Sukses

7 Calon Bupati Dibawah Usia 30 Tahun, Unggul Versi Sirekap KPU

Deretan nama calon Bupati berusia dibawah 30 tahun.

Liputan6.com, Jakarta Masyarakat Indonesia baru saja menggunakan hak suaranya dalam Pilkada 2020 yang digelar serentak pada 9 Desember 2020. Pesta demokrasi tersebut sebelumnya akan digelar pada Maret 2020 lalu namun ditunda.

Meski digelar ditengah pandemi Covid-19, sejumlah pasangan calon tetap berkampanye sesuai dengan protokol kesehatan. Begitu pula dengan lokasi-lokasi pemungutan suara di berbagai daerah di Tanah Air.

Telah digelar dan kini KPU tengah sibuk melakukan perhitungan cepat, sejumlah nama pasangan calon pun turut menjadi perbincangan. Pasalnya sederet nama calon Bupati pada Pilkada 2020 ini memunculkan nama politikus muda.

Unggul menurut SiRekap KPU, nama-nama calon Bupati yang masih berusia diabwah 30 tahun ini diduga bakal menjadi kepala daerah selanjutnya. Berikut ini Liputan6.com rangkum, 7 calon Bupati dibawah usia 30 tahun yang unggul versi perhitungan sementara KPU dilansir dari berbagai sumber, Minggu (14/12/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

1. Rezita Meylani Yopi

Sosok Rezita Meylani Yopi mendadak jadi perbincangan usai muncul menjelang pemilihan kepala daerah tahun ini. Bagaimana tidak, ia adalah kandidat termuda sebagai calon Bupati yang masih berusia 26 tahun.

Sebelumnya pada 2010 silam, Yopi Arianto, sang suami, tercatat dalam rekor MURI sebagai bupati termuda di Indonesia pada usia 30 tahun. Kini giliran sang istri yang bakal memecahkan rekor sang suami.

Calon kepala daerah termuda di Indonesia asal Indragiri Hulu (Inhu) ini juga diketahui unggul berdasarakan SiRekap Komisi Pemilihan Umum. Rezita Meylani Yopi dan Junaidi Rachmat meraih 28,9 persen untuk Kabupaten Indragiri Hulu.

 

3 dari 8 halaman

2. Indrata Nur Bayuaji

Indrata Nur Bayuaji merupakan keponakan Presiden ke-6 yakni Susilo Bambang Yudhoyono. Berpasangan dengan politikus Partai Golkar, Gagarin, mereka unggul mutlak berdasarkan hasil hitung cepat di seluruh tempat pemungutan suara Pemilihan Kepala Daerah atau Pilkada Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.

Pasangan yang mengusung jargon "Nyawiji Sumrambah" tersebut unggul dengan 74,6 persen suara. Kendati perhitungan resmi versi KPU Kabupaten Pacitan belum keluar, calon bupati yang masih berusia 27 tahun tersebut akui optimis menang.

4 dari 8 halaman

3. Aditya Halindra Faridzki

Nama dan sosok Aditya Halindra Faridzki mendadak viral di media sosial. Hal tersebut lantaran banyak netizen yang justru salah fokus dengan paras tampan calon Bupati Tuban, Jawa Timur ini. 

Meski masih berusia 28 tahun, Aditya dan pasangannya Riyadi, masih memimpin perolehan suara sementara berdasarkan pehitungan resmi di Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk Pilkada 2020 Kabupaten Tuban. Pasangan ini sukses meraih suara mencapai 57,76 persen.

5 dari 8 halaman

4. Hanindhito Himawan Pramono

Putra dari Pramono Anung, Hanindhito Himawan Pramana turut maju menjadi calon Bupati Kediri pada Pilkada 2020 ini. Berpasangan dengan Dewi Maria Ulfa, pasangan ini berhasil unggul dengan sukses mendapat 76,53 persen suara. 

Sebelumnya saat diumumkan sebagai kepala daerah, ia merasa wajar jika ada yang meremehkannya maju dalam Pilkada di usia muda.

"Memang stigma masyarakat terhadap anak muda maju menjadi calon kepala daerah ini pasti isone opo? Bisa apa? Itu sudah pasti. Stigma inilah yang ingin saya patahkan," kata pria yang akrab disapa Dhito, Jumat (24/7/2020) lalu.

Masih berusia 28 tahun, dirinya optimistis dan berterimakasih kepada masyarakat Kabupaten Kediri usai perhitungan cepat KPU.

6 dari 8 halaman

5. Vandiko Timotius Gultom

Pasangan calon Bupati Samosir dengan nomor urut 2 yakni Vandiko Timotius Gultom, ST dan Martua Sitanggang, MM, unggul sementara dalam penghitungan suara di Pilkada Samosir.

Pasangan Vandiko Timotius, ST dan Martua Sitanggang, MM, nomor urut 2 unggul 60,5 persen. Pria berusia 28 tahun tersebut untuk sementara menang di 8 kecamatan.

7 dari 8 halaman

6. Ahmad Muhdlor Ali

Calon Bupati milenial yakni Ahmad Muhdlor Ali unggul sementara versi data KPU di Pilkada Sidoarjo 2020. Paslon nomor urut 02 Ahmad Muhdlor-Subandi mendapatkan suara lebih unggul sebanyak 40,3 persen.

Ahmad Muhdlor merupakan satu diantara kaum muda yang ikut terjun mencalonkan kepala daerah dan amsih berusia 29 tahun. Diketahui, Ahmad Muhdlor Ali atau yang akrab disapa Gus Muhdlor ini masih tergolong muda untuk terjun di dunia politik.

8 dari 8 halaman

7. Bobby Nasution

Sosok yang sudah awam dikalangan masyarakat yakni Bobby Nasution juga terjun di Pilkada 2020. Menantu Presiden Joko Widodo dan juga suami dari Kahiyang Ayu ini mencalonkan diri sebagai calon wali kota kota Medan.

Pria yang masih berusia 29 tahun tersebut memimpin dengan perolehan 55,64 persen. Dari hasil penghitungan cepat (quick count) yang masuk, bisa dikatakan bahwa pasangan Bobby-Aulia diprediksi akan memenangkan Pilkada Kota Medan 2020.

Sebelumnya, calon Wali Kota Medan Bobby Nasution sendiri menggunakan hak suara pada Pilkada Medan. Bersama Kahiyang Ayu, keduanya mencoblos di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 022, Kelurahan Asam Kumbang, Kecamatan Medan Selayang, Kota Medan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini