Sukses

9 Cara Membuat Kuku Berkilau Secara Alami, Bikin Tampil Memesona

Cara membuat kuku berkilau secara alami ini menggunakan bahan alami yang mudah ditemukan di rumah.

Liputan6.com, Jakarta Memiliki kuku yang berkilau akan membuat seseorang bisa tampil lebih memesona dan percaya diri. Hal ini yang menjadikan cara membuat kuku berkilau secara alami penting diketahui. Kuku akan terlihat lebih sehat dan bersih.

Cara membuat kuku berkilau secara alami ini hanya menggunakan bahan alami, seperti jeruk, lidah buaya, garam, bawang putih, kulit semangka, dan masih banyak lagi. Bahan ini mampu membersihkan kuku dari kotoran yang terdiri dari kuman dan bakteri.

Apalagi jika dipakai bersamaan dengan pelembap maka hasilnya akan lebih maksimal lagi. Jika kotoran-kotoran bisa bebas dari kuku dan nutrisi tercukupi, maka kuku kilau alami akan terjadi. Tenang saja, cara membuat kuku berkilau secara alami ini aman, murah, dan mudah dipraktikkan.

Kini, memiliki kuku cantik dan sehat tidak perlu dilakukan di salon kecantikan. Berikut Liputan6.com ulas cara membuat kuku berkilau secara alami dari berbagai sumber, Jumat (18/12/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Air Jeruk dan Air Garam

Air Jeruk

Merendam kuku dengan air jeruk akan memberikan efek yang cukup baik untuk kuku. Kuku akan terlihat lebih bersih dan berkilau. Cara membuat kuku berkilau secara alami dengan air jeruk sangat mudah.

Caranya, siapkan air hangat dalam sebuah wadah, lalu campurkan perasan air jeruk ke dalamnya. Rendamlah kukumu selama 15-20 menit, lalu bilas mengggunakan air bersih untuk menghilangkan rasa lengket akibat air jeruk.

Air Garam

Air garam bisa diandalkan untuk merawat kuku tangan dan kaki. Perawatan ini dilakukan dengan merendam kuku pada air garam. Merendamnya secara rutin akan membuat kuku nampak lebih bersih secara alami, mengkilap, dan sehat.

Cara membuat kuku berkilau secara alami hanya perlu menyiapkan air hangat dalam wadah. Tambahkan garam secukupnya dan aduk hingga garam larut. Jika dirasa sudah larut sempurna, rendamlah kuku tangan dan kaki beberapa saat. Lakukan rendaman secara berulang dengan jeda beberapa saat.

3 dari 7 halaman

Bawang Putih

Bawang putih adalah salah satu bahan yang bisa digunakan untuk merawat kuku tangan dan kaki. Bawang putih bisa membantu membersihkan kuku kotor dan membuatnya lebih berkilau. Bahkan, bawang putih juga mampu mengangkat kuman dan bakteri yang menempel pada kuku.

Cara membuat kuku berkilau secara alami, hanya perlu menyiapkan satu siung bawang putih yang sudah dikupas. Kemudian oleskan bawang putih secara perlahan pada kuku tangan dan kaki. Jika sudah, bilas dengan air hangat atau air biasa.

4 dari 7 halaman

Lemon dan Kulit Semangka

Lemon

Lemon bisa digunakan untuk merawat kuku menjadi berkilau secara alami. Hal ini disebabkan karena kandungan vitamin C dalam lemon. Kandungan inilah yang akan mengangkat sel-sel mati atau sisa-sisa cat pada kuku.

Perawatan dengan lemon akan membuat kuku menjadi lebih mengkilap. Coba terapkan jeruk lemon yang sudah dipotong pada kuku. Gosokkan secara perlahan dan tunggu beberapa saat lalu bersihkan.

Kulit Semangka

Alih-alih membuangnya lebih baik gunakan untuk membersihkan kuku. Selain dapat membuat kuku nampak lebih bersih, kulit semangka juga akan membuat kuku lebih mengkilap.

Cara membuat kuku berkilau secara alami hanya perlu menggosokkan kulit semangka pada kuku tangan dan kaki. Tunggu sampai air kulit semangka pada kuku mengering. Jika sudah, bersihkan dengan tisu atau handuk hingga kuku nampak mengkilap.

5 dari 7 halaman

Lidah Buaya

Lidah buaya tidak hanya baik menjaga kesehatan rambut dan wajah. Tanaman herbal ini baik untuk menjaga kesehatan kuku. Salah satunya membuat kuku menjadi lebih bersih dan berkilau.

Cara membuat kuku berkilau secara alami dengan menyiapkan gel lidah buaya yang masih segar. Kemudian, oleskan gel lidah buaya ke kuku jari tangan maupun jari kaki.

Diamkan selama 15-30 menit agar gel tersebut bekerja untuk membuat tampilan kuku terlihat bening dan berkilau. Apabila sudah 15-30 menit, bilas jari-jarimu dengan menggunakan air hangat.

 

6 dari 7 halaman

Pelembap dan Cukupi Nutrisi

Pelembap

Pelembap yang dimaksud di sini bukanlah pelembap khusus kuku, melainkan pelembap untuk kulit di sekitar kuku dan kutikula. Merawat kulit di sekitar kuku sama pentingnya dengan merawat kuku itu sendiri.

Apabila kulit di sekitarnya kering dan mengelupas, hal tersebut bisa memicu kerusakan pada kuku. Rutin menggunakan pelembap akan membuat kuku menjadi lebih sehat. Cara merawat kuku dengan melembapkan juga sangat aman dan mudah dilakukan.

Cukupi Nutrisi

Setelah melakukan semua perawatan dari luar, langkah berikutnya adalah dengan merawat kuku dari dalam. Pemenuhan nutrisi bisa dengan mengonsumsi makanan atau minuman yang baik bagi kuku.

Seperti beberapa makanan dan minuman yang mengandung kalsium, seperti yogurt, susu, keju, dan yang lainnya. Mengonsumsi sayuran yang banyak mengandung zat besi dan vitamin A serta buah-buahan agar kuku panjang tetap ternutrisi.

7 dari 7 halaman

Hentikan Menggigit Kuku

Salah satu cara merawat kuku agar tetap berkilau alami adalah tidak melakukan kebiasaan untuk menggigit kuku. Sebab luka kecil di samping kuku yang diakibatkan kebiasaan menggigit tersebut, dapat meningkatkan risiko bakteri atau jamur masuk dan menyebabkan infeksi.

Padahal, seperti yang telah banyak orang ketahui, jika mulut merupakan sumber dari berbagai bakteri. Dan, menggigit kuku juga akan menyebabkan bentuk kuku menjadi tidak terpotong dengan sempurna, sehingga memberi bentuk kuku yang kurang sedap dipandang.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini