Antar Pesanan Hingga 2 Km Lebih, Kisah Driver Ojol Tanpa Motor Ini Bikin Haru

Oleh Loudia Mahartika pada 13 Des 2020, 10:40 WIB
Diperbarui 13 Des 2020, 10:40 WIB
Antar Pesanan Hingga 2 Km Lebih, Kisah Ojol Tanpa Motor Ini Bikin Haru
Perbesar
Seorang ojek online rela jalan kaki antarkan pesanan sejauh 2,1 kilometer. (Sumber: mStar)

Liputan6.com, Jakarta Di kondisi masa pandemi seperti saat ini, banyak orang yang kehilangan pekerjaan mereka. Tak heran jika sebagian besar orang akan mencari cara agar tetap bisa bertahan hidup di situasi yang sulit ini.

Ada pula yang rela melakukan pekerjaan apapun yang ditawarkan selama itu halal. Seperti kondisi yang terpaksa diterima seorang pemuda bernama Jaunie Erpan Des ini. Tak mau hanya berdiam dan menganggur, pemuda yang akrab disapa Erpan ini nekat menjadi driver ojol sejak sebulan lalu.

Namun dirinya bukanlah driver ojol yang biasa ditemui. Pemuda ini bukan pengantar pesanan ojek online dengan menunggangi motor. Erpan ternyata hanya mengandalkan kakinya untuk berjalan mengantarkan pesanan ke pelanggan.

Ia rela mengantarkan pesanan para pelanggannya meski harus berjalan kaki. Hal itu lantaran driver ojol ini ingin bekerja dan tak ingin menjadi beban untuk orang lain.

2 dari 4 halaman

Antar Makanan Tanpa Motor

Antar Pesanan Hingga 2 Km Lebih, Kisah Ojol Tanpa Motor Ini Bikin Haru
Perbesar
Ilustrasi. (Liputan6.com/Huyogo Simbolon)

Dilansir dari mStar oleh Liputan6.com, Minggu (13/12/2020) pemuda asal Malaysia ini memutuskan untuk bekerja sebagai driver ojek online meski tak memiliki motor. Ia menceritakan awalnya tak yakin akan melamar sebagai driver ojek online yang mengantarkan makanan.

"Saya pun tanya dia bagaimana caranya daftar dan pengalaman dia bekerja jadi ojek makanan online dengan berjalan kaki," kata Erpan mengawali kisahnya usai bertemu dengan driver ojol lainnya sekitar sebulan yang lalu.

Lantaran sangat membutuhkan pekerjaan, Erpan memberanikan diri untuk mencoba pekerjaan tersebut. Meski pada awalnya dia tidak yakin bisa melakukannya.

3 dari 4 halaman

Fotonya Mendadak Viral

Antar Pesanan Hingga 2 Km Lebih, Kisah Ojol Tanpa Motor Ini Bikin Haru
Perbesar
Ilustrasi Media Sosial. KreditL Photo Mix from Pixabay

Baru sebulan bekerja, foto Erpan sedang berjalan kaki di tepi jalan raya untuk mengantarkan makanan viral di media sosial. Pemuda 19 tahun terkejut karena tidak menyangka fotonya saat sedang bekerja itu akan mendapat banyak perhatian netizen.

"Saya bahkan tidak tahu kalau ada orang ambil foto saya, tiba-tiba sudah viral. Foto itu diambil ketika saya mau antar makanan dari KL Gateway ke Rumah Sakit Pantai di atas bukit itu," ujar pemuda itu dikutip dari mStar.

4 dari 4 halaman

Pernah Tempuh Jarak 2,1 Km

Selama bekerja, ia pun membagikan pengalamannya jadi driver ojek makanan online dengan jalan kaki. Erpan mengatakan dia berjalan antara 480 hingga 500 kilometer selama satu bulan bekerja. Sementara jarak paling jauh yang pernah ia tempuh selama jadi driver ojek makanan online adalah 2,1 kilometer.

Banyak kejadian lucu yang pernah ia alami. Mulai dari dikejar anjing hingga terkena omelan pelanggan lanataran lama samai di tujuan. Namun ketika diberitahu kalau ia ojek dengan jalan kaki, pelanggan tersebut langsung paham.

"Dalam sebulan, saya bisa dapat 1.200 ringgit (Rp 4,1 juta). Itu pun karena saya terus kerja meski hujan atau panas. Kalau hujan, saya akan pakai jas dan SOP tetap dipatuhi," katanya.

Meski demikian, Erpan mengaku agak tidak nyaman sejak dirinya menjadi viral karena takut akan diejek teman-temannya.

Lanjutkan Membaca ↓