Sukses

Viral Video Perumahan Kuburan di Toraja, Curi Perhatian Netizen

Pemakaman di Toraja ini dibangun mewah bak perumahan.

Liputan6.com, Jakarta Setiap daerah di Indonesia, tentu memiliki adat dan budayanya masing-masing. Tak hanya membuat berdecak kagum, yang di miliki beberapa daerah ini bisa dibilang unik. Salah satunya, adalah tempat pemakaman di Toraja.

Masyarakat Toraja memang dikenal memiliki keunikan tersendiri dalam hal memakamkan jenazah. Ada di antara masyarakat yang memakamkan jenazah di liang tebing. Adapula menyimpan jenazah di dalam peti mati yang terbuat dari kayu dan dipahat berbentuk hewan atau biasa disebut dengan erong.

Bukan hanya itu saja, baru-baru ini sebuah makam unik di Toraja viral di media sosial. Dalam video yang diunggah akun TikTok @puarangmadaster, terlihat sebuah rumah-rumah mewah berjejer bak perumahan. Namun rupanya perumahan tersebut merupakan sebuah makam.

Uniknya makam tersebut tampak seperti bukan pemakaman pada umumnya. Bentuknya seperti rumah berukuran mini hingga besar dengan berbagai macam model. Mulai dari tradisional, minimalis, hingga model rumah pada umumnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pemakaman bak perumahan bernama Patane

@puarangmadaster

♬ Marendeng_marampa - 𝓒𝓱𝓲𝓬𝓲𝓮𝓟𝓪𝓵𝓲𝓷𝓰𝓰𝓲

Menurut informasi yang beredar, pemakaman bak perumahan itu bernama Patane. Makam tersebut dinilai paling modern jika dibandingkan dengan jenis lainnya di Toraja. Seperti diketahui, banyak orang yang mengenal pemakaman jenazah di liang tebing Toraja.

Akun TikTok @puarangmadaster juga berkeliling memperlihatkan beberapa bagian makam seperti perumahan tersebut. Unggahannya itu pun menjadi viral dan mendapat berbagai komentar warganet. Pemilik akun TikTok itu juga menyebutkan jika lokasi pemakaman tersebut berada di Palopo, Toraja.

"Ini di palopo bang..ini baru satu lorong lain di belakang," tulisnya seperti dikutip oleh Liputan6.com dari TikTok @puarangmadaster, Sabtu (19/12/2020).

3 dari 3 halaman

Agar Orang yang Meninggal Merasa Nyaman

@puarangmadaster

sambungan kuburan yg kemarin

♬ original sound - GTI💫Aryo nada✨ - ✨KANANSI✨ARYO NADA_OWNER

Salah satu warganet juga pernah mengunggah tentang pemakaman di Toraja ini di akun YouTube Agust Bara beberapa waktu lalu. Ia menjelaskan bahwa Patane merupakan tempat untuk meletakan peti. Pemakaman model rumah tersebut menjadi tempat memperistirahatkan orang-orang yang sudah meninggal.

Makam tersebut pun dibangun begitu bagus layaknya sebuah rumah mewah. Keluarga juga dapat berkunjung ke makam tersebut untuk berziarah. Bukan tanpa alasan, pemakaman menyerupai rumah mewah tersebut dibuat agar orang yang meninggal merasa nyaman.

"Dibangun menyerupai rumah mewah, dan di dalamnya dibuat sedemikian rupa. Dan orang Toraja mempercayai bahwa orang yang sudah meninggal dan diistirahatkan di tempat ini supaya dia akan merasa nyaman," dikutip oleh Liputan6.com dari akun YouTube Agust Bara, Sabtu (19/12/2020).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini