Sukses

6 Cara Memisahkan File PDF secara Online, Mudah dan Cepat

Cara memisahkan file PDF bisa melalui situs penyedia layanan gratis.

Liputan6.com, Jakarta Zaman sekarang, dokumen dengan format PDF sudah sangat populer digunakan, terutama untuk kebutuhan dokumen penting. File dengan format PDF juga umum digunakan pada eBook dan kebutuhan pembelajaran lainnya.

Populernya format PDF tidak lepas dari fitur di dalamnya sudah mendukung file 2D yang di dalamnya mencakup teks, grafik, hingga gambar. Tapi bukan tanpa kendala dalam penggunaannya.

Jika ukuran file PDF terlalu besar, salah satu opsi mengatasinya dengan memilih untuk memisahkannya jadi beberapa file. Salah satu cara memisahkan file PDF bisa dengan online. Saat ini, bisa dengan mudah ditemukan situs yang menunjang cara memisahkan file PDF tersebut.

Untuk membahas lebih lanjut bagaimana cara memisahkan file PDF secara online, berikut Liputan6.com telah merangkumnya dari berbagai sumber, Kamis (17/12/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Smallpdf

Cara memisahkan file PDF secara online yang pertama melalui situs Smallpdf. Situs ini adalah situs untuk mengedit file PDF secara online yang saat cukup banyak digunakan.

Berikut cara memisahkan file PDF tersebut:

a. Buka situs https://smallpdf.com/id/pisahkan-pdf.

b. Klik Pilih File untuk memulai mengunggah file PDF yang ingin dipisahkan. Selain file dari penyimpanan lokal, juga bisa memilih file dari cloud seperti GDrive dan Dropbox.

c. Setelah file dipilih, kemudian klik Open.

d. Setelah file PDF berhasil diunggah, klik “Ekstrak tiap halaman menjadi PDF” untuk memotong PDF jadi per halaman. Atau bisa juga pilih opsi “Pilih halaman yang akan diekstrak” untuk memilih halaman mana saja yang akan diambil.

e. Kemudian klik tombol opsi berwarna ungu untuk memulai proses pemisahan.

f. Setelah pemisahan selesai klik tombol “Unduh File Sekarang” untuk mengunduh file yang telah di proses.

3 dari 7 halaman

2. PDF2GO

Situs selanjutnya yaitu pdf2go. Cara memisahkan file PDF dengan situs ini sebagai berikut:

a. Buka situs https://www.pdf2go.com/split-pdf.

b. Pada halaman depan pilih menu “Split PDF”. Lalu, pengguna akan diarahkan ke halaman split PDF.

c. Kemudian klik tombol “Choose file” untuk upload PDF yang akan dipisahkan.

d. Setelah pengunggahan file selesai, pdf2go akan menampilkan seluruh halaman yang ada pada file PDF yang diupload. Pada bagian ini, pengguna bisa melakukan beberapa pengaturan sesuai keinginan.

e. Untuk melanjutkan proses pemisahan, klik tombol “save”.

f. Setelah itu proses pemisahan akan berjalan dan tunggu hingga muncul pesan jika file sudah selesai diproses. Kemudian akan diikuti dengan terbukanya halaman untuk download file hasil proses tadi.

4 dari 7 halaman

3. PDF Candy

Selanjutnya, cara memisahkan file PDf berikutnya adalah dengan menggunakan PDF Candy. Berikut langkah mudah menggunakan PDF Candy :

a. Buka situs https://pdfcandy.com/split-pdf.html.

b. Setelah halaman terbuka, klik tombol +Tambah File untuk membuka file PDF yang akan dipisahkan. Disini pengguna juga bisa membuka file yang tersimpan di Google Drive dan Dropbox.

c. Pilih PDF yang akan diproses setelah itu klik Open. Tunggu sampai proses selesai.

d. Setelah terbuka, pilih opsi Halaman Tunggal untuk memisahkan pdf per halaman. Lalu Klik Pisah PDF untuk memulainya.

e. Jika proses pemisahan telah selesai selanjutnya klik tombol Unduh File untuk mendownload file PDF yang telah dipisahkan tersebut.

5 dari 7 halaman

4. Sejda

Kemudian cara memisahkan file PDF yang lainnya bisa dengan aplikasi Sejda. Sejda adalah situs pengolah PDF online yang efektif dan mudah digunakan. Berikut cara memisahkan file PDF dengan Sejda:

a. Buka situs https://www.sejda.com/split-pdf.

b. Kemudian klik tombol Upload PDF Files yang berwarna hijau. Pilih File yang akan dipisah, lalu klik Open.

c. Setelah file tersebut selesai diupload, pilih Opsi yang akan kita gunakan. Opsi Extract every page into a PDF untuk memisahkan semua halaman yang ada di PDF tersebut. Opsi Select pages to split untuk memilih halaman mana yang akan dipisahkan.

d. Jika sudah menentukan opsi mana yang akan digunakan, klik Continue. Tunggu hingga proses selesai.

e. Setelah proses selesai akan muncul pop up pemberitahuan Your documents are ready. Selanjutnya klik Download untuk mengunduh file yang telah dipisahkan tersebut, atau bisa simpan di Dropbox atau Google Drive. Bahkan pengguna juga bisa membagikan file PDF yang telah diproses tersebut dengan menekan ikon Share.

6 dari 7 halaman

5. iLove PDF

Cara memisahkan file PDF dengan situs iLove PDF juga terbilang mudah. Berikut langkah-langkahnya:

a. Kunjungi situs https://www.ilovepdf.com/split_pdf.

b. Upload file PDF yang akan dipisah dengan menekan tombol Select PDF file. Atau bisa dengan menarik file PDF ke dalam halaman tersebut.

c. Setelah PDF berhasil diunggah, pilih opsi split yang akan digunakan. Terdapat dua opsi yaitu Split by ranges yang mana digunakan untuk menyeleksi beberapa halaman yang akan dipisah. Atau Extract all pages untuk memisahkan file PDF setiap halaman menjadi satu file PDF tersendiri.

d. Selanjutnya klik pada tombol Split PDF.

e. Setelah proses split selesai, akan muncul tombol Download PDF Split. Tekan tombol tersebut untuk mengunduh hasil file PDF.

7 dari 7 halaman

6. Soda PDF

Kemudian, cara memisahkan file PDF yang terakhi dengan Soda PDF. Berikut cara mudahnya:

a. Masuk ke situs https://www.sodapdf.com/id/split-pdf/.

b. Pilih file yang ingin dipisahkan. Asal file bisa dari komputer atau dari layanan penyimpanan cloud seperti Google Drive atau Dropbox.

c. Klik, tahan, kemudian letakkan ke dalam kotak yang tersedia.

d. Pilih rentang halaman dokumen asli yang ingin dipisahkan. Pengguna bisa memilih nomor halaman atau urutan halaman tersebut. Lalu, pengguna juga dapat memilih untuk memisahkan setiap halaman dokumen secara otomatis menjadi halaman tersendiri.

e. Ketika file sudah siap, akses file PDF yang sudah dipisah dengan mengunduhnya pada komputer atau melihatnya pada browser. Soda PDF juga melayani pengiriman tautan file melalui email dan berlaku selama 24 jam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.