Sukses

15 Tempat Wisata di Puncak Bogor dan Sekitarnya, Terbaru dan Lagi Hits

Tempat wisata di puncak Bogor dan sekitarnya yang kaya flora, fauna, aneka wahana air, dan penginapan nyaman.

Liputan6.com, Jakarta Bertamasya bersama keluarga, pasangan, dan teman-teman saat libur panjang, paling enak di tempat yang sejuk nan menenangkan. Tempat wisata di puncak Bogor merupakan salah satu yang cocok dijadikan referensinya.

Tempat wisata di puncak Bogor akan membuat pengunjung bisa memanjakan mata dengan aneka panorama indah yang ada. Kaya flora, fauna, aneka wahana air, dan penginapan yang nyaman untuk melepas penat setelah berwisata seharian.

Selain tempat wisata di puncak, pengunjung bisa turun untuk bertamasya di sekitar wilayahnya juga. Di Bogor, Jawa Barat memang selalu menawarkan pengalaman libur yang tak terlupakan dan bikin ketagihan.

Berikut Liputan6.com ulas tempat wisata di puncak Bogor dari berbagai sumber, Selasa (22/12/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Tempat Wisata di Puncak Bogor

Gunung Pancar

Bagi yang ingin merasakan piknik di tengah alam, tak ada salahnya mengunjungi hutan pinus di kawasan Taman Wisata Gunung Pancar. Tempat wisata di Sentul, Bogor ini merupakan bumi perkemahan di Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor.

Selain untuk berkemah, pemandangannya yang cantik juga sering diburu untuk selfie kekinian atau foto pre-wedding. Untuk retribusinya cukup merogoh kocek sebesar 5 ribu rupiah pada hari biasa dan 7.500 rupiah pada hari minggu dan sabtu.

Tirta Sanita Ciseeng

Tempat wisata di Bogor, daerah Parung ini menawarkan sensasi berendam air panas di infinity pool alami. Airnya yang mengandung belerang dan garam baik untuk kesehatan serta kecantikan kulit.

Di Tirta Sanita juga tersedia kolam rendam privat dan berbagai jenis terapi. Terapi lintah dan fish pedicure pun ada. Untuk anak-anak ada area outbond dan permainan seperti becak mini dan perahu.

Mekarsari

Taman Buah Mekarsari merupakan destinasi wisata keluarga yang terkenal di Bogor, Jawa Barat. Taman Buah Mekarsari merupakan salah satu pusat pelestarian keanekaragaman hayati buah-buahan tropika terbesar di dunia. Agrowisata seluasa 264 hektare ini dilengkapi dengan aneka sarana wisata yang siap memuaskan pengunjung.

Di sini pengunjung bisa berkeliling kebun buah-buah tropis yang dikembangkan dengan baik. Buah-buah ini juga bisa dinikmati langsung dari kebunnya. Tak cuma wisata perkebunan buah, di wisata Taman Buah Mekarsari juga dilengkapi wisata air, taman bermain anak, tempat tingga berbagai satwa dan edukasi alam.

3 dari 7 halaman

Tempat Wisata di Puncak Bogor

Taman Bunga Nusantara

Taman Bunga Nusantara merupakan taman indah tematik pertama di Indonesia. Ada lebih dari 2.000 spesies anggrek yang dibudidaya di taman ini. Di destinasi wisata Puncak Bogor ini ada taman-taman dengan tema tertentu.

Taman Mediterania yang memiliki koleksi kaktus dan tanaman yang bisa tumbuh di hamparan pasir putih.

Selain itu, ada juga Taman Bali yang bernuansa seperti di Bali, Taman Mawar dengan bunga mawar berbagai warna, Taman Air dengan berbagai jenis bunga teratau, Taman Jepang, Taman Prancis, serta Taman Labirin yang bisa kamu jelajahi.

Curug Cibeureum

Jika ingin menikmati kesegaran alam yang asri khas Puncak Bogor, kamu bisa mengunjungi Curug Cibeureum. Curug berasal dari bahasa Sunda yang memiliki arti sungai. Sedangkan Curug Cibeureum jika diartikan memiliki makna air terjun sungai merah.

Di sini pengunjung bisa menikmati kesejukan air terjun dengan pemandangan alam yang sejuk dan memesona. Curug Cibeureum ini terletak di kawasan Taman Nasional Gede Pangrango. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 50 meter, cukup besar dan tinggi sehingga sangat menarik untuk dinikmati.

Untuk bisa menikmati air terjun ini, kamu perlu berjalan kaki terlebih dahulu sepanjang 3 kilometer. Tak perlu merasa lelah, karena di sepanjang perjalanan kamu akan banyak menemukan tempat peristirahatan.

4 dari 7 halaman

Tempat Wisata di Puncak Bogor

Little Venice Puncak

Little Venice merupakan danau buatan yang dirancang dengan menggunakan arsitektur yang sangat mirip dengan kota Venesia di Italia. Di sini pengunjung bisa mencoba berbagai permainan, mulai dari sepeda untuk anak-anak hingga gondola yang bisa mendayung sendiri.

Selain bisa mendayungnya sendiri, pengunjung juga bisa menggunakan petugas untuk mendayung gondola. Sementara pengunjung hanya duduk santai menikmati pemandangan Puncak Bogor yang indah dari atas gondola.

Leuwi Lieuk

Tempat wisata di Bogor yang tergolong masih baru ini tak kalah dari Green Canyon Pangandaran dan Angel's Billabong-nya Bali. Berlokasi di Kampung Wangun Cileungsi, Karang Tengah.

Untuk mencapai Leuwi Lieuk Anda harus berenang dari Leuwi Cepet, kemudian trekking sekitar 5 menit. Sedikit ribet memang, tetapi pemandangan sungai hijau pirus yang menanti sepadan dengan usahanya, kok.

Telaga Warna

Telaga Warna menawarkan keindahan telaga yang sejuk dan asri. Telaga ini dapat berubah warna dengan sendirinya setiap saat. Warnanya kadang hijau menyatu dengan warna pepohonan yang mengelilinginya, bahkan menjadi cokelat, kuning gelap hingga kuning terang.

Secara ilmiah, perubahan warna itu disebabkan oleh ganggang di telaga. Tumbuhan jenis algae ini bisa berubah-ubah warnanya sehingga air danau pun turut terlihat berubah warna.

Selain itu, di kawasan ini juga terdapat berbagai jenis flora asli hutan tropika pegunungan, seperti paku tiang, rame, dan rotan. Pengunjung juga bisa menemui beraneka jenis satwa yang hidup di dalam kawasan cagar alam seluas 268,25 hektare.

5 dari 7 halaman

Tempat Wisata di Puncak Bogor

Taman Safari Indonesia

Taman Safari memiliki sekitar 2500 koleksi satwa dari hampir seluruh penjuru dunia termasuk satwa langka seperti harimau benggala, jerapah, singa, orang utan, gajah, anoa, komodo dan lain sebagainya.

Taman Safari merupakan wisata yang sangat populer dan menjadi kebanggaan Indonesia. Taman Safari berlokasi di Jl. Raya Puncak No. 601, Cibeureum, Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Taman Safari ini bahkan sudah berstandar Internasional, lho. Di sini pengunjung bisa berkeliling menggunakan mobil pribadi atau bus yang sudah disediakan pengelola Taman Safari. Pengunjung bisa berinteraksi langsung dengan semua jenis binatang dengan memberi makan hewan-hewan tersebut.

Gunung Mas

Destinasi wisata Puncak Bogor dengan pemandangan yang indah datang dari hamparan perkebunan teh. Selain kebun teh, ada juga penginapan di dalamnya.

Pengunjung juga bisa menemukan area perkemahan, gantole, dan berkuda di dalam kawasan agrowisata ini.

Agrowisata Gunung Mas ini berada di antara Masjid At-Ta’awun dan Taman Safari Indonesia. Di sini pengunjung akan diajak berkeliling kebun teh dan melihat proses pemetika daun teh.

6 dari 7 halaman

Tempat Wisata di Puncak Bogor

Jungleland Sentul

Jungleland Adventure Theme Park atau yang biasa dikenal Jungleland Sentul merupakan salah satu pilihan tempat wisata di Sentul yang menarik dikunjungi bersama keluarga atau teman.

Disini terdapat 4 zona yang bisa dinikmati dengan 36 wahana seru, dan pastinya memberikan pengalaman tak terlupakan.

Wahana Jungleland memiliki keunggulan yang tidak dimiliki oleh tempat wisata lainnya, yaitu memiliki wahana terbanyak di Indonesia, wahana baru pertama di Indonesia : Air Race, Hydrolift, Boat Blaster, Disc’O, serta udara yang segar ala pegunungan.

Highland Park Resort

Tempat wisata di Bogor ini suguhkan glamping, konsep berkemah ala hotel berbintang yang saat ini sedang marak di Indonesia.

Berlokasi di Curug Nangka, Kp. Sinarwangi, Taman Sari, Highland Park Resort menawarkan sensasi menginap dengan latar pemandangan Gunung Salak.

Mereka juga menyediakan tenda-tenda ala Mongolia dengan fasilitas lengkap dan berbagai wahana permainan. Antara lain kolam renang, perosotan, karaoke, foot reflexology, futsal, dan flying fox.

Kebun Raya Bogor

Berwisata ke Bogor tak lengkap jika tak mengunjung Kebun Raya Bogor. Memiliki luas 87 hektar dengan 15.000 jenis koleksi pohon dan tumbuhan, Kebun Raya Bogor menjadi destinasi favorit para wisatawan. Kebun Raya ini sudah ada sejak pemerintahan Sri Baduga Maharaja dari Kerajaan Sunda, lho.

Untuk masuk ke Kebun Raya Bogor, pengunjung hanya perlu membayar Rp 15.000. Salah satu daya tarik utama Kebun Raya Bogor adalah bunga bangkai yang merupakan bunga majemuk terbesar di dunia.

Selain melihat koleksi bunga lokal dan berbagai negara, di sini pengunjung juga bisa mengunjungi pusat-pusat keilmuan seperti Herbarium Bogoriense, Museum Zoologi, dan Perpustakaan.

7 dari 7 halaman

Tempat Wisata di Puncak Bogor

Paralayang Bukit Gantole

Destinasi wisata Puncak Bogor yang satu ini cocok buat kamu yang suka olahraga ekstrem. Di Bukit Gantole Puncak Bogor kamu bisa paragliding, mengudara sambil berswafoto.

Bukit Gantole menawarkan pengalaman yang berbeda untuk menikmati indahnya alam. Pengunjung bisa terbang menggunakan gantole dari ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut.

Nantinya pengunjung juga akan didampingi oleh seorang instruktur berpengalaman dengan menggunakan perlengkapan yang aman dan terjamin. Jadi tidak perlu takut dan was-was, ya.

Istana Bogor

Mengunjung Kebun Raya Bogor akan terasa kurang jika tak mampir melihat Istana Bogor. Istana kepresidenan ini menjadi salah satu ikon kebanggaan masyarakat kota Bogor. Kini Istana Bogor digunakan sebagai tempat kediaman Presiden Joko Widodo sekaligus digunakan untuk menyambut tamu dari negara lain.

Istana ini dikenal unik dengan kehadiran rusa-rusa yang dipelihara di halaman istana. Pada waktu dan kesempatan tertentu, masyarakat umum bisa masuk mengunjungi istana ini. Selain menyaksikan kemegahan bangunan istana, pengunjung juga bisa menikmati keasrian taman dan memberi makan rusa yang dipelihara di sana.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.