5 Persiapan Fisik yang Perlu Dilakukan Sebelum Berlibur, Jaga Stamina

Oleh Husnul Abdi pada 15 Des 2020, 07:30 WIB
Diperbarui 15 Des 2020, 07:30 WIB
Ilustrasi traveling
Perbesar
Ilustrasi traveling. Sumber foto: unsplash.com/Felix Rostig.

Liputan6.com, Jakarta Persiapan fisik yang perlu dilakukan sebelum berlibur harus benar-benar diperhatikan. Hal ini sangat berpengaruh terhadap kelangsungan liburan kamu nantinya. Tentunya kamu ingin tetap aktif dan bersenang-senang saat liburan.

Masih banyak orang yang tidak terlalu memperhatikan kondisi fisik dan kesehatannya saat berlibur. Kebanyakan orang terlalu fokus dengan barang-barang yang akan dibawa daripada memperhatikan kesiapan fisiknya sendiri. Padahal, kondisi fisik yang prima tentunya sangat penting saat traveling.

Persiapan fisik yang perlu dilakukan sebelum berlibur berperan penting dalam kebahagiaanmu nantinya. Makan makanan sehat, berolahraga, menjaga kebersihan, hingga mengurangi stres menjadi persiapan yang penting sebelum kamu berlibur dengan santai.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (14/12/2020) tentang persiapan fisik yang perlu dilakukan sebelum berlibur.

2 dari 6 halaman

Perhatikan Konsumsi Makanan

Makanan Sehat
Perbesar
Ilustrasi Makanan Sehat | unsplash.com/@ellaolsson

Makan makanan sehat sangat penting dalam rangkan persiapan fisik sebelum berlibur. Hal ini menjaga tubuh agar tetap sehat dan kuat. Bila ingin memuaskan keinginan makan makanan favorit, makan saja namun dalam porsi kecil. Usahakan batasi asupan lemak, garam, serta makanan dan minuman tinggi gula.

Selain itu, perhatikan juga keamanan makanan yang dikonsumsi. Jangan sampai detik-detik menjelang waktu liburan jadi berantakan karena kamu mengalami keracunan makanan. Agar terhindar dari hal ini, pastikan tetap jaga kualitas pengolahan makanan. 

Masaklah dengan suhu yang sesuai agar kuman dapat mati. Lalu, simpan makanan di wadah yang bersih dan tempat penyimpanan yang disesuaikan dengan jenis makanan. 

3 dari 6 halaman

Tetap Aktif Secara Fisik dan Istirahat Cukup

Ilustrasi traveling
Perbesar
Ilustrasi traveling. Sumber foto: unsplash.com/Holly Mandarich.

Selain itu, jangan lupa tetap aktif bergerak. Rutinlah berolahraga dan jaga pola makanan jauh-jauh hari sebelum melakukan perjalanan. Jadi, kondisi fisik tetap kuat dan aktivitas liburan bisa dilakukan dengan lancar. Sebisa mungkin jangan terlalu banyak duduk.

Hal ini tentunya untuk menjaga kondisi fisik agar daya tahan tubuh juga tetap terjaga. Istirahat yang cukup juga penting agar tubuh tetap dalam kondisi prima. Jangan sampai di saat traveling kamu mudah kelelahan atau malah sakit karena sebelum berangkat dalam kondisi tidak fit.

Minimal cukup istirahat sebelum hari keberangkatan dan persiapkan juga vitamin untuk menjaga kebugaran tubuh.

4 dari 6 halaman

Periksa Kondisi Kesehatan

Persiapan liburan satu ini juga sangat penting, terutama bila kamu berencana liburan ke tempat yang cukup jauh. Pastikan kamu sudah memeriksakan diri ke dokter untuk mengetahui kondisi fisik. Konsultasi juga bila lokasi tujuan liburan memiliki penyakit endemik.

Dokter akan memberitahu info tentang obat dan pencegahan yang perlu dilakukan demi menghindari berbagai risiko kesehatan. Jadwalkan pertemuan dengan dokter dari jauh hari sebelum berlibur. Jadi, kamu dapat mengantisipasi waktu yang dibutuhkan bila memang ada langkah pencegahan atau obat yang perlu dikonsumsi sebelum berangkat.

5 dari 6 halaman

Perhatikan Kebersihan

Traveling
Perbesar
Traveling | pexels.com/@nurseryart

Memperhatikan kebersihan tentunya juga sangat penting dalam rangka menjaga kesehatan sebelum berlibur. Salah satu cara yang paling efektif dalam mencegah penyebaran kuman dan menjaga kesehatan tubuh adalah mencuci tangan dengan rutin. 

Bukti medis menunjukkan, mencuci tangan mampu mencegah 1 dari 5 gejala saluran pernapasan, seperti pilek dan flu. Karenat itu, cuci tangan dengan benar dan di waktu yang tepat sangatlah penting (setelah dari toilet, pegang alat elektronik, dan sebagainya). Kamu juga bisa gunakan hand sanitizer berbahan dasar alkohol setidaknya 60 persen.

6 dari 6 halaman

Kelola Stres

Ilustrasi Ekspresi Bahagia
Perbesar
Ilustrasi Ekspresi Bahagia Credit: pexels.com/AndreaPiacquadio

Persiapan fisik yang perlu dilakukan sebelum berlibur berikutnya adalah kelola stres dengan baik. Orang dewasa, remaja, bahkan anak mampu merasa stres dari waktu ke waktu. Biasanya, efek stres yang cukup sering terjadi ialah gangguan kecemasan, sulit tidur, atau mengalami gangguan makan. 

Hal-hal tersebut bisa saja memengaruhi kondisi fisik. Jangan sampai momen berlibur kamu nantinya akan terganggu bila stres tidak dikendalikan. Ketahuilah cara-cara yang tepat untuk mengatasi stres berlebih. Bila perlu, konsultasi dengan psikolog.

Itulah beberapa persiapan fisik yang perlu dilakukan sebelum berlibur. Kamu tentunya perlu menjaga kesehatan dan stamina agar dapat mengikuti kegiatan yang sudah diatur saat berlibur. Hal yang juga perlu diperhatikan adalah dalam berkendara.

Bila mengendarai motor atau mobil sendiri, pastikan kondisi tubuh dan kendaraan sudah dalam keadaan baik. Bila lelah saat berkendara, jangan ragu untuk beristirahat sejenak. Fisik pun akan tetap aman sesampainya di tempat tujuan.

Lanjutkan Membaca ↓