12 Obyek Wisata Kebumen yang Wajib Dikunjungi, Alamnya Memesona

Oleh Husnul Abdi pada 23 Des 2020, 11:45 WIB
Diperbarui 23 Des 2020, 11:45 WIB
Obyek Wisata Kebumen
Perbesar
Pantai Menganti Kebumen

Liputan6.com, Jakarta Obyek wisata Kebumen memiliki keindahan alam yang mungkin belum diketahui banyak orang. Salah satu kabupaten di Jawa Tengah ini memang tidak sepopuler Semarang, Wonosobo, ataupun Solo. Namun, pesona alamnya tidak kalah dengan daerah lainnya.

Mulai dari wisata alam gua, air terjun hingga pantai bisa kamu temukan di Kebumen. Kebumen yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia pada sisi sebelah selatan membuatnya memiliki banyak sekali wisata pantai. Kamu tinggal memilih pantai seperti apa yang ingin kamu sambangi.

Obyek wisata Kebumen didominasi oleh destinasi alam yang menawan. Berbeda dengan destinasi wisata lain seperti Jogja ataupun Bali, Kebumen belum terlalu banyak pengunjung sehingga kamu bisa menikmati liburan dengan lebih tenang. Apalagi keindahan alam yang ditawarkan juga tidak kalah memesona.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (23/12/2020) obyek wisata Kebumen.

2 dari 4 halaman

Obyek Wisata Alam Kebumen

Jawa Tengah
Perbesar
Gua Jatijajar, Kebumen, Jawa Tengah. (modernprimate/Instagram)

Brujul Adventure Park

Obyek wisata Kebumen yang satu ini masih dipenuhi dengan pepohonan dan bebatuan, cocok sekali untuk kamu yang memiliki jiwa petualangan. Selain itu, objek wisata ini juga Instagramable. Untuk memasuki lokasi wisata yang terletak di Desa Peniron, Pejagoan, Kebumen ini, kamu tak perlu merogoh kantong dalam-dalam. Hanya dengan membayar tiket sejumlah Rp3000 per orang, kamu sudah bisa menikmati indahnya hutan pinus dan pemandangan alam yang masih asri.

Bukit Pentulu Indah

Bukit Pentulu Indah merupakan obyek wisata Kebumen yang sangat cocok dijadikan lokasi berkemah. Lokasi ini menjadi banyak incaran wisatawan karena menyuguhkan pemandangan yang indah. Cukup dengan biaya masuk sebesar Rp 5000 dan biaya parkir sebesar Rp 2000, kamu sudah bisa menikmati keindahan alam yang luar biasa. Selain tempat berkemah, tempat wisata ini juga menyediakan fasilitas lain, seperti fasilitas outbond dan flying fox.

Gua Jatijajar

Obyek wisata Kebumen Gua Jatijajar terletak di Desa Jatijajar, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Goa ini terbentuk dari batu kapur dan ditemukan oleh seorang petani bernama Jayamenawi yang memiliki tanah di atas goa tersebut. Kala itu, Jayamenawi sedang mengambil rumput, kemudian jatuh ke sebuah lubang. Ternyata, lubang itu adalah ventilasi yang ada di langit-langit goa. Lubang ini mempunyai garis tengah empat meter dan tinggi dari tanah yang berada di bawahnya 24 meter.

Bukit Jerit Kebumen

Obyek wisata Kebumen ini masih berada di kawasan Ayah, bukit Jerit terletak di komplek wisata Pantai Pasir. Di bukit jerit ini, kamu bisa melihat samudera lepas dari atas perbukitan. Udaranya yang segar dan rerumputan yang rimbun menambah daya tarik dari objek wisata yang satu ini.

3 dari 4 halaman

Obyek Wisata Pantai Kebumen

Pemandangan sunrise dari atas Bukit Saga, Pantai Surumanis, Kebumen. (Foto: Liputan6.com/Galoeh Widura)
Perbesar
Pemandangan sunrise dari atas Bukit Saga, Pantai Surumanis, Kebumen. (Foto: Liputan6.com/Galoeh Widura)

Pantai Menganti

Boyek wisata Kebumen pantai Menganti berada di Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah. Pantai ini memiliki pasir putih dan bersih dan berada di area perbukitan tebing karst. Pantai Menganti termasuk dalam Pantai Selatan yang membentang di Pulau Jawa dengan deburan ombak yang bisa dimanfaatkan untuk surfing.

Daya tarik Pantai Menganti adalah hamparan pasirnya yang putih dan birunya laut dikelilingi bukit-bukit hijau dan tebing yang tinggi menjulang. Terdapat tebing pantai raksasa di bagian barat Pantai Menganti yang disebut Tebing Bidadari. Pada musim hujan, kamu dapat melihat keindahan tebing-tebing tersebut berhiaskan empat curug yang turun dari ketinggian lebih dari 30 meter.

Pantai Laguna Puring

Pantai Kebumen tak hanya menawarkan air laut semata, di pantai Laguna Puring ini kamu bisa menikmati air tawar yang berasal dari aliran sungai di sekitarnya. Pantai yang juga memiliki hamparan rumput hijau di sekitarnya ini memang sangat unik dan indah, sehingga sangat wajib mengunjunginya saat berada di Kebumen.

Aliran sungai di sekitar pantai akan terlihat jelas saat kondisi pantai sedang surut. Sungai ini akan membentuk laguna yang indah dengan hamparan rumput hijau kekuningan di bagian tengahnya.

Pantai Surumanis

Obyek wisata Kebumen pantai ini terletak di Desa Pasir Kecamatan Ayah dan berbatasan dengan Desa Srati Kecamatan Ayah. Untuk yang suka menantang adrenalin, berkunjung ke Pantai Surumanis bisa dicoba. Karena medan menuju ke sana cukup ekstrem dan penuh tantangan.

Jalan setapaknya kecil dan tanah berlumpurnya licin. Itulah sebabnya pantai ini jarang dikunjungi orang. Wisata Kebumen ini kamu bisa menikmati pantai layalnya pantai pribadi.

Pantai Wedi Putih

Pasirnya yang putih dengan karang-karang yang besar, menjadi daya tarik tersendiri pantai ini. Pantai Wedi Putih berada di sekitar lokasi Pantai Karang Agung, dan bisa mencapainya dengan menuruni jalan setapak di perbukitan yang indah.

Wisata Kebumen ini menyuguhkan keindahan karang-karang yang menjulang tinggi, atau bisa juga untuk sekedar berendam di antara bebatuan besar ini. Suasana di pantai ini sangat tenang, sehingga cocok bagi yang ingin menghabiskan waktu dengan bersantai.

4 dari 4 halaman

Obyek Wisata Kebumen Lainnya

Goa Barat, Meliuk dan Gemuruh Perut Karst di Gombong Selatan
Perbesar
Goa Barat, Meliuk dan Gemuruh Perut Karst di Gombong Selatan

Benteng Van Der Wijck

Benteng ini adalah benteng pertahanan Hindia-Belanda yang dibangun sekitar abad ke 19. Terletak di Kota Gombong, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, kira-kira 300 m dari jalan raya Kebumen – Yogyakarta, benteng ini adalah salah satu obyek wisata menarik di Jalur Pantai Selatan.

Nama Van Der Wijck sendiri berasal dari nama komandan pada saat itu yang karirnya cukup cemerlang dalam membungkam perlawanan rakyat Aceh. Pada awal didirikan, benteng ini diberi nama Fort Cochius (Benteng Cochius) dari nama salah seorang Jenderal Belanda Frans David Cochius (1787-1876) yang pernah ditugaskan di daerah Bagelen (salah atu wilayah karesidenan Kedu).

Tak sekedar benteng tua, kini pihak pengelola juga melengkapi obyek wisata ini dengan taman bermain anak seperti kincir putar, perahu angsa, mobil-mobilan dll. Jadi, obyek wisata Kebumen ini juga cocok dijadikan destinasi wisata keluarga.

Roemah Martha Tilaar

Roemah Martha Tilaar terletak di jalur selatan Pulau Jawa yang ramai dengan kendaraan bus maupun truk, ada sebuah “lorong” waktu bisa membawa kamu menjelajah sejarah sang pendiri Martha Tilaar. Tempat wisata yang menyimpan segala kenangan tentang Martha Tilaar ini bisa ditemui di Jalan Sempor Lama Nomor 28. Obyek wisata Kebumen ini adalah rumah masa kecil Martha.

Roemah Martha Tilaar merupakan bangunan lama bergaya arsitektur neoklasik Eropa yang telah dipugar. Bangunan dengan tegel-tegel bermotif serta berkaca patri ini kini bertransformasi menjadi bangunan baru yang siap dikunjungi oleh wisatawan.

Waduk Sempor

Waduk Sempor merupakan obyek wisata Kebumen yang menawarkan kesejukan, serta pemandangan matahari terbit yang indah. Lokasinya terletak di perbukitan dengan ribuan pohon pinus. Waduk ini merupakan bendungan yang menghubungkan Sungai Jatinegara atau Sungai Sempor, Sungai Cicingguling, dan Samudra Hindia. Kamu bisa berfoto di tempat yang instagramable ini sembari menikmati udara yang sejuk dan pamandangan alam yang indah.

Goa Barat

Nama Gua Barat ini berasal dari karakter alamiah sekitar goa, yaitu ketika angin kencang dari arah dalam seringkali menerpa mulut gua. Angin kencang tersebut dalam bahasa Jawa dijuluki angin barat sehingga masyarakat sekitar menamai goa ini dengan goa barat.

Tenang saja untuk masuk kedalam goa kamu akan dipandu oleh seseorang pengelola yang sudah terbiasa memandu para wisatawan yang ingin mengeksplor dan menelusuri goa barat ini. Setiap pemandu akan menunjukan tempat – tempat yang keren untuk kalian mengabadikan lewan foto, serta pemandu juga akan menjelaskan tentang sejarah yang pernah ada di wisata goa barat ini.

 

Lanjutkan Membaca ↓