Pria Ini Buat Jari Palsu untuk Temannya yang Diamputasi, Bikin Salut Warganet

Oleh Muhammad Fahrur Safi'i pada 14 Des 2020, 12:40 WIB
Diperbarui 14 Des 2020, 12:40 WIB
Pria Ini Buat Jari Palsu untuk Temannya yang Diamputasi, Bikin Salut Warganet
Perbesar
Buatkan jari prostetik untuk teman (Sumber: TikTok/3dprint_project)

Liputan6.com, Jakarta Sebuah kisah haru, baru-baru ini viral dalam media sosial TikTok. Dalam media sosial tersebut, ada seorang netizen yang mengunggah kisah temannya yang alami kecelakaan kerja hingga dua jarinya harus diamputasi.

Netizen dengan akun TikTok @3dprint_project, ini pun mengunggah temannya yang alami kecelakan kerja dimana jari telunjuk dan tengahnya usai diamputasi. Tak ingin temannya bersedih, pria ini pun dengan segenap hati membantunya. 

Ia pun membuatkan jari prostetik atau jari palsu untuk sahabatnya ini.  Tidak hanya ia sendiri, beberapa teman kerjanya yang lain pun turut membantu membuat jari palsu ini. Kisah ini pun viral di media sosial TikTok dan sukses bikin warganet kagum.

Berikut Liputan6.com ulas kisah pria yang membuatkan jari palsu untuk temannya, Senin (14/12/2020). 

Sang Teman Alami Kecelakaan Kerja Hingga 2 Jarinya Diamputasi

Alami Kecelakaan Hingga Diamputasi, Pria Ini Dibuatkan Jari Prostetik Oleh Teman
Perbesar
Buatkan jari prostetik untuk teman (Sumber: TikTok/3dprint_project)

Dalam setiap pekerjaan pasti ada sebuah resiko. Salah satunya ialah resiko kecelakaan kerja yang dapat menimpa siapapun. Hal ini pun banyak terjadi dalam lingkungan kerja pabrik, tambang, hingga konstruksi. Kecelakaan kerja yang tidak terelakan pun bisa membuat anggota tubuh cidera hingga diamputasi.

Seperti yang dialami oleh teman netizen akun TikTok @3dprint_project. Dua ruas jari telunjuk dan tengahnya terjepit mesin press sehingga harus diamputasi. Dalam laman TikToknya, mengatakan kawannya juga sudah iklas dengan kondisinya. 

"Dia sudah ikhlas dengan segala tindakan medis yang akan dilakukan" ujar akun TikTok @3dprint_project

Buatkan Jari Palsu untuk Temannya

Pria yang merupakan anak teknik ini pun membuatkan jari prostetik atau jari palsu untuk temannya. Meski ia bukan ahli prostetik, ia pun dengan segenap hati membantunya.

Pria ini membuat jari prostetik melalui print 3D. Ia pun mendesain, hingga mengukur jari prostetik yang akan dibuat sesuai dengan kebutuhan temannya. Selama pengerjaannya, ia pun mengalami beberapa kali kendala yang akhirnya bisa ia lalui.

@3dprint_project

Sedikit kisah Semoga dapat menginspirasi untuk membantu sesama -Man for Other- #3dprint #Temukan2021mu #fyp #prostetic

♬ When She Loved Me - Evynne Hollens

Berhasil buatkan jari prostetik hingga videonya viral

Netizen dengan akun @3dprint_project ini pun viral dalam media sosial TikTok. Hingga sampai saat ini telah mendapat like sebanyak 100 ribu dari netizen. Banyak yang kagum dengan aksinya tersebut.

Padahal selama pengerjaan ia pun sempat alami kendala. Yaitu masalah mesin print 3D. Ia pun mengatasi masalah tersebut dengan patungan bersama teman pabriknya.

Sekali pembuatan, ternyata kurang pas hingga harus menyesuaikan ukuran dan desain yang dibuat ulang. Hingga akhirnya, kini desainnya pun makin rapi dan temannya mulai bisa beraktivitas dengan jari prostetik tersebut.

@3dprint_project

Ayo Sobat, Tetap Semangat!!! Walau bukan ahli Prostetik, kami akan Support penuh. Terimakasih @thingiverse #3dprint #3dprinting #prostetic #fyp

♬ Glow Up - IZΛ
Lanjutkan Membaca ↓