10 Wisata Kuliner Malam Jogja Populer, Manjakan Lidah

Oleh Anugerah Ayu Sendari pada 07 Des 2020, 14:45 WIB
Diperbarui 07 Des 2020, 14:45 WIB
sate sapi
Perbesar
Ilustrasi sate./Copyright pexels.com/@samerdaboul

Liputan6.com, Jakarta Wisata kuliner malam Jogja merupakan destinasi menarik di kota istimewa ini. Jogja menawarkan ragam kuliner yang siap memanjakan lidah. Sebagai kota wisata, hiruk pikuk malam hari di Jogja jadi daya tarik tersendiri.

Salah satu daya tarik tersebut adalah wisata kuliner malam Jogja. Ada banyak destinasi wisata kuliner malam Jogja yang bisa dicoba. Wisata kuliner malam Jogja ini bahkan sangat populer ditelinga pencinta kuliner malam.

Wisata kuliner malam Jogja sangat cocok bagi kamu yang ingin menghabiskan malam di kota budaya ini. Wisata kuliner malam Jogja bisa buka dari sore sampai dini hari. Wisata kuliner malam Jogja juga punya banyak peminat, bahkan sampai rela antre.

Berikut 10 wisata kuliner malam Jogja, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (7/12/2020).

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Wisata kuliner malam Jogja: Gudeg

Ilustrasi Gudeg | Wikimedia Commons
Perbesar
Ilustrasi Gudeg | Wikimedia Commons

Gudeg Bromo Bu Tekluk

Gudeg bromo sudah ada sejak tahun 1984. Gudeg Bromo menyajikan gudeg basah yang disiram areh gurih ditemani oleh sambal krecek pedas dan berbagai lauk tambahan seperti ayam suwir, telur bacem, tahu, tempe, ceker hingga kepala ayam. Jika biasanya sambal krecek terbuat dari daging sapi, di sini sambal krecek diolah dari kulit daging kerbau sehingga tidak mudah hancur saat dimasak.

Gudeg Bromo buka dari pukul 11 malam sampai habis, biasanya hingga pukul 5 dini hari. Gudeg Bromo Bu Tekluk berlokasi di di Jl. Affandi No. 2A, Caturtunggal, Depok, Sleman, Yogyakarta.

Gudeg Pawon

Wisata kuliner malam Jogja yang populer dan wajib dikunjungi adalah Gudeg Pawon. Dinamakan Gudeg Pawon, karena pengunjung bisa langsung menyantap gudeg langsung di pawon atau dapur. Gudeg Pawon merupakan warung gudeg yang fenomenal karena antreannya yang tak pernah sepi. Gudeg Pawon berada tepat di Jalan Janturan Nomor 36, Warungboto, Umbulharjo. Gudeg Pawon kini buka mulai dari pukul 6 sore hingga 9 malam.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Wisata kuliner malam Jogja: Sate klatak dan oseng mercon

Sate
Perbesar
Ilustrasi/copyright pixabay.com

Sate Klatak Pak Bari

Sate Klatak Pak Bari merupakan salah satu wisata kuliner malam Jogja yang cukup terkenal. Apalagi saat tempat ini dijadikan salah satu destinasi yang dikunjungi Cinta dan Rangga di film AADC 2.

Sate Klatak Pak Bari terletak di Pasar Wonokromo, Jalan Imogiri Timur No.5, Wonokromo, Pleret, Bantul,Yogyakarta. Sate Klatak Pak Bari buka pada pukuk 06.30 sore hingga pukul 1 dini hari.

Oseng Mercon Bu Narti

Wisata kuliner malam Jogja selanjutnya adalah Oseng Mercon Bu Narti. Kuliner satu ini cocok bagi kamu pencinta makanan pedas. Oseng Merco Bu Narti berada di Jalan KH Ahmad Dahlan (sebelah barat RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta) ini.

Oseng mercon berisi kikil, gajih, kulit, dan tulang muda ini punya rasa yang sangat pedas. Oseng Mercon Bu Narti buka dari jam 5 sore sampai tengah malam.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Wisata kuliner malam Jogja: angkringan

Wisata Kuliner Jogja
Perbesar
Aneka Makanan Angkringan / Sumber: iStock

Angkringan KR

Wisata kuliner malam Jogja yang wajib disinggahi adalah angkringan. Angkringan adalah kuliner yang dijajakan dengan sebuah gerobak dorong untuk menjual berbagai macam makanan dan minuman di pinggir jalan.

Salah satu angkringan di Jogja yang cukup terkenal adalah Angkringan KR. Angkringan ini berada di Jl. P. Mangkubumi, Gowongan, Jetis, Yogyakarta. Tepatnya didepan kantor Kedaulatan Rakyat.

Angkringan ini menyediakan makanan seperti nasi kucing, aneka sate, minuman hangat dan es serta gorengan. Harganya mulai Rp 1.000 saja. Angkringan KR buka mulai pukul 4 sore sampai 5 dini hari.

Angkringan Lik Man

Angkringan Lik Man terkenal dengan kopi jos yang dimilikinya. Berlokasi tidak jauh dari Malioboro, atau tepatnya di Jalan Wongsodirjan, sebelah utara Stasiun Tugu Yogyakarta, angkringan yang satu ini tidak pernah sepi dari pengunjung, terlebih pada akhir pekan.

Kopi joss merupakan kuliner yang populer di Jogja. Kopi joss ini begitu istimewa karena disajikan dengan arang panas di dalam segelas kopinya. Kopi joss milik Lik Man sendiri sudah ada sejak 1967. Kamu bisa mengunjungi Angkringan Lik Man mulai dari pukul 2 sore hingga 3 dini hari.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Wisata kuliner malam Jogja: nasi teri dan soto

Nasi campur
Perbesar
Nasi campur (sumber: Pixabay)

Nasi Teri Gejayan

Wisata kuliner malam Jogja yang populer selanjutnya adalah Nasi Teri Gejayan. Menu yang disajikan adalah nasi yang dicampur dengan teri yang sudah dimasak pedas, kering tempe dan kacang, sayur labu siam, dan campuran dari kuah-kuahan yang berbahan dasar santan.

Tersedia juga berbagai lauk seperti ikan goreng, ayam balado, telur mata sapi goreng dan balado, tahu goreng, tempe garit, bakwan jagung dan masih banyak lagi. Nasi teri ini buka mulai pukul 22.00 hingga habis yang bisa sampai dini hari.

Soto Sampah

Soto Sampah dijuluki demikian karena memang memiliki rempah-rempah dan campuran di dalam soto yang beragam dan mirip sampah. Meski namanya tidak mengguggah selera, soto ini punya cita rasa akan memanjakan lidah. Soto Sampah buka mulai dari pukul 7 pagi hingga setengah 3 pagi. Soto Sampah berada di Jalan Kranggan, Cokrodiningratan, Kota Yogyakarta.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Wisata kuliner malam Jogja: olahan mi

Ilustrasi Mi Instan
Perbesar
Ilustrasi Mi Instan (pixabay.com)

Mie Nyemek Bu Siti

Mie Nyemek Bu Siti sudah ada sejak tahun 2002. Warung mi ini berlokasi di Jalan Sisigamangaraja Nomor 39 Kelurahan Brontokusuman Kecamatan Mergangsan, Kota Yogyakarta.

Mi yang disajikan di tempat ini bukan hanya sekedar mi instan yang direbus, namun mi tersebut dimasak dengan dicampur bumbu tambahan serta sayuran sehingga rasanya begitu spesial. Penambahan beragam bumbu seperti bawang putih, cabai rawit, kecap, dan tambahan sayur berupa sawi menjadikan rasa mi instan semakin menggoyang lidah.

Bakmi Jawa Pak Pele

Wisata kuliner malam Jogja selanjutnya adalah Bakmi Jawa Pak Pele. Ciri khas Bakmi Jawa Pak Pele adalah penggunaan telur bebek sebagai campuran bakmi Jawa dan penggunaan ayam kampung sebagai bahan utama pembuat kaldu. Meskipun menggunakan telur bebek, tidak ada rasa amis pada hidangan ini.

Sajian Bakmi Jawa Pak Pele sangat lengkap. Mulai dari bakmi goreng, bakmi godhog (rebus), dan bakmi nyemek yang berkuah sedikit bisa dipilih sesuai selera. Pilihan bakminya terdiri dari bakmi kuning ataupun bakmi bihun.

Warung bakmi ini buka mulai pukul setengah 5 sore sampai 11 malam. Bakmi Jawa Pak Pele berlokasi di Pojok Tenggara Alun-Alun Utara, Panembahan, Keraton atau di Desa Sembungan, Bangunjiwo, Kasihan, Bantul.

 

Lanjutkan Membaca ↓