Sukses

8 Langkah Melindungi Diri saat Salah Satu Kelurga di Rumah Terpapar COVID-19

Lakukan langkah ini ketika salah satu anggota keluarga terpapar COVID-19

Liputan6.com, Jakarta Ketika salah satu anggota keluarga di rumah dinyatakan positif COVID-19, kekhawatiran pasti akan muncul. Tinggal bersama orang yang dinyatakan positif COVID-19 tidak hanya membuat stres, tetapi juga meningkatkan risiko tertular virus.

Dilansir Liputan6.com dari Healthline, menurut, Dr. David Hirschwerk dokter penyakit dalam dan penyakit menular di Northwell Health, anggota keluarga di rumah memiliki sekitar 50 persen risiko infeksi ketika seseorang yang tinggal di rumahnya terinfeksi.

Jika seorang anggota keluarga dalam satu rumah terkena COVID-19, ada cara untuk melindungi diri sambil saling mensupport satu sama lain. Berikut langkah melindungi diri kaat satu anggota keluarga terpapar COVID-19, dilansir Liputan6.com dari Healthline, Jumat(27/11/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman

Langsung lakukan tes

Jika seseorang di rumah dinyatakan positif COVID-19, segera lakukan tes PCR COVID-19 untuk diri sendiri dan anggota keluarga lain yang tinggal satu rumah secepat mungkin, kata Dr. Scott Braunstein, direktur medis Sollis Health di Los Angeles.

“Namun, meskipun hasilnya negatif, itu tidak mengesampingkan infeksi dini, ketika viral load bisa di bawah tingkat deteksi, menyebabkan tes negatif palsu,” kata Braunstein kepada Healthline.

“Kami tahu bahwa sensitivitas tes meningkat secara dramatis pada 5 hingga 7 hari setelah paparan terakhir, jadi Anda akan perlu mendapatkan tes PCR COVID-19 kedua selama atau setelah periode itu.”

"Jika Anda tidak dapat memperoleh, atau memilih untuk tidak dites, melakukan karantina selama 14 hari selama tidak menunjukkan gejala apa pun, adalah pilihan lain," kata Braunstein.

Siapa pun yang melakukan kontak dengan orang yang terinfeksi COVID-19 juga harus diberi tahu.

“Anggota rumah dan semua kontak dekat lainnya harus dianggap positif,” kata Braunstein.

3 dari 9 halaman

Batasi kontak

Jika orang yang positif COVID-19 melakukan karantina mandiri di rumah, ada beberapa langkah yang harus dilakukan. Penderita COVID-19 harus memisahkan diri dari orang lain di rumah. Jika memungkinkan, pengidap COVID-19 harus menggunakan kamar tidur dan kamar mandi terpisah.

Setiap orang di rumah harus menjauh setidaknya dua meter dari pengidap COVID-19. Orang dengan COVID-19 harus dikarantina minimal 14 hari sejak timbulnya gejala atau tes positif, dan lebih lama dalam kasus yang parah, kata Braunstein.

Jika Anda berada dalam ruang sempit, jauhkan pengidap COVID-19 dari orang lain, kata Dr. Bruce E. Hirsch, dokter dan asisten profesor di divisi penyakit menular di Northwell Health.

“Sebagian besar waktu, semakin jauh dari orang itu berarti bahkan jika Anda terpapar, Anda terpapar pada dosis yang lebih rendah,” kata Hirsch kepada Healthline.

4 dari 9 halaman

Biarkan jendela tetap terbuka

Untuk meningkatkan ventilasi di tempat tinggal, jaga agar jendela tetap terbuka semaksimal mungkin, meskipun ini berarti bisa menaikkan suhu ruangan menjadi panas.

“Ini sangat penting ketika mengingat bahwa di dalam ruangan, virus dapat tetap berada di udara dalam tetesan yang sangat kecil dan berpotensi menginfeksi orang lain,” kata Hirschwerk.

5 dari 9 halaman

Gunakan masker

Orang yang sakit harus memakai masker saat berada di sekitar orang lain, dan siapa pun yang tinggal bersama mereka harus memakai masker atau penutup wajah juga.

“Harus ada ambang batas yang sangat rendah untuk penggunaan masker (sebanyak mungkin) di antara semua anggota rumah, terutama individu yang terinfeksi,” kata Hirschwerk.

“Masker membantu menahan infeksi pernafasan dari hidung dan mulut orang yang terinfeksi. Namun data yang lebih baru mendukung bahwa masker juga melindungi individu agar tidak terinfeksi."

Meski memakai masker tidak menjamin perlindungan 100 persen terhadap penularan virus COVID-19, Hirsch mengatakan hal itu dapat mengurangi peluang.

"Masker bedah itu bagus, terutama jika tertutup rapat. Masker kain lebih baik daripada tidak sama sekali, ”kata Hirsch.

Mengenakan kacamata saat Anda berada di dekat orang dengan COVID-19 "dapat melindungi dari masuknya virus langsung ke selaput lendir mata," tambah Hirsch.

6 dari 9 halaman

Cuci tangan dan desinfeksi semua permukaan

Sering-seringlah mencuci tangan dengan sabun dan air setidaknya selama 20 detik, terutama setelah berada di dekat orang yang sakit. Gunakan pembersih tangan yang mengandung setidaknya 60 persen alkohol, jika sabun dan air tidak tersedia. Hindari menyentuh mata, hidung, dan mulut dengan tangan yang belum dicuci.

“Mencuci tangan sangat membantu dan sangat masuk akal di sekitar orang yang sakit, dan penting bagi orang yang sakit untuk mencuci tangan juga,” kata Hirsch.

Disarankan juga melakukan pembersihan dan mendesinfeksi permukaan dan barang-barang yang “bersentuhan tinggi” setiap hari, seperti meja, kenop pintu, sakelar lampu, pegangan, meja, toilet, keran, bak cuci, dan elektronik.

7 dari 9 halaman

Andalkan sumber tepercaya

Meskipun tergoda untuk mendengarkan apa yang dikatakan teman, keluarga, dan orang-orang di media sosial, dengarkan hanya sumber tepercaya yang didukung oleh para ahli terkait informasi dan rekomendasi COVID-19, kata Braunstein.

“Ada banyak informasi yang salah di media sosial dan internet yang akan merekomendasikan segala hal mulai dari meminum vitamin dalam dosis besar hingga mandi air panas sebagai cara yang efektif untuk melindungi Anda dari infeksi COVID-19,” kata Braunstein.

“Sebagian besar saran ini tidak terbukti atau ditepis, dan beberapa bahkan bisa berbahaya.”

Pastikan cari tahu informasi dari sumber terpercaya seperti dokter, kementerian kesehatan, atau Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

8 dari 9 halaman

Dapatkan dukungan teman

Mendapat dukungan teman dan keluarga bisa menjadi cara yang bagus untuk mengungkapkan perasaan selama masa-masa sulit.

"Jika Anda memiliki hasil tes kontak rumah tangga yang positif COVID-19, wajar untuk mengalami berbagai emosi, termasuk ketakutan, kecemasan, depresi, dan kesepian, yang bisa sangat mendalam dan melemahkan," kata Braunstein.

“Berbicara tentang dan mengungkapkan perasaan ini kepada teman atau kerabat bisa sangat katarsis, dan dapat meningkatkan kesejahteraan fisik dan emosional Anda,” tambah Braunstein.

9 dari 9 halaman

Pola makan sehat

Bicarakan dengan dokter tentang apakah Anda harus mengonsumsi suplemen, kata Hirsch.

“Namun, yang jauh lebih penting adalah memiliki pola makan yang sehat dan menghindari penambahan berat badan yang sangat mudah dialami selama masa stres dan ketidakpastian ini,” katanya.

Hirsch mengungkapkan, kesehatan tertentu memengaruhi seseorang untuk komplikasi COVID-19, dan banyak dari kondisi kesehatan tersebut dapat diatasi dengan perubahan gaya hidup.

Orang dewasa dengan kondisi medis tertentu yang mendasari berada pada peningkatan risiko COVID-19 parah, rawat inap, masuk ICU, intubasi atau ventilasi mekanis, dan kematian.

Kondisi yang berkaitan dengan pola makan yang membuat orang berisiko tinggi terkena penyakit parah meliput kondisi jantung, obesitas, dan diabetes.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini