8 Manfaat Minum Air Dingin untuk Tubuh, Bisa Turunkan Berat Badan

Oleh Fakhriyan Ardyanto pada 02 Des 2020, 21:30 WIB
Diperbarui 02 Des 2020, 21:30 WIB
Air Dingin - Image by Bruno /Germany from Pixabay
Perbesar
Air Dingin - Image by Bruno /Germany from Pixabay

Liputan6.com, Jakarta Menjaga tubuh agar selalu terhidrasi sangat penting dilakukan. Cara paling sederhana dengan mengonsumsi air putih. Umumnya, air putih bisa diminum pada suhu normal, hangat atau mungkin dingin. Tapi banyak yang percaya jika tidak ada manfaat minum air dingin. Bahkan minum air dingin dianggap kebiasaan buruk yang dipercaya bisa membahayakan kesehatan dalam jangka panjang.

Perihal tidak adanya manfaat minum air dingin tersebut, didasarkan pada gagasan yang menyatakan jika minum air dingin bisa membuat perut sakit, hingga menyebabkan perut menjadi lebih sulit untuk mencerna makanan. Selain itu, banyak orang percaya jika tubuh harus bekerja lebih keras untuk mempertahankan suhu internal 37 ° C apabila minum air dingin yang sudah mendekati suhu es, tepatnya kurang dari 4 ° C.

Sedangkan dalam pengobatan Tiongkok kuno, mengonsumsi air dingin bersamaan dengan makanan panas dianggap menciptakan ketidakseimbangan. Maka tidak heran jika makanan dalam budaya Cina disajikan dengan pendamping air hangat atau teh panas. Hal ini  turut tercermin pada beberapa budaya lain di seluruh dunia.

Memang, ketika kondisi tubuh tidak fit, tidak ada manfaat minum air dingin yang bisa dirasakan, bahkan cenderung bisa memperparah kondisi tubuh. Namun, tahukah Anda jika ada beberapa manfaat minum air dingin yang ternyata baik bagi tubuh? Berikut manfaat minum air dingin yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (2/12/2020).


Manfaat Minum Air Dingin

Memulai Topik Pembicaraan dengan Mengomentari Bentuk Tubuh
Perbesar
Ilustrasi Timbangan Berat Badan Credit: pexels.com/pixabay

1. Meningkatkan metabolisme

Manfaat minum air dingin yang pertama mampu meningkatkan metabolisme tubuh. Sudah sangat banyak studi dan praktisi kesehatan yang mengungkapkan jika laju metabolisme yang cepat menjadi indikator kesehatan yang baik. Dengan mengonsumsi air dingin, maka proses laju metabolisme dapat meningkat.

Dari sini dapat diambil kesimpulan, apabila mitos jika minum air dingin justru akan menyebabkan perut kesulitan mencerna makanan ada baiknya tidak dipercaya. Bahkan, pada studi terbaru di beberapa jurnal kesehatan menyatakan, minum air dingin akan mempercepat proses pengaktifan mekanisme yang mempercepat pembakaran kalori untuk menghasilkan panas dalam tubuh. Maka dari itu, manfaat minum air dingin secara teratur justru membantu meningkatkan laju metabolisme tubuh.

 

2. Menurunkan berat badan

Sudah dijelaskan sebelumnya, jika manfaat minum air dingin dapat membantu membakar beberapa kalori ekstra saat tubuh mencernanya karena tubuh harus bekerja lebih keras untuk mempertahankan suhu inti. Maka dari itu, kalori yang tersimpan dalam tubuh maupun kalori dari berbagai makanan bisa lebih cepat terbakar dengan konsumsi air dingin.


Manfaat Minum Air Dingin

Ilustrasi fitness di gym.
Perbesar
Ilustrasi fitness di gym. (Photo by Anatase Maragos on Unsplash)

3. Perbaiki mood

Ada beberapa bagian tertentu di lobus temporal otak manusia dan bertanggung jawab untuk menjaga suasana hati. Untuk merangsangnya perlu diberi air dingin. Maka tidak heran, apabila orang yang berperilaku agresif lebih baik diberi segelas air dingin, sebab bisa memicu hormon bahagia dalam tubuh serta menurunkan agresi.

 

4. Cepat mengembalikan energi

Manfaat minum air dingin selama olahraga bisa membantu untuk mencegah tubuh lelah dan gerah. Sebab minum air dingin akan memudahkan tubuh mempertahankan suhu inti yang lebih rendah. Dalam beberapa penelitian menunjukkan, bahwa minum air dingin selama olagraga bisa meningkatkan kinerja serta daya tahan seseorang.

Begitupun dengan hasil studi tahun 2012 yang melibatkan 45 pria yang sehat secara fisik, menemukan bahwa minum air dingin selama olahraga akan signifikan mengurangi kenaikan suhu tubuh inti dibanding konsumsi air suhu ruang.

Minum air dingin bisa menyerap panas dan mendinginkan tubuh dari dalam. Selain itu, air dingin mampu melawan dehidrasi lebih cepat dibandingkan air hangat, karena air dingin lebih cepat memasuki aliran darah.


Manfaat Minum Air Dingin

Orang Produktif Fokus Pada Satu Pekerjaan, Orang Sibuk Berusaha Multitasking
Perbesar
Ilustrasi Fokus Pada Pekerjaan Credit: pexels.com/pixabay

5. Menjaga kekebalan tubuh

Minum air dingin juga bisa meningkatkan kekebalan tubuh. Sebab, air dingin akan bekerja pada sel-sel darah putih dan merah di dalam tubuh, serta menjaga keseimbangan besar di antara keduanya.

 

6. Meningkatkan produksi adrenalin

Manfaat minum air dingin juga dapat merangsang produksi adrenalin. Adrenalin akan membantu Anda selalu waspada dan siap secara mental. Dalam sebuah penelitian menunjukkan, selain kafein, minum air dingin bisa membantu pikiran tetap fokus dan waspada karena produksi adrenalin yang lebih baik.


Manfaat Minum Air Dingin

Menghaluskan Kulit Wajah
Perbesar
Ilustrasi Kulit Wajah yang Terawat Credit: pexels.com/pixabay

7. Meningkatkan produksi hormon

Hormon merupakan zat kimia penting yang diproduksi dalam tubuh manusia bersumber dari berbagai kelenjar. Dalam studi terbaru mengungkapkan jika manfaat minum air dingin akan berdampak positif pada hormon di dalam tubuh, terutama testosteron dan estrogen.

Testosteron sering dikaitkan dengan dorongan seksual, serta berperan penting dalam produksi sperma. Selain itu, testosteron juga memengaruhi massa tulang dan otot, cara pria menyimpan lemak dalam tubuh, bahkan berpengaruh pada produksi sel darah merah.

Sedangkan estrogen merupakan hormon seks yang menjaga pengembangan dan pemeliharaan karakteristik wanita dalam tubuh manusia. Air dingin akan membantu untuk mempertahankan kehidupan seks yang baik.

 

8. Menjaga kecantikan

Lalu, manfaat air dingin yang terakhir mampu menjaga kulit agar cerah alami dan akan membentuk tekstur kulit yang halus. Asupan air dingin bisa mendorong darah mengalir ke permukaan kulit serta memberi cahaya yang sehat dan pori-pori yang lebih kecil.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya