6 Cara Melihat Password WiFi di Berbagai Perangkat, Bantu saat Lupa

Oleh Anugerah Ayu Sendari pada 21 Des 2020, 10:00 WIB
Diperbarui 21 Des 2020, 10:00 WIB
Ilustrasi wifi
Perbesar
Ilustrasi wifi (Sumber: Pexels)

Liputan6.com, Jakarta Cara melihat password WiFi bisa membantumu ketika lupa atau ingin mengetahui password WiFi dari perangkat lain. WiFi menjadi andalan untuk mendapat koneksi internet. Dengan WiFi, banyak orang bisa tersambung dengan internet secara mudah.

Ada saat di mana ketika kamu selalu tersambung pada WiFi secara otomatis dan bisa lupa password WiFi. Ini bisa membuatmu kesulitan untuk menyambungkan WiFi ke perangkat baru. Akhirnya kamu akan mencari bagaimana cara melihat password WiFi.

Tak perlu kebingungan mencari cara melihat password WiFi. Ada sejumlah cara melihat password WiFi yang bisa dilakukan jika kamu lupa password. Cara melihat password WiFi bisa membantumu menyambungkan WiFi di perangkat baru.

Cara melihat password WiFi ini tergantung pada jenis perangkat yang digunakan. Berikut cara melihat password WiFi di berbagai perangkat, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (21/12/2020).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Cara melihat password WiFi dari Windows

Windows 10
Perbesar
Windows 10, (gettyimages)

Cara melihat password WiFi yang pertama adalah dari Windows. Jika kamu telah tersambung ke jaringan WiFi dari laptop Windows, Windows akan mengingat sandi jaringan WiFi tersebut. Kamu dapat menggunakan cara melihat password WiFi di komputer Windows mana pun yang saat ini terhubung ke jaringan WiFi tersebut.

Kamu cukup membuka Control Panel lalu pilih Network and Sharing Center. Atau kamu bisa menggunakan cara cepat dengan klik kanan ikon WiFi di pojok kanan bawah, dan pilih “Open Network and Sharing Center.”

Jika kamu menggunakan Windows 10 ke atas, klik opsi "Open Network & Internet Settings". Saat jendela Settings muncul, gulir ke bawah dan klik “Network and Sharing Center.”

Klik nama koneksi WiFi saat ini. Klik tombol "Wireless Properties" di jendela Status WiFi yang muncul. Klik tab “Security” dan aktifkan kotak centang “Show characters” untuk melihat password yang tersembunyi. Kamu sudah berhasil mengetahui password WiFi yang terlupakan.


Cara melihat password WiFi yang sudah pernah tersambung di Windows

Cara Mudah Kendalikan PC dari Android, iOS dan Windows Phone
Perbesar
Ilustrasi komputer (pixabay.com)

Cara melihat password WiFi kedua di Windows berguna jika kamu sudah pernah tersambung dengan WiFi sebelumnya. Windows juga menyimpan kata sandi WiFi jaringan yang telah kamu sambungkan sebelumnya.

Di Windows 7 dan versi sebelumnya, kamu dapat menemukannya dari Network and Sharing Center, tetapi di Windows 8 dan Windows 10, kamu harus menggunakan command prompt. Berikut cara melihat password WiFi di tiap versi Windows:

Windows 7

Masuk ke menu “Manage wireless networks” di menu kiri Network and Sharing Center. Kamu akan melihat daftar jaringan sebelumnya yang telah kamu sambungkan. Klik dua kali nama jaringan untuk membuka properti jaringan.

Di jendela properties window, buka tab Security dan centang kotak di samping "Show characters" untuk melihat kata sandi WiFi di bagian "Network security key".

Windows 8 dan 10

Di Windows 10 dan 8.1, kamu harus menggunakan command prompt untuk menemukan kata sandi jaringan sebelumnya. Klik kanan tombol Start dan pilih "Command Prompt" untuk membukanya dengan cepat.

Kemudian ketik perintah berikut:

netsh wlan show profiles

Kamu akan mendapatkan daftar jaringan WiFi yang telah kamu akses sebelumnya. Untuk menemukan kata sandi untuk salah satu profil, ketik:

netsh wlan show profile name = profilename key = clear

ganti profilename dengan nama WiFi. Cari baris "Key Content" untuk menemukan kata sandi WiFi untuk jaringan WiFi tersebut.


Cara melihat password WiFi di Mac

Ilustrasi Mac, MacOS.
Perbesar
Ilustrasi Mac, MacOS. Kredit: Markus Spiske via Pixabay

Cara melihat password WiFi di Mac berbeda dengan di Windows. ntuk menemukan kata sandi WiFi di Mac, tekan Command+Space untuk membuka dialog pencarian Spotlight, ketik "Keychain Access" tanpa tanda kutip, dan tekan Enter untuk meluncurkan aplikasi Keychain Access.

Temukan nama jaringan WiFi di daftar, klik, lalu klik tombol "info" (terlihat seperti “i”)–di bagian bawah jendela. Klik kotak centang "Show Password" di jendela yang muncul.

Kamu harus memasukkan nama pengguna dan kata sandi Mac untuk mendapatkan akses ke kata sandi. Cukup ketikkan nama pengguna dan kata sandi akun Mac yang kamu miliki. Setelah melakukannya, Mac akan menampilkan kata sandi jaringan WiFi.


Cara melihat password WiFi di Android

Ilustrasi Smartphone Android.
Perbesar
Ilustrasi Smartphone Android. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat

Cara melihat password WiFi ini bisa kamu lakukan menyambungkan kembali password WiFi di Android. Untuk melihat password WiFi, kamu cukup mengunduh aplikasi WiFi Password Recovery di Play Store.

Buka aplikasi WiFi Password Recovery. Izinkan aplikasi mengakses WiFi. Setelah itu aplikasi akan menampilkan riwayat WiFi yang pernah tersambung di Androidmu beserta dengan passwordnya.


Cara melihat password WiFi di iPhone

Dimainkan Anak, Ponsel Ibu Asa Tiongkok Terkunci Selama 48 Tahun
Perbesar
(Foto: stevepb/Pixabay) Ilustrasi Iphone.

Selain di Android, kamu juga bisa melihat password WiFi di iPhone. Cara melihat password WiFi di iPhone bisa memanfaatkan iCloud Keychain. Untuk bisa melihat password WiFi di iPhone kamu harus terkoneksi dengan Mac.

Pertama, buka menu Settings pada iPhone, pilih iCloud. Pada menu iCloud, nyalakan Keychain. Buka Keychain Access pada Mac. Dari cara ini kamu bisa melihat password pada Mac.


Cara melihat password WiFi dari router

Wi-Fi Router
Perbesar
Wi-Fi Router. Foto: Sean MacEntee

Cara melihat password WiFi yang terakhir adalah melalui router. Ini bisa jadi pilihan terakhir jika kamu tidak bisa melakukan cara-cara di atas. Jika routermu masih menggunakan nama pengguna dan password default, password akan lebih mudah ditemukan.

Router WiFi modern dilengkapi dengan nama dan sandi jaringan WiFi default. Setiap router memiliki kata sandi defaultnya sendiri, yang seringkali acak. Untuk menemukan kata sandi default, cek router. Kamu akan melihat stiker di suatu tempat yang berisi "SSID" (nama jaringan nirkabel) dan kata sandi.

Jika kamu belum mengubah kata sandi default, kamu dapat menggunakan kata sandi itu untuk menyambung ke router. Jika tidak melihat sandi default tercetak di router, coba lihat dokumen yang disertakan dengan router untuk informasi lebih lanjut.

 

 

Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya