Recycle adalah Upaya Mengurangi Limbah, Kenali Manfaatnya

Oleh Anugerah Ayu Sendari pada 09 Des 2020, 16:50 WIB
Diperbarui 09 Des 2020, 16:50 WIB
Botol plastik
Perbesar
Ilustrasi botol plastik daur ulang (Unsplash.com)

Liputan6.com, Jakarta Recycle adalah istilah yang kerap kali muncul saat berhubungan dengan limbah. Recycle adalah istilah yang juga dikenal dengan daur ulang. Dengan recycle, limbah diolah sedemikian rupa menjadi barang yang bisa digunakan kembali.

Recycle adalah upaya yang sangat bermanfaat bagi komunitas dan lingkungan. Mengolah limbah menjadi salah satu cara menyelamatkan lingkungan dari pemanasan global. Recycle adalah kegiatan yang bisa membantu menghemat uang, energi, dan sumber daya alam.

Recycle adalah upaya yang bisa dilakukan siapa saja. Kamu bisa melakukan recycle mulai dari hal-hal kecil seperti mengolah sampah plastik atau kertas. Recycle adalah bagian dari kebiasaan melestarikan lingkungan.

Recycle adalah kebiasaan yang sangat penting ditekankan pada masyarakat. Berikut pengertian tentang recycle, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (9/12/2020).

2 dari 8 halaman

Pengertian recycle

[Fimela] Daur ulang
Perbesar
Ilustrasi daur ulang | unsplash.com/@gary_at_unsplash

Recycle atau daur ulang adalah proses pengumpulan dan pemrosesan bahan yang seharusnya dibuang sebagai limbah dan mengubahnya menjadi produk baru. Recycle termasuk salah satu dari tiga langkah pengolahan limbah yaitu reduce, reuse, dan recycle.

Recycle adalah komponen kunci dari pengurangan limbah modern. Produksi limbah bisa ditekan dengan upaya recycle ini. Recycle bertujuan untuk kelestarian lingkungan. Hasil dari recycle juga bisa berguna bagi kehidupan sehari-hari.

Recycle mencegah emisi banyak gas rumah kaca dan polutan air, serta menghemat energi. Menggunakan bahan yang didaur ulang menghasilkan lebih sedikit limbah padat. Sebelum membuang sesuatu, pikirkan apakah semua atau sebagian darinya dapat didaur ulang.

3 dari 8 halaman

Bahan-bahan yang bisa di-recycle

Hasil Daur Ulang
Perbesar
Ilustrasi Hasil Daur Ulang (sumber: pixabay)

Bahan yang dapat di-recycle adalah seperti berbagai jenis kaca, kertas, karton, logam, plastik, ban, tekstil, baterai, dan elektronik.

Limbah kertas dan karton

Mendaur ulang kertas sangat penting untuk memastikan kamu mengurangi dampak lingkungan dan mengurangi limbah umum. Mendaur ulang kertas memerlukan 70% lebih sedikit energi daripada membuat kertas baru.

Plastik

Ada sekitar 50 kelompok plastik yang berbeda, dengan ratusan jenis yang berbeda. Sebagian besar jenis plastik dapat didaur ulang. Ini membantu mengurangi jumlah sampah yang dikirim ke TPA dan membantu mencegah sampah masuk ke laut.

Logam

Semua nilai logam non-ferrous dan ferrous dapat didaur ulang untuk digunakan di masa mendatang. Mendaur ulang satu kaleng minuman aluminium saja, dapat menghemat energi yang cukup untuk menyalakan televisi selama sekitar tiga jam.

4 dari 8 halaman

Bahan-bahan yang bisa di-recycle

Limbah
Perbesar
Ilustrasi Limbah Credit: pexels.com/Mali

Elektronik

Daur ulang barang elektronik adalah bagian spesialis dari industri limbah dan daur ulang yang bertujuan untuk mencegah barang elektronik dikirim ke tempat pembuangan sampah. Ini termasuk semua peralatan listrik dan elektronik, yang hampir semuanya menggunakan daya baterai atau steker seperti komputer, ponsel, dan TV.

Kayu

Kayu dapat digunakan kembali sebagai bahan bangunan, didaur ulang menjadi mulsa untuk lansekap dan, bahkan kayu bermutu rendah pun berguna karena dapat digunakan sebagai bahan bakar untuk menghasilkan energi yang ramah lingkungan.

Kaca

Kaca membutuhkan waktu sekitar satu juta tahun untuk terurai sepenuhnya. Kaca 100% dapat didaur ulang dan tidak pernah kehilangan kemurnian atau kualitasnya saat didaur ulang. Mirip dengan bahan daur ulang lainnya, kaca daur ulang juga menghemat banyak energi.

5 dari 8 halaman

Manfaat recycle

Jenis-Jenis Limbah B3
Perbesar
Ilustrasi Limbah Credit: unsplash.com/Jasmine

Recycle memberi manfaat terutama bagi lingkungan. Manfaat ini bisa dirasakan dan berdampak pada kehidupan dalam jangka panjang. Berikut manfaat positif dari recycle:

Menghemat sumber daya

Saat me-recycle, bahan bekas diubah menjadi produk baru, sehingga mengurangi kebutuhan untuk mengonsumsi sumber daya alam. Jika bahan bekas tidak didaur ulang, produk baru dibuat dengan mengekstraksi bahan mentah segar dari bumi. Ini seperti melalui pertambangan dan kehutanan. Recycle membantu melestarikan bahan baku penting dan melindungi habitat alami untuk masa depan.

Hemat energi

Menggunakan bahan daur ulang dalam proses pembuatannya menggunakan energi yang jauh lebih sedikit daripada yang dibutuhkan untuk menghasilkan produk baru dari bahan mentah. Ini bahkan bahkan ketika membandingkan semua biaya terkait termasuk transportasi.

Ditambah ada penghematan energi ekstra karena lebih banyak energi yang dibutuhkan untuk mengekstrak, memurnikan, mengangkut dan mengolah bahan baku siap industri dibandingkan dengan menyediakan bahan siap industri.

6 dari 8 halaman

Manfaat recycle

Digitalisasi Penanganan Sampah Makin Dibutuhkan
Perbesar
Ilustrasi sampah. (dok. Juan Pablo Serrano Arenas/Pexels)

Melindungi lingkungan

Daur ulang mengurangi kebutuhan untuk ekstraksi (penambangan, penggalian dan penebangan), pemurnian dan pengolahan bahan mentah yang semuanya menciptakan polusi udara dan air yang substansial. Karena proses recycle ini menghemat energi, itu juga mengurangi emisi gas rumah kaca, yang membantu mengatasi perubahan iklim.

Mengurangi timbunan sampah

Saat me-recycle, bahan yang dapat didaur ulang diolah kembali menjadi produk baru, dan akibatnya jumlah sampah yang dikirim ke TPA berkurang. Ini bisa membantu mengurangi tumpukan sampah yang berpotensi merusak lingkungan.

7 dari 8 halaman

Sekilas tentang reduce

Ilustrasi Stop Plastik Sekali Pakai
Perbesar
Ilustrasi stop plastik sekali pakai (Volodymyr Hryshchenko/Unsplash).

Setelah mengetahui apa itu recycle, penting juga mengetahui arti reduce dan reuse. Reduce berarti meminimalkan jumlah limbah yang dihasilkan sehari-hari. Mengurangi jumlah limbah yang dihasilkan adalah cara yang bagus untuk memberi manfaat bagi lingkungan.

Cara melakukan reduce adalah membeli barang yang hanya dibutuhkan, memilih produk dengan sedikit kemasan, membeli produk dalam jumlah besar, dan memilih produk atau kemasan yang bisa digunakan kembali.

8 dari 8 halaman

Sekilas tentang reuse

Ilustrasi daur ulang
Perbesar
Ilustrasi daur ulang (sumber: Pixabay)

Reuse adalah menggunakan kembali limbah yang masih bisa digunakan. Reuse mengacu pada penggunaan item lebih dari sekali. Reduce dan reuse adalah cara paling efektif untuk menghemat sumber daya alam, melindungi lingkungan, dan menghemat uang.

Langkah untuk melakukan reuse seperti menggunakan botol minum alih-alih membeli minuman kemasan dengan botol sekali pakai. Menggunakan kembali kantong plastik atau memilih kantong yang dapat digunakan kembali dan ramah lingkungan, atau menggunakan kembali wadah kosmetik untuk wadah keperluan lainnya.

Lanjutkan Membaca ↓