14 Wisata Kuliner Bogor Kota Bogor, Jawa Barat yang Populer dan Murah Meriah

Oleh Laudia Tysara pada 23 Des 2020, 11:15 WIB
Diperbarui 23 Des 2020, 11:15 WIB
Soto Daging Sapi Madura
Perbesar
Ilustrasi Soto Daging Kuning | Credit: pexels.com/pixabay

Liputan6.com, Jakarta Melakukan perjalanan wisata ke Kota Bogor, tidak akan lengkap tanpa kulineran. Wisata kuliner Bogor Kota Bogor, Jawa Barat ada banyak sekali dan sekarang semakin menarik untuk dikunjungi.

Terutama untuk mencicipi menu khas, menu unik, dan menu yang lagi hits di sana. Tenang saja, memanjakan perut dengan wisata kuliner Bogor Kota Bogor, Jawa Barat tidak akan membuat kantong wisatawan kempes.

Berbagai menu makanan yang diulas dalam wisata kuliner Bogor Kota Bogor, Jawa Barat kali ini harganya murah meriah. Selain murah dan mampu menggoyang lidah pengunjung, tempatnya juga asik dan cocok banget buat nongkrong anak muda.

Berikut Liputan6.com ulas wisata kuliner Bogor Kota Bogor, Jawa Barat yang murah meriah dari berbagai sumber, Rabu (23/12/2020).

Toge Goreng, Ayam Goreng Cipo, dan Soto Kuning

Ilustrasi resep masakan, ayam goreng
Perbesar
Ilustrasi ayam goreng | (Photo by Harry Dona on Pexels)

Toge Goreng

Makanan khas Bogor yang sangat cocok untuk disantap hangat-hangat selagi menikmati cuaca dingin adalah toge goreng. Meskipun disebut sebagai `toge goreng` sebenarnya masakan ini tidak digoreng, melainkan di rebus.

Wisata kuliner Bogor Kota Bogor, Jawa Barat yang berbahan toge ini adalah sebuah hidangan yang terdiri dari potongan lontong, mie telor kuning, irisan tahu goreng, dan toge rebus tentunya. Campuran ini kemudian di siram dengan bumbu hangat berbahan dasar tauco dan oncom. Akan ada sensasi rasa manis dan asin yang unik.

Di Bogor, ada beberapa penjual toge goreng yang legendaris dengan kekhasan masakannya. Salah satunya toge goreng Mang Gebro yang sudah dikelola secara turun temurun sejak tahun 1967.

Ayam Goreng Cipo

Ayam goreng cipo merupakan wisata kuliner Bogor Kota Bogor, Jawa Barat yang digoreng dengan taburan serundeng di atasnya. Biasanya disantap bareng nasi hangat agar terasa lebih nikmat.

Tekstur ayamnya empuk dengan rasa gurih dan sedikit manis karena dagingnnya yang fresh. Untuk sambal, rasa pedasnya pas dengan aroma bawang merah dan terasa gurih

Tempat ini pun menyajikan lalapan dari berbagai jenis sayuran di atas meja makan seperti sedang berada di pasar sayur. Para pengunjung bebas memakan lalapan sepuasnya. Harganya hanya di bawah Rp 20 ribu sudah bisa makan ayam dengan nasi dan sambalnya.

Soto Kuning

Soto kuning khas Bogor memiliki kuah lebih kuning dari soto biasanya. Sementara itu, lauk dalam hidangan ini biasanya pengunjung bisa memiliki sesuai selera. Beberapa pilihannya adalah daging, hati, usus, paru, babat, lidah, kikil, dan otak.

Wisata kuliner Bogor Kota Bogor, Jawa Barat yang cukup populer mengolahnya adalah Soto Kuning Pak Yusup di Jalan Surya Kencana No 103.

Saat memesan soto, pengunjung bisa memilih lauk disajikan dengan cara digoreng atau dibumbui kuning. Satu porsi soto kuning di tempat ini seharga Rp10.000, tergantung dari lauk yang dipilih. Jika ingin mencoba kuliner ini, pengunjung bisa datang pukul 08:00-18:00 setiap harinya.

Doclang dan Es Pala

Doclang

Doclang merupakan makanan yang mirip dengan ketoprak dan kupat tahu. Wisata kuliner Bogor Kota Bogor, Jawa Barat satu ini berisi potongan ketupat, tahu, kentang, dan tambahan telur yang diberi siraman sambal kacang.

Ketupat yang digunakan dalam sajian doclang dibungkus dan dimasak dengan menggunakan daun patat. Untuk bisa menemukannya mungkin akan lebih sulit karena doclang termasuk makanan yang sudah langka.

Es Pala

Es Pala merupakan minuman khas Bogor yang sangat populer. Es Pala terbuat dari bahan sederhana seperti irisan buah pala, gula pasir, dan garam.

Selain memiliki rasa yang lezat dan menyegarkan, es ini memiliki aroma harum yang khas dari buah pala. Keunikan inilah yang membuat es pala wajib masuk daftar wisata kuliner Bogor Kota Bogor, Jawa Barat.

Ayam Penyet Pandawa dan Laksa Bogor

Ilustrasi cabai hijau
Perbesar
Ilustrasi cabai hijau | (Gambar oleh Brett Hondow dari Pixabay)

Ayam Penyet Pandawa

Ayam Penyet Pandawa yang bikin nagih adalah sambal ijonya. Mirip dengan ayam penyet biasanya, rasanya gurih karena bumbu ungkepnya meresap ke dalam daging dan dagingnya juga empuk.

Cabe rawit yang digunakan untuk membuat sambel ijo, jumlahnya sangat banyak. Meski begitu, ternyata rasa pedasnya tidak berlebihan. Hal inilah yang membuatnya wajib dikunjungi ketika sedang melakukan wisata kuliner Bogor Kota Bogor, Jawa Barat.

Biasanya para pembeli memakan ayam dengan kol goreng. Untuk harga juga sangat ramah di kantong. Satu porsi ayam dan nasi harganya Rp19 ribu. Murah, bukan? Menu ini wajib dicoba! Alamat Ayam Penyet Pandawa: Jl. Achmad Adnawijaya, Tegal Gundil, Bogor Utara (Sebrang Alfamart).

Laksa Bogor

Laksa merupakan kuliner perpaduan antara Melayu dan Tionghoa. Laksa biasanya berisi ketupat, bihun, tauge, dan kuah kental kaya rempah. Laksa Bogor menambahkan oncom merah pada campurannya. Laksa Bogor juga bisa disajikan dengan potongan telur rebus.

Wisata kuliner Bogor Kota Bogor, Jawa Barat  ini bisa ditemukan dengan mudah di kotanya. Warung laksa legendaris di Bogor bisa ditemukan di Warung Laksa Pak Inin di Jl. Raya Cihideung, Desa Palasari, Cijeruk Bogor.

Sop Buntut dan Bakso Kikil

Menjelang Malam dengan Semangkuk Sop Buntut dan Salad Thailand
Perbesar
Sop buntut di Costess Cafe and Bar, Kuningan, Jakarta. (Liputan6.com/Dinny Mutiah)

Sop Buntut

Suasana kota Bogor yang sejuk patut dinikmati dengan sekuah sop lezat yang menghangatkan tubuh. Sop buntut merupakan salah satu wisata kuliner Bogor Kota Bogor, Jawa Barat yang cukup terkenal dan menggugah selera.

Salah satu penjual sop buntut yang legendaris di kota Bogor yaitu sop buntut Mak Emun. Sop buntut tersebut sudah berdiri sejak 1960-an. Jika ingin mampir, cukup datang ke jalan Jenderal Sudirman No. 48, Bogor Tengah, Bogor.

Bakso Kikil

Ada wisata kuliner Bogor Kota Bogor, Jawa Barat yang mengolah bakso kikil sejak lama, legendaris. Sudah berdiri sejak 1993, Bakso Kikil Pak Jaka dikenal sebagai salah satu kuliner Bogor yang legendaris.

Tempat makan yang berada di Jalan Surya kencana No 287 ini buka pukul 09:00 dan tutup saat bakso sudah habis.

Bakso Kikil Pak Jaka begitu spesial di kalangan warga dan wisatawan karena menggunakan kikil empuk yang mudah dikunyah. Kikil yang diambil berasal dari bagian betis sapi karena bebas lemak.

Nasi Bebek Madura dan Bapatong

Ilustrasi bebek | Kheng Tang dari Pexels
Perbesar
Ilustrasi bebek | Kheng Tang dari Pexels

Nasi Bebek Madura

Persis seperti nasi bebek yang dijual pada umumnya. Namun nasi bebek bumbu Maduranya strong banget, tasty, dan kental. Dalam penyajiannya juga diberi taburan serundeng kelapa, dan ada sambel cabe merah terpisah yang rasanya juga gurih.

Jadi bukan hanya bumbu maduranya saja yang pedas tetapi para pembeli juga bisa menambahkan sambal jika di rasa kurang pedas. Untuk daging bebeknya juga empuk dan meresap bumbunya, tetapi ukurannya kecil. 

Alamat Nasi Bebek Madura Cak Rahman: Jl. Pajajaran Indah, Tanjakan Villa Duta, Bogor.

Bapatong

Bapatong adalah singkatan dari bakso kupat gentong. Dikenal sebagai salah satu wisata kuliner Bogor Kota Bogor, Jawa Barat yang paling dicari pecinta kuliner.

Memang mirip dengan bakso, untuk membedakan Bapatong dengan bakso pada umumnya adalah pada potongan dadu ketupat dan potongan dadu iga sapi di dalamnya.

Sajian ini makin menggoda ketika ditambah dengan kaldu sapi, bakso, bihun, mie kuning, dan pangsit. Harga dari Bapatong tidaklah mahal, hanya Rp15.000 saja. Bapatong dapat ditemukan di Jalan Taman Kencana, Bogor.

Cungkring, Soto Mi Mang Ohim, dan Asinan Gedung Dalam

Cungkring Pak Jumat.
Perbesar
Cungkring Pak Jumat. (Liputan6.com/Tri Ayu Lutfiani)

Cungkring

Nama cungkring didasarkan bahan pembuat makanan ini. Cung-nya dari Cungur yang artinya bibir sapi, dan kring berasal dari garingan kaki. Cungkring memiliki tekstur yang kenyal dan rasa yang gurih.

Dalam seporsi Cungkring terdapat isian pelengkap seperti, potongan rempeyek, tempe goreng dan irisan lontong yang semakin menggugah selera. Sebagai pelengkap lainnya, Cungkring juga kerap ditambahkan bumbu kacang dan sedikit kecap manis yang makin memperkaya rasa.

Wisata kuliner Bogor Kota Bogor, Jawa Barat ini dikenal memiliki rasa khas dari kikil yang kenyal gurih berbumbu kuning. Seakan membuat siapapun yang mencicipnya merasa ketagihan dan ingin memakannya lagi.

Salah satu penjual cungkring yang cukup terkenal di Bogor yaitu Kedai Cungkring Pak Jumat. Berdiri sejak 1975, kedai tersebut beralamat di Jalan Suryakencana No. 285, Bogor.

Soto Mi Mang Ohim

Kuliner Bogor yang satu ini sangat mudah ditemukan karena banyak di jual di Kota Bogor, Jawa Barat. Salah satu soto mi yang terkenal di Bogor adalah Soto Mie Mang Ohim di Jalan Taman Cimanggu No 22, Kedung Waringin. Wisata kuliner Bogor Kota Bogor, Jawa Barat ini buka pukul 08:00-20:00 setiap harinya.

Di sini, satu porsi soto berisi mi, bihun, wortel, kentang, lobak, kikil, dan potongan risol. Nah, potongan risol ini lah yang membuat Soto Mie Mang Ohim begitu gurih dan berbeda dari soto lainnya. Berbagai lauk pauk disiram kuah bening, lalu disajikan dengan bawang goreng dan potongan daun bawang.

Asinan Gedung Dalam

Gedung Dalam dikenal sebagai kawasan bersejarah, khususnya di kalangan etnis Tionghoa. Pada awal berdirinya di tahun 1875, Gedung Dalam digunakan untuk menampung orang-orang Tionghoa yang memiliki marga Tan.

Lalu, memasuki era 1970, gedung yang berada di Jalan Siliwangi No 27, Bogor Timur ini mulai dikenal sebagai pusat wisata kuliner Bogor Kota Bogor, Jawa Barat yang menawarkan jajan asinan.

Ada dua jenis asinan yang bisa pengunjung coba di tempat makan yang buka pukul 09:00-21:00 ini, yaitu asinan sayur dan buah. Bedanya, asinan sayur berisi mentimun, kol, wortel, dan taoge, sedangkan asinan buah terdiri dari nanas, bengkuang, pepaya, dan ubi. Kedua asinan ini memiliki rasa yang asam dan sedikit pedas.

 

Lanjutkan Membaca ↓