Sukses

Heboh Video Dinosaurus Triceratops Muncul di Magetan, Ini Fakta di Baliknya

Penampakan dinosaurus Triceratops ini viral di media sosial.

Liputan6.com, Jakarta Baru-baru ini beredar sebuah video di media sosial yang memperlihatkan adanya seekor hewan purba dinosurus. Pada video yang beredar di medis sosial, Senin (14/12/2020) terlihat seekor dinosaurus Triceratops yang tengah turun dari atas truk.

Tak hanya itu saja, dalam video yang beredar juga memperlihatkan beberapa orang termasuk anggota TNI yang tengah berusaha 'menjinakan' dinosaurus tersebut. Pasalnya di video yang beredar di lini masa media sosial tersebut, sang dinosurus terlihat masih hidup dan tengah memberontak dari tali yang diikatkan.

Video yang memperlihatkan dinosaurus triceratops yang diunggah oleh akun Twitter @PengendaliiApi pada Senin (14/12/2020) ini pun sukses mencuri perhatian netizen. Bahkan, video berdurasi 30 detik tersebut telah ditonton lebih dari 700 ribu kali oleh para netizen.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Fakta sebenarnya.

Video mengenai adanya dinosaurus Triceratops ini menjadi sorotan netizen di lini masa media sosial. Melalui akun Twitter @PengendaliiApi, Senin (14/12/2020) video mengenai diturunkannya dinosaurus Triceratops dari atas truk dengan caption "Alhamdulillah piaraan baru udah nyampe" ini telah ditonton lebih dari 700 ribu kali.

Rupanya, kejadian adanya dinosaurus tersebut diketahui terjadi di Magetan, Jawa Timur. Tepatnya di Mojosemi Forest Park yang berada di Jalan Raya Sarangan, Semorosewu, Kecamatan Plaosan, Magetan, Jawa Timur. Akun Twitter @magetanbanget, juga mengunggah video sang dinosaurus pada senin (14/12/2020).

Mojosemi Forest Park sendiri merupakan sebuah tempat wisata alam yang menyediakan berbagai area rekreasi, camping hingga koleksi robot dinosaurus. Adanya dinosaurus Triceratop yang beredar di media sosial pun diyakini salah satu tambahan robot dinosaurus di Mojosemi Forest Park tersebut.

3 dari 4 halaman

Wahana Dinosaurus

Akun Instagram resmi @mojosemiforestpark juga memperlihatkan video dinosaurus Triceratops tengah diturunkan dari atas truk. Tak hanya Triceratops saja, akan tetapi dalam wahana dinosurus yang terdapat di mojosemi juga terdapat T-Rex serta dinosaurus berleher panjang, Brachiosaurus.

Triceratops merupakan jenis dinosaurus bertanduk tiga yang memiliki panjang mencapai 9 meter dan tinggi sekitar 3,8 meter. Berat dari Triceratops diperkirakan mencapai 6,5 ton. Fosil dinosaurus ini pun pertama kali ditemukan pada periode Campanian atau sekitar 83,6 hingga 72,1 juta tahun lalu.

4 dari 4 halaman

Respons Netizen

Beredarnya video yang memperlihatkan dinosaurus tengah turun dari atas truk ini pun berhasil mencuri perhatian netizen. Tak sedikit pula netizen yang penasaran akan keaslian dari video tersebut. Namun netizen yang mengetahui jika dinosaurus tersebut merupakan sebuah 'atraksi' juga memuji atas aksi orang-orang yang terlibat.

"Dimohon dengan sangat jangan sampai ini masuk ke group WhatsApp. Apalagi sampe nyebar ke group wa emak.Bisa2 dibilang "Tanda akhir zaman, ada hewan aneh yang bermunculan"" tulis akun @Oi_Njik.

"Itu dinosaurus triceratops. Tapi itu cuma kostum doang, dalamnya ada orang. Trik marketing, tapi bagus bgt buat edukasi si kecilnya bund"" ujar akun @Luckyhaha_.

"Kayak abis beli sapi di pasar ..." tulis akun @MangkokMie.

.salut ama bapak petugas, ada waktu buat ngeladenin gimmick beginian" ujar akun @indro_ordni.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.