Bernasib Apes, Pria Ini Jual Handphone yang Dibayar Pakai Uang Mainan

Oleh Mardella Savitri Murtisari pada 19 Des 2020, 09:20 WIB
Diperbarui 19 Des 2020, 09:20 WIB
Bernasib Apes, Pria Ini Jual Handphone yang Dibayar Pakai Uang Mainan
Perbesar
Bernasib Apes, Pria Ini Jual Handphone yang Dibayar Pakai Uang Mainan. (Sumber: Facebook/Fkpm Pelita Samarinda)

Liputan6.com, Jakarta Di masa yang serba modern ini, dalam melakukan transaksi jual beli, kita lebih dimudahkan karena bisa melakukan penawaran secara online. Sehingga, pedagang dan pembeli hanya bertemu ketika sudah terjalin kesepakatan di antara keduanya.

Meskipun sebenarnya transaksi jual beli juga bisa dilakukan tanpa pertemuan langsung dari pembeli dan pedagang, tapi guna menghindari penipuan, seringkali banyak orang yang lebih memilih cara Cash On Delivery (COD). Sehingga, dapat dipastikan bahwa ada uang dan ada barang.

Namun, baru-baru ini viral kisah nasib apes malah ditemui oleh seorang penjual handphone bekas asal Kota Samarinda, Kalimantan Timur. Sudah melakukan proses jual beli secara langsung, namun pria ini malah mendapatkan uang yang digambar secara manual dari pembelinya.

Seperti apakah kisah viralnya? Berikut selengkapnya kisah pria jual handphone yang dibayar pakai uang mainan dirangkum dari berbagai sumber oleh Liputan6.com, Sabtu (19/12/2020).

2 dari 3 halaman

Dibayar pakai uang palsu

Bernasib Apes, Pria Ini Jual Handphone yang Dibayar Pakai Uang Mainan
Perbesar
Bernasib Apes, Pria Ini Jual Handphone yang Dibayar Pakai Uang Mainan. (Sumber: Facebook/Fkpm Pelita Samarinda)

Diketahui bahwa kejadian tersebut terjadi pada Rabu (16/12/2020) sekitar pukul 24.00 WITA. Sang penjual handphone yakni Muhammad Agus Gunawan, diajak untuk bertemu atau COD oleh si pembeli di Jalan Siradj Salman. Muhammad dan pembeli sudah melakukan kesepakatan berupa pembelian 2 unit handphone seharga Rp 900 Ribu.

Berdasarkan keterangan penjual handphone, pelaku penipuan ini sangat rewel selama terjadinya transaksi. Strategi tersebut nampaknya digunakan agar Muhammad menjadi hilang fokus. Selain itu, pelaku yang mengendarai motor berwarna biru tersebut tidak turun dari motor selama transaksi jual beli bahkan, mesin motor dalam keadaan hidup.

"Duit di genggaman dikasih, saya belum sempat cek uangnya, mereka langsung kabur dengan menggunakan motor Hoda Beat Warna Biru," ungkap Muhammad Agus Gunawan dalam postingan Facebooknya.

Ternyata, uang yang diterima oleh Muhammad Agus adalah uang palsu. Ia menerima sebendel kertas dengan gambar Soekarno-Hatta di bagian atasnya.

Kini, Muhammad Agus pun telah melaporkan kejadian ini ke pihak kepolisian. Meski demikian, ia berharap bahwa penipu tersebut memiliki iktikad baik untuk mengembalikan dua unit handphone miliknya.

3 dari 3 halaman

Viral di media sosial

Postingan Muhammad Agus Gunawan ini pun viral di media sosial. Berawal dari Facebook, banyak orang yang membagikan ulang postingan ini ke Twitter dan Instagram. Hal ini pun menuai beragam respon dari warganet.

"Kasian..makan dr hasil nipu...GK berkah..Smg yg tertipu Allah gantikan rejekinya dg yg lebih baik.Aamiin," tulis Sinarti Regina Onyom.

"Astga saya smpi kaget plus ketawa tp kesal jg sm pelaku," tulis Radit Aditya.

"Bisa saja ini terjadi karena pelaku di atas motor jadi mmg sudah direncanakan,dari waktu,tempat mmg sudah direncanakan.tempat gelap dan jauh2 malam." tulis Sinta Rama.

"Berarti si penipu dah niat nipuUdah d siapin uang uangan," tulis Rahayoe Nings.

Lanjutkan Membaca ↓