12 Gejala Penyakit Jantung Secara Umum, Tak Boleh Diabaikan

Oleh Anugerah Ayu Sendari pada 06 Des 2020, 12:00 WIB
Diperbarui 06 Des 2020, 12:00 WIB
[Fimela] jantung
Perbesar
Ilustrasi jantung | unsplash.com/@alexacea

Liputan6.com, Jakarta Gejala penyakit jantung perlu diwaspadai sedini mungkin. Penyakit jantung merupakan salah satu penyebab kematian terbesar di dunia. Penyakit jantung adalah sebutan untuk beberapa kondisi abnormal pada jantung dan pembuluh darah.

Penyakit jantung bisa meliputi penyakit arteri korona, penyakit arteri periferal, aritmia, penyakit katup jantung, dan penyakit jantung bawaan. Penyakit jantung bisa dialami siapa saja baik tua, muda, wanita, pria, dan ras apapun. Gejala penyakit jantung terkadang kerap diabaikan. 

Ada serangkaian gejala penyakit jantung yang biasanya bisa dirasakan. Gejala penyakit jantung ini bisa muncul mulai dari fase awal hingga fase kronis. Jika Anda berisiko terkena penyakit jantung, penting mengenali gejala penyakit jantung.

Jenis penyakit jantung yang berbeda dapat menyebabkan berbagai gejala penyakit jantung yang berbeda pula. Namun, ada sejumlah gejala penyakit jantung secara umum yang bisa dikenali.

Berikut gejala penyakit jantung, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Minggu(6/12/2020).

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Gejala penyakit jantung

Gambar Ilustrasi Penyakit Jantung
Perbesar
Sumber: Freepik

Nyeri dada

Kebanyakan orang yang memiliki masalah jantung mengalami semacam nyeri dada atau ketidaknyamanan. Nyeri dada adalah tanda umum serangan jantung. Nyeri juga bisa berupa sesak dada atau merasa seperti diremas.

Terkadang ketidaknyamanan ini bisa terlihat buruk selama beberapa menit dan kemudian hilang. Kadang pula rasa tidak nyaman datang kembali berjam-jam atau bahkan sehari kemudian. Ini semua bisa menjadi pertanda otot jantung tidak mendapatkan cukup oksigen.

Sesak napas

Sesak napas adalah salah satu gejala penyakit jantung secara umum. Ini karena pernapasan dan jantung memompa darah secara terkait. Jantung memompa darah sehingga dapat bersirkulasi ke jaringan serta mendapatkan oksigen dari paru-paru. Jika jantung tidak dapat memompa darah dengan baik, seseorang bisa merasa sesak napas.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Gejala penyakit jantung

Pria Berkeringat Gerah
Perbesar
Ilustrasi Foto Pria Berkeringat (iStockphoto)

Rasa nyeri menjalar ke bagian lain

Rasa sakit dan sesak juga dapat menjalar di area lain dari tubuh. Kebanyakan orang mengaitkan serangan jantung dengan rasa sakit yang turun di lengan kiri. Itu bisa terjadi, tetapi rasa sakit juga bisa muncul di lokasi lain, termasuk perut atas, bahu, punggung, leher, gigi atau rahang.

Berkeringat tanpa sebab

Berkeringat lebih dari biasanya terutama jika tidak berolahraga atau aktif bisa menjadi tanda peringatan dini masalah jantung. Memompa darah melalui arteri yang tersumbat membutuhkan lebih banyak upaya dari jantung. Ini membuat tubuh lebih berkeringat untuk menjaga suhu tubuh selama menghasilkan tenaga ekstra. Jika mengalami keringat dingin atau kulit lembab sepanjang hari, segera hubungi dokter.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Gejala penyakit jantung

Gambar Ilustrasi Wanita Merasa Lelah
Perbesar
Sumber: Unsplash

Kelelahan

Jika tiba-tiba merasa lelah atau kehabisan napas setelah melakukan sesuatu yang sebelumnya tidak bermasalah, ini bisa menjadi tanda adanya masalah jantung.

Kelelahan yang ekstrim atau kelemahan yang tidak dapat dijelaskan, terkadang selama berhari-hari, bisa menjadi gejala penyakit jantung, terutama bagi wanita.

Kaki bengkak

Kaki bengkak bisa jadipertanda bahwa jantung tidak memompa darah seefektif yang seharusnya. Ketika jantung tidak dapat memompa cukup cepat, darah kembali ke pembuluh darah dan menyebabkan pembengkakan.

Gagal jantung juga dapat mempersulit ginjal untuk mengeluarkan kelebihan air dan natrium dari tubuh, yang dapat menyebabkan bengkak.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Gejala penyakit jantung

Jantung
Perbesar
Ilustrasi kesehatan jantung (sumber: pixabay)

Jantung berdebar

Jantung berdebar dapat berkisar dari merasa seperti jantung berdetak kencang hingga mengalami perubahan irama jantung yang bisa terasa seperti jantung berdebar-debar.

Irama jantung tidak normal

Jantung dan tubuh mengandalkan detak yang konsisten dan mantap untuk menggerakkan darah ke seluruh tubuh. Jika irama keluar dari ritme, ini bisa menjadi tanda adanya masalah jantung. Jika Anda merasa jantung berdegup kencang lebih dari beberapa detik, atau jika itu sering terjadi, beri tahu dokter segera.

Perubahan ritme jantung tidak boleh diabaikan, karena begitu jantung secara konsisten keluar dari ritme, itu memerlukan intervensi medis untuk kembali ke ritme. Jika jantung berdebar disertai pusing, tekanan dada, nyeri dada, atau pingsan, itu bisa menjadi konfirmasi bahwa serangan jantung sedang terjadi.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Gejala penyakit jantung

ilustrasi peppermint membantu menghilangkan sakit kepala/pexels
Perbesar
ilustrasi sakit kepala/pexels

Sakit kepala, pusing atau pening

Sakit kepala ringan dan pusing dapat terjadi seringkali merupakan gejala penyakit jantung. Beberapa wanita melaporkan bahwa mereka merasa akan pingsan jika mereka mencoba berdiri atau memaksakan diri. Sensasi ini tentu bukan perasaan yang normal dan tidak boleh diabaikan jika mengalaminya.

Sakit Tenggorokan atau Rahang

Dengan sendirinya, sakit tenggorokan atau rahang mungkin tidak berhubungan dengan jantung. Kemungkinan besar, ini disebabkan oleh masalah otot, flu, atau masalah sinus. Namun jika Anda mengalami nyeri atau tekanan di bagian tengah dada yang menyebar hingga ke tenggorokan atau rahang, itu bisa menjadi tanda masalah jantung bahkan serangan jantung.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Gejala penyakit jantung

ilustrasi tidur cepat menaikkanberat badan/pexels
Perbesar
ilustrasi tidur/pexels

Mendengkur

Mendengkur sedikit adalah hal yang wajar saat tidur. Tapi dengkuran yang luar biasa keras yang terdengar seperti terengah-engah atau tersedak bisa menjadi tanda sleep apnea. Sleep apnea memberi tekanan ekstra pada jantung. Kondisi ini kerap dikaitkan dengan gejala penyakit jantung.

Batuk yang tak kunjung sembuh

Dalam banyak kasus, ini bukanlah pertanda masalah jantung. Tetapi jika Anda menderita penyakit jantung atau tahu adanya risiko, perhatikan kemungkinannya.

Jika Anda mengalami batuk yang berlangsung lama dan mengeluarkan lendir berwarna putih atau merah muda, itu bisa menjadi tanda gagal jantung. Ini terjadi ketika jantung tidak dapat memenuhi permintaan tubuh, menyebabkan darah bocor kembali ke paru-paru.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya