Sukses

Weird Genius Kalahkan BTS, Ini 9 Kategori Trending Google Indonesia 2020

Lirik lagu Lathi milik Weird Genius ft Sara Fajira mengalahkan lagu Dynamite milik BTS.

Liputan6.com, Jakarta Google Indonesia baru saja merilis penelusuran terpopuler selama 2020. Dalam salah satu kategorinya Weird Genius diketahui berhasil mendapatkan penghargaan Year in Search 2020 lewat lagu Lathi. Penelusuran lirik lagu Lathi milik Weird Genius sendiri berhasil mengalahkan lirik lagu Dynamite milik BTS.

Bahkan, Reza Arap turut serta mengunggah piala penghargaan tersebut di akun Instagram pribadinya. Tak hanya itu saja, melalui kolom keterangan ia bahkan turut menyapa akun Instagram milik BTS serta Blackpink.

Setiap tahunnya, Google Indonesia memang selalu merilis penelusuran populer yang sering dilakukan oleh masyarakat. Google Trends sendiri menjadi salah satu layanan milik Google yang kerap menampilkan kata kunci populer. Mulai dari peristiwa populer, lirik lagu, resep makanan, bahkan tokoh.

Penasaran apa saja penelusuran populer dari Google Indonesia? Dirangkum Liputan6.com melalui laman resmi Google.co.id, berikut ini 9 kategori penelusuran terpopuler di Google Indonesia 2020, Jumat (11/12/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 10 halaman

1. Lirik Lagu

Musik menjadi salah satu topik yang tak pernah lepas dari masyarakat. Tak sedikit pula yang mencari lirik lagu melalui situs pencarian Google. Bukan hanya penasaran akan liriknya saja, akan tetapi tak sedikit pula yang mencari agar bisa ikut serta menyanyikannya.

Lagu Lathi dari Weird Genius feat Sara Fajira berhasil menduduki peringkat pertama sebagai lirik lagu yang paling banyak dicari masyarakat. Bahkan, pencarian mengani lirik lagu Lathi di Google mampu mengalahkan lagu milik BTS.

Berikut ini deretan lirik lagu yang paling banyak dicari melalui Google Indonesia.

1. Lathi - Weird Genius - ft. Sara Fajira

2. Dynamite - BTS

3. Psycho - Red Velvet

4. Cuek - Rizky Febian

5. Menghapus Jejakmu - Bunga Citra Lestari ft Ariel Noah

6. How You Like That - Blackpink

7. Yummy - Justin Bieber

8. Savage Love - Jason Derulo & Jawsh 685

9. Before You Go - Lewis Capaldi

10.cHeather - Conan Gray

3 dari 10 halaman

2. Apa Itu

Banyaknya istilah baru yang muncul di masyarakat tentu saja cukup membuat penasaran. Mulai dari istilah yang sering disebut melalui media sosial, hingga berbagai istilah yang sering didengar selama masa pandemi.

Pencarian mengenai apa itu, ghosting pun menjadi topik yang paling dicari selama 2020. Istilah ghosting sendiri sering digunakan oleh anak muda di media sosial saat ini.

Berikut ini beberapa deretan topik apa itu yang sering dicari selama 2020:

1. Ghosting

2. Gabut

3. Lockdown

4. Rebahan

5. WFH

6. Resesi

7. Kuota Belajar

8. Virus Corona

9. PSBB

10. Among US

4 dari 10 halaman

3. Bagaimana Cara

Selama menjalani masa new normal dan lebih banyak menghabiskan waktu di rumah tak sedikit netizen yang menjajal berbagai hal baru. Mulai dari mencoba menjadi YouTuber bahkan membuat peluang usaha baru.

Namun, bagi mereka yang belum pernah melakukan hal tersebut, salah satu jalan yang digunakan ialah mencari cara lewat Google. Beberapa topik mengenai 'Bagaimana Cara' di Google Indonesia pun sangat beragam.

Berikut daftar 'Bagaimana Cara' yang paling dicari lewat Google Indonesia selama 2020:

1. Cara Daftar UMKM

2. Cara Menjadi YouTuber Pemula

3. Cara Menjadi Reseller

4. Cara Membuat Hand Sanitizer

5. Cara Menjadi Terkenal

6. Cara Menjadi Artis

7. Cara Login Google Classroom

8. Cara Menjadi Dropshipper

9. Cara Menjadi Penulis

10. Cara Menjadi Impostor Among Us

5 dari 10 halaman

4. Berita Peristiwa

Selama 2020 banyak pula pemberitaan peristiwa yang sukses mencuri perhatian masyarakat. Bahkan, topik-topik berita yang ada juga kerap menjadi trending di media sosial.

Namun, pemberitaan terkait dengan kartu Pra Kerja menajadi topik yang sangat dicari oleh masyrakat melalui situs pencarian Google. Kartu Pra Kerja ini pun terkait dengan janji Jokowi dan Ma'aruf Amin selama masa kampanye tahun lalu.

Berikut ini deretan berita peristiwa yang berhasil mencuri perhatian publik selama 2020:

1. Kartu Pra Kerja

2. Daftar UMKM Online

3. Stimulus PLN

4. Omnibus Law

5. Sunda Empire

6. COVID-19

7. Erupsi Krakatau

8. Uang 75 ribu

9. PSBB Jakarta

10. Banjir Jakarta

6 dari 10 halaman

5. Film dan TV Series

Menonton sebuah film selama masa pandemi sepertinya telah menjadi hobi baru bagi banyak masyarakat Indonesia. Bahkan, tak sedikit pula berbagai judul film yang dirasa menarik disarankan oleh banyak netizen termasuk para selebriti Tanah Air. Namun, film pendek berjudul Tilik berhasil mencuri perhatian masyarakat selama 2020 ini.

Pasalnya, film pendek ini tak hanya mencuri perhatian melalui jalan ceritanya selama berada di atas truk saja. Akan tetapi para tokoh terutama karakter Bu Tedjo menjadi viral di media sosial. Sedangkan drama asal Korea Selatan berjudul Crash Landing on You menduduki peringkat kedua sebagai film dan tv series yang paling banyak dicari selama 2020.

Berikut ini beberapa film dan Tv Series yang masuk dalam daftar pencarian terpopuler Google Indonesia selama 2020:

1. Tilik

2. Crash Landing on You

3. Milea

4. The World of The Married

5. Mariposa6. Mulan

7. Money Heist

8. It's Okay to Not Be Okay

9. Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini

10. Bucin

7 dari 10 halaman

6. Kepergian Tokoh

Selama tahun 2020 ini pula tak sedikit publik figure yang meninggal dunia secara mengejutkan. Mulai dari karena penyakit hingga kecelakaan.

Kepergian para tokoh ini pun sempat menjadi perbincangan masyarakat Indonesia. Bahkan, hingga saat ini nama para tokoh yang telah meninggal dunia masih dikenang oleh masyarakat.

Glenn Fredly menjadi salah satu publik figur yang meninggal dunia secara mendadak. Kabar kepergian ayah satu anak ini cukup mengejutkan publik.

Berikut ini beberapa tokoh publik yang kepergiannya menjadi sorotan selama 2020.

1. Glenn Fredly

2. Didi Kempot

3. Omas

4. Kobe Bryant

5. Chadwick Boseman

6. Lina Jubaedah

7. Ashraf Sinclair

8. Ria Irawan

9. Naya Rivera

10. Ade Irawan

8 dari 10 halaman

7. Siapa

Selama 2020 beberapa nama tokoh masyarakat menjadi sorotan publik. Mulai dari aktor dan aktris, hingga tokoh politik. Berbagai pemberitaan mengenai nama-nama tokoh masyarakat ini pun selalu mencuri perhatian netizen selama 2020. Bahkan, tak sedikit pula netizen yang mungkin baru mengetahui nama-nama para tokoh tersebut melalui pemberitaan ataupun film yang dimainkan.

Komika Bintang Emon pun berhasil menduduki peringkat pertama sebagai sosok yang paling dicari di Google Indonesia selama 2020. Nama Bintang Emon bahkan mengalahkan artis dari Korea Selatan Hyun Bin dan Kim Soo Hyun.

Berikut ini 10 sosok yang paling dicari selama 2020 melalui Google Indonesia:

1. Bintang Emon

2. Hyun Bin

3. Kim Soo Hyun

4. Najwa Shihab

5. George Floyd

6. Tara Basro

7. Seo Ye Ji

8. Budi Karya

9. Joe Biden

10. Djoko Tjandra

9 dari 10 halaman

8. Resep

Selama pandemi, tak sedikit masyarakat yang memilih menjajal berbagai resep masakan baru. Bahkan, tak sedikit yang membagikan mengenai tips dan trick cara memasak dengan mudah.

Mulai dari memasak beraneka kue, hingga makanan berat. Topik mengenai resp donat, dalgona coffee serta odading menjadi daftar teratas dalam mesin pencarian Google.

Berikut ini beberapa daftar resep paling dicari selama 2020 dalam Google Indonesia:

1. Donat

2. Dalgona Coffee

3. Odading

4. Bakso Mercon

5. Rendang Sapi

6. Nastar

7. Martabak Teflon

8. Pie Susu Teflon

9. Pempek Dos

10. Pizza Rumahan

10 dari 10 halaman

9. Penelusuran Terpopuler

Daftar pencarian Google Indonesia juga mengeluarkan mengenai penelusuran terpopuler selama 2020. Berbagai hal mulai dari virus corona hingga layanan Google Classroom pun masuk dalam daftar tersebut. Daftar penelusuran terpopuler dari Google Indonesia selama 2020 ini pun dikeluarkan berdasarkan topik-topik yang tentu saja banyak dicari.

Berikut ini 10 daftar penelusuran terpopuler Google Indonesia selama 2020:

1. Virus Corona

2. PSBB

3. Kartu Pra Kerja

4. Sepeda Lipat

5. Odading

6. Glenn Fredly

7. Hand Sanitizer

8. Lagu Lathi

9. Omnibus Law

10. Google Classroom

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.