5 Manfaat Konsumsi Mangga untuk Kecantikan Kulit Wajah

Oleh Husnul Abdi pada 03 Des 2020, 14:05 WIB
Diperbarui 03 Des 2020, 14:05 WIB
Mangga
Perbesar
Mangga (sumber: Charles Deluvio on Unsplash)

Liputan6.com, Jakarta Manfaat konsumsi mangga untuk kecantikan dipengaruhi oleh kandungan nutrisinya. Selain memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan karena kandungan vitamin C, vitamin E, vitamin A, dan kandungan lainnya, mengonsumsi mangga juga baik untuk kulit wajah.

Mangga mengandung cukup banyak vitamin penting, asam folat, dan tembaga yang semuanya berperan penting untuk menjaga kesehatan kulit. Selain itu, antioksidan yang tinggi pada buah mangga dapat membantu mencegah dan mengurangi tanda kerusakan kulit akibat sinar matahari dan penuaan dini.

Manfaat konsumsi mangga untuk kecantikan bisa kamu jadikan makanan sehari-hari. Kamu bisa mengonsumsi buah mangga secara rutin dengan tetap membatasi porsinya agar mendapatkan berbagai khasiatnya.

Berikut Liputan6.comr rangkum dari berbagai sumber, Kamis (3/12/2020) tentang manfaat konsumsi mangga untuk kecantikan.

2 dari 6 halaman

Melindungi Kulit dari Sinar Matahari

Melindungi Kulit dari Sinar Matahari
Perbesar
Melindungi Kulit dari Sinar Matahari. (via: vicare.vn)

Manfaat konsumsi mangga untuk kecantikan yang pertama adalah melindungi kulit dari sinar matahari. Antioksidan di dalam mangga memiliki potensi untuk mengurangi timbulnya berbagai tanda kerusakan akibat paparan sinar matahari. Prosesnya yaitu mengurangi oksidasi sel kulit.

Selanjutnya, mangga juga bermanfaat dalam mengatasi belang karena terbakar matahari. Kamu bisa menggunakan mangga untuk mengembalikan warna asli kulit. Buah ini punya komponen mendinginkan dan memutihkan alami dan menutrisi kulit yang terbakar matahari.

Kandungan vitamin A dan vitamin C dalam mangga akan menyediakan nutrisi penting untuk mengembalikan kondisi kulit yang terbakar matahari.

3 dari 6 halaman

Meningkatkan Jumlah Kolagen

Manfaat konsumsi mangga untuk kecantikan berikutnya adalah meningkatkan jumlah kolagen. Hal ini berkaitan dengan kadar vitamin C yang tinggi pada mangga dibutuhkan tubuh untuk memproduksi kolagen. Kolagen sendiri adalah protein asam amino yang berfungsi penting untuk pertumbuhan sel kulit.

Kolagen bekerja dengan keratin untuk membentuk jaringan kulit yang lebih sehat, bersih, halus, dan cantik. Selain itu, kolagen berfungsi juga untuk meningkatkan elastisitas kulit. Jadi, kulit tidak mudah kendur atau keriput.

4 dari 6 halaman

Mengurangi Jerawat

Mengurangi Jerawat
Perbesar
Mengurangi Jerawat. Credit: pexels.com/AndreaPiacquadio

Kurangnya asupan vitamin A diduga dapat membuat risiko timbulnya jerawat jadi lebih besar. Sebab, kondisi ini bisa mendorong produksi protein keratin di tubuh secara berlebihan. Produksi keratin terlalu banyak bisa mengakibatkan penyumbatan folikel rambut dan kelenjar keringat. Hal ini dapat berujung pada timbulnya jerawat.

Manfaat konsumsi mangga untuk kecantikan selanjutnya tentu berhubungan dengan kandungan vitamin A yang sangat tinggi. Jadi, bisa mengurangi pertumbuhan jerawat pada kulit wajah maupun bagian tubuh lainnya.

Namun, makan mangga saja tidak cukup untuk mencegah jerawat. Upaya ini perlu diimbangi juga dengan pola hidup sehat dan rajin membersihkan muka dengan maksimal.

5 dari 6 halaman

Menjadikan Kulit Bercahaya

Manfaat konsumsi mangga untuk kecantikan kulit wajah selanjutnya adalah menjadikan kulit bercahaya. Mangga merupakan buah yang dipercayai dapat mengurangi noda hitam pada wajah.

Tak hanya noda hitam, bahkan jerawat pun kalah melawan vitamin A yang terkandung dalam buah mangga sehingga kulit menjadi putih dan halus. Vitamin A dan beta karoten dalam buah mangga membantu proses regenerasi dan meremajakan kulit.

6 dari 6 halaman

Mencegah Penuaan Dini

ilustrasi penuaan dini/pexels
Perbesar
ilustrasi penuaan dini/pexels

Mengatasi tanda penuaan atau keriput merupakan salah satu manfaat konsumsi mangga untuk kecantikan. Antioksidan yang terkandung dalam buah mangga dapat membantu melawan tanda-tanda penuaan seperti keriput dan pigmentasi. Selain itu juga berfungsi untuk melindungi kulit dari radikal bebas berbahaya.

Mangga mengandung banyak antioksidan dan kolagen yang bisa membuat kulit kenyal dan halus serta membuat kulit kencang. Secara otomatis mangga juga bisa mencegah penuaan dini karena efek antioksidan yang menjaga kulit dari radikal bebas dan menutrisi kulit dengan kolagen yang membuat kulit nampak awet muda dan kencang.

Lanjutkan Membaca ↓