9 Wisata Alam Purwakarta yang Indah dan Wajib Dikunjungi

Oleh Fakhriyan Ardyanto pada 07 Des 2020, 19:10 WIB
Diperbarui 07 Des 2020, 19:10 WIB
Waduk Jatiluhur, Menegaskan Eksotisme Alam Purwakarta
Perbesar
Waduk Jatiluhur, Menegaskan Eksotisme Alam Purwakarta (Foto: Purwakarta)

Liputan6.com, Jakarta Melakukan kegiatan wisata adalah salah satu cara efektif untuk melepas penat pekerjaan maupun rutinitas sehari-hari. Bahkan, dengan berwisata baik bersama keluarga atau teman, dapat pererat hubungan satu sama lain.

Cukup beruntung sebenarnya menjadi orang Indonesia. Sebab, tiap daerah yang ada di negara ini memiliki keindahan alamnya masing-masing. Salah satu daerah yang dikenal dengan aneka ragam obyek wisata alam dan wajib untuk dikunjungi yaitu Purwakarta. Sebab wisata alam Purwakarta sangat beragam. 

Kabupaten Purwakarta berbatasan dengan Kabupaten Karawang di bagian Utara dan sebagian wilayah Barat, Kabupaten Subang di bagian Timur serta sebagian wilayah bagian Utara, Kabupaten Bandung Barat di bagian Selatan, serta Kabupaten Cianjur di bagian Barat Daya.

Apabila melihat data BPS Kab. Purwakarta, wilayah Kab. Purwakarta jika dilihat dari relief buminya terbagi menjadi tiga bagian, yaitu pegunungan, perbukitan, danau, dan juga daratan. Maka tidak heran jika wisata alam Purwakarta sangat banyak dan patut dimasukkan ke dalam destinasi yang dituju.

Jadi, agar tidak membuat penasaran berikut ini Liputan6.com telah merangkum dari berbagai sumber, apa saja wisata alam Purwakarta yang layak dikunjungi tentunya selain Waduk Jatiluhur, Senin (7/12/2020).

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Wisata Alam Purwakarta

Gunung Lembu Purwakarta
Perbesar
Gunung Lembu Purwakarta

1. Gunung Lembu

Wisata alam Purwakarta tidak kalah populer dibandingkan Waduk Jatiluhur, yaitu Gunung Lembu. Untuk mencapai puncak gunung, memang dibutuhkan tenaga ekstra karena Anda harus mendaki melalui tanjakan yang cukup curam. Maka, sebelum menikmati wisata alam Purwakarta ini, ada baiknya untuk memastikan kondisi tubuh dalam keadaan prima.

Setelah selesai proses pendakian, Anda akan disambut pemandangan alam yang sangat indah, serta bisa meliha lanskap Kota Purwakarta juga Waduk Jatiluhur dari ketinggian. Dari lokasi puncak gunung, Anda juga bisa menikmati momen matahari terbenam yang memanjakan mata. 

2. Gunung Parang

Selain Gunung Lembu, Gunung Parang juga merupakan wisata alam Purwakarta yang patut dikunjungi. Di lokasi wisata ini, ada beragam aktivitas yang memacu adrenalin, salah satunya spot khusus bernama Badega Parang yang ditujukan untuk pencinta panjat tebing. Di area ini, terdapat besi-besi yang ditanam pada tebing sehingga Anda yang bukan pendaki profesional tetap bisa melakukan panjat tebing dengan aman.

3. Gunung Bongkok

Gunung Bongkok dikenal sebagai spot sunrise terbaik di Purwakarta. Puncak Gunung Bongkok ada di ketinggian kurang dari 1.000 mdpl dan relatif mudah didaki pemula. Saat di puncak gunung, ada dua spot yang bisa dipilih untuk menikmati pemandangan alam sekitar, yaitu Puncak Datar dan Puncak Batu Tumpuk. Kedua spot ini cocok untuk berfoto dengan latar belakang lanskap Kota Purwakarta, Gunung Parang, serta Waduk Jatiluhur.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Wisata Alam Purwakarta

Curug Cipurut
Perbesar
Curug ini dibagi menjadi tiga bagian.

4. Curug Cipurut

Lokasi wisata alam Purwakarta ini tepat di kaki Gunung Burangrang. Curug Cipurut dikelilingi pinus yang membuat asri dan sejuk. Debit air di Curug Cipurut juga tidak terlalu besar, sehingga relatif aman untuk pengunjung.

Ada dua rute perjalanan yang bisa ditempuh untuk menuju ke lokasi ini. Keduanya butuh waktu sekitar 1 jam perjalanan dari Terminal Wanayasa, kemudian melewati Kampung Cileungsing Kulon lalu langsung menuju Desa Wanayasa di mana Curug Cipurut berada. Sedangkan rute alternatif yang bisa dilalui dari Desa Sumurugul ke arah Bojong-Sawit.

5. Curug Suhada

Tempat wisata alam Purwakarta ini menawarkan pemandangan alam cukup lengkap. Mulai pepohonan, sawah, sampai pegunungan. Air terjun di Curug Suhada mengalir lewat tebing bebatuan dengan ketinggian sekitar 7 meter. Debit air curug ini tidak begitu deras dan cukup aman untuk dijadikan tempat bermain air atau berenang. Lokasi curug ini ada di Kampung Tajur, Desa Sindanglaya, Kecamatan Sukatani.

6. Sungai Cidomas

Sungai Cidomas ada di Parakan Garokgek, Kiarapedes, Kabupaten Purwakarta. Sayangnya, wisata alam Purwakarta ini belum dikelola dengan baik. Tapi jangan salah, lokasi wisata alam Purwakarta ini menyimpan begitu banyak keindahan.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Wisata Alam Purwakarta

Situ Wanayasa
Perbesar
Instagram @ardynuryanto.

7. Situ Wanayasa

Mungkin jika dibandingkan dengan wisata alam Purwakarta di atas tadi, Situ Wanayasa belum terlalu populer di telinga wisatawan. Kendati demikian, danau seluas 7 hektar tersebut punya pesona alam yang tak kalah indah. Pada bagian tengah danau, ada semacam dataran kecil yang jadi lokasi makam RA. Suriawinata yang merupakan salah satu pendiri Kabupaten Purwakarta.

Situ Wanayasa punya latar belakang pemandangan Gunung Burangrang. Wisata alam Purwakarta ini ada di ketinggian sekitar 600 mdpl. Maka tidak heran jika salah satu lokasi wisata alam Purwakarta ini punya cuaca yang cukup sejuk dan cocok sebagai lokasi relaksasi.

8. Kolam Mata Air Cijanun

Selain curug atau air terjun kecil, masih ada Kolam Mata Air Cijanun di Kampung Cijanun Lembangsari, Desa Cipendeuy, Kecamatan Bojong yang cocok dijadikan alternatif. Tempat ini sebenarnya adalah kolam pemandian air alami biasa. Tapi, Kolam mata Air Cijanun punya pemandangan alam yang sangat indah.

Area kolam pemandian dikelilingi perbukitan dan bebatuan yang memungkinkan Anda berendam sembari menikmati pemandangan. Anda juga tidak dikenakan biaya untuk masuk ke area wisata alam Purwakarta ini. 

9. Pasir Langlang Panyawangan

Wisata alam Purwakarta yang terakhir yaitu Pasir Langlang Panyawangan. Lokasi wisata alam ini adalah kompleks hutan pinus yang ada di Desa Pasir Muncang, Kecamatan Kiarapedes. Jadi tidak heran apabila udara di lokasi wisata alam Purwakarta ini sangat sejuk.

Itu tadi aneka wisata alam Purwakarta yang bisa dikunjungi. Selamat merencanakan liburan bersama keluarga dan kerabat dekat, ya.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya