Sukses

Bayar Harga PS 5 Dua Kali Lipat saat Belanja Online, Pria Ini Malah Dapat Barang Aneh

Tetaplah berhati-hati saat berbelanja online.

Liputan6.com, Jakarta Sejak PlayStation 5 atau biasa disebut PS 5 mulai dirilis oleh Sony beberapa waktu yang lalu, antusiasme para penggemar game konsol terhadap PS 5 pun meningkat tajam. Meskipun tak main-main, harga yang dipatok untuk satu unit game konsol ini mulai dari Rp 7,2 Juta hingga Rp 8,2 Juta di Indonesia.

Meskipun harganya terbilang cukup mahal untuk satu unit game konsol, permintaan terhadap barang ini pun terus meningkat. Bahkan, bisa dibilang PS 5 masih menjadi suatu barang yang langka. 

Maka dari itu, untuk mendapatkan barang ini, sebagian orang yang menggilai game konsol tak mempermasalahkan harga yang harus mereka keluarkan meskipun itu dua kali lipat dari harga pasaran.

Namun, ternyata nasib apes menimpa pria asal Utah ini. Sudah membayar harga dua kali lipat dari pasaran PS 5, pria ini malah terkena tipu. 

Seperti apakah kisahnya? Berikut selengkapnya dirangkum dari berbagai sumber oleh Liputan6.com, Selasa (8/12/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Mendapatkan batako

Seorang pria asal Orem, Utah ini diketahui membeli PS 5 dari sebuah e-commerce dengan harga $878 atau ditaksir senilai Rp 12,5 Juta. Padahal, harga pasaran untuk game konsol ini di banderol dengan harga Rp 7 Juta. Maka bisa di bilang bahwa pria malang ini membayar hampir dua kali lipat untuk barang tersebut.

Namun, ketika paket tersebut sampai ke rumahnya, yang ia dapati hanyalah kardus PS 5 yang berisikan batako. Pria ini pun langsung melaporkan kejadian tersebut ke kepolisian setempat. Untungnya, kebijakan dari e-commerce tersebut dapat membuat pria ini tidak kehilangan uangnya.

 

3 dari 3 halaman

Menjual foto PS 5

Kasus serupa terkait PS 5 juga pernah terjadi. Dalam kasus ini, seorang penjual nakal di e-commerce menjual 'Foto PS 5 dan sebuah permen lolipop' . Jika Anda tidak teliti, maka bisa saja Anda terkecoh dengan hal ini.

Dalam penawaran produk, penjual nakal ini menuliskan judul "Sony PlayStation 5 Edisi Diskon - Foto. Kondisi baru dan akan dikirim melalui Australia Post Standard," 

Harga yang dibanderol oleh produk tersebut adalah AU $106.00 atau senilai dengan Rp 1,2 Juta. Tentunya, bagi orang yang tidak teliti, penawaran semacam ini bisa sangat mengecoh karena menarik, terlebih lagi dengan iming-iming diskon dan harga murah.

Maka dari itu, jika sedang berbelanja online, ada baiknya untuk teliti dan memperhatikan bagian judul maupun deskripsi produk. Jangan sampai hanya tergiur harga yang murah dan tidak masuk akal untuk sebuah produk.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.