggunaan pembersih tangan sebagai pilihan yang lebih cepat daripada mencuci tangan dengan sabun dan air, itu tidak sepenuhnya benar. Sama seperti mencuci tangan dengan sabun dan air, menurut Mayo Clinic, Anda perlu menggosokkan hand sanitizer selama sekitar 20 detik.

4 dari 6 halaman

Kesalahan menggunakan hand sanitzer

Mengusapkan tangan setelah menggunakan hand sanitizer

Perasaan basah pembersih tangan yang meresap ke dalam kulit bisa jadi tidak menyenangkan. Namun, tahan godaan untuk mengeringkan tangan menggunakan handuk atau kaki celana. Melakukan hal itu "dapat mengurangi keefektifan pembersih tangan," Dr. Ginde menjelaskan.

Selain itu, jika ada kuman di celana, Anda baru saja mencemari tangan kembali, catatnya.

"Dalam skenario yang ideal, Anda perlu menggosok tangan sampai pembersih tangan mengering alih-alih menyekanya," kata Dr. Mercado.

Menyimpan hand sanitizer di suhu panas atau dingin

Pembersih tangan idealnya disimpan antara suhu 15 sampai 30 derajat Celcius. Hindari suhu benyj atau panas ekstrem saat menyimpan hand sanitizer. Menjaga pembersih tangan pada suhu kamar adalah pilihan terbaik Anda, kata Dr. Ginde.

5 dari 6 halaman

Kesalahan menggunakan hand sanitzer

Menggunakan hand sanitizer saat tangan sangat kotor

Pembersih tangan bisa melakukan banyak hal, tetapi ketika tangan kotor, itu tidak berfungsi dengan baik. Jadi jika tangan dalam keadaan sangat kotor, sebaiknya segera cari sabun dan air untuk mencucinya.

"Setiap kali tangan Anda sangat kotor atau berminyak, pembersih tangan mungkin tidak bekerja sebaik Anda mencuci tangan dengan sabun dan air," kata Dr. Mercado.

"Jika itu tidak segera tersedia, gunakan pembersih tangan dan buat catatan mental bahwa tangan Anda masih belum bersih sehingga Anda harus memastikan tidak menyentuh wajah, mata, hidung, mulut," kata Dr. Ginde.

"Juga, catat bahwa apa pun yang Anda sentuh dengan tangan itu - seperti telepon, setir, pegangan pintu - semuanya akan membutuhkan pembersihan pada sesegera mungkin."

Terlalu sering menggunakan hand sanitizer

Hand sanitizer adalah pilihan yang bagus. api itu bukan satu-satunya cara untuk menjaga kebersihan tangan - juga bukan merupakan pilihan terbaik. Misalnya, sabun dan air lebih efektif daripada pembersih tangan melawan kuman norovirus.

"Jika Anda bisa mencuci tangan dengan sabun dan air, saya akan merekomendasikannya sebagai pilihan pertama," kata Dr. Ginde. Sabun dan air memastikan semua kuman dan virus dikeluarkan dari tangan, katanya.

6 dari 6 halaman

Kesalahan menggunakan hand sanitzer

Anda harus menggunakan hand sanitizer pada saat-saat penting untuk memastikan kebersihan tangan yang benar. Membersihkan tangan penting dilakukan saat:

- Sebelum membuat atau menyantap makanan

- Setelah menggunakan kamar kecil atau mengganti popok

- Setelah menyentuh atau melepas masker (Anda hanya boleh menyentuh wajah dengan tangan bersih)

- Saat meniup hidung atau menutupi mulut saat bersin atau batuk (Anda harus menggunakan pembersih bahkan jika Anda batuk atau bersin ke tisu)

- Setelah berada di tempat umum.

- Setelah berhubungan dengan hewan peliharaan

- Setelah bersentuhan dengan orang yang sedang sakit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.