Viral Penyelamatan Dua Nelayan yang Terombang-ambing di Laut Selama 3 Hari

Oleh Dyah Mulyaningtyas pada 25 Nov 2020, 18:30 WIB
Diperbarui 25 Nov 2020, 18:30 WIB
Viral Penyelamatan Dua Nelayan yang Terombang-ambing di Laut Selama 3 Hari
Perbesar
Viral Penyelamatan Dua Nelayan yang Terombang-ambing di Laut Selama 3 Hari (Sumber: TikTok/inseaaa)

Liputan6.com, Jakarta Pada umumnya setiap orang memerlukan uang untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Namun tidak semua orang dapat mencari nafkah di tempat kerja yang aman dan nyaman. Banyak orang yang menghadapi resiko tinggi untuk mengais rezeki demi melanjutkan hidup.

Seperti para nelayan yang menggantungkan hidupnya pada hasil tangkapan ikan di laut. Orang-orang ini rela menghadapi kesulitan, bahkan sampai bertaruh nyawa mengarungi lautan untuk mendapat ikan. Tak jarang pula para nelayan mengalami berbagai kejadian membahayakan di tengah laut ketika mencari ikan.

Demikian halnya dengan yang dialami oleh dua orang nelayan pada video TikTok yang tengah viral belakangan ini. Video tersebut diunggah oleh akun @inseaaa pada Jumat (20/11/2020). Pada video yang diunggah dalam beberapa bagian itu memperlihatkan detik-detik penyelamatan dua nelayan yang dilakukan oleh beberapa awak sebuah kapal.

Diketahui perahu nelayan tersebut terbalik dan kedua pria yang ada di atasnya sudah terombang-ambing di lautan selama tiga hari. Beruntung keduanya ditemukan selamat oleh nahkoda dan beberapa anak buah kapal (ABK) yang kebetulan melintas. Peristiwa tersebut diduga terjadi di lautan Krui Pesisir Barat, Lampung.

2 dari 3 halaman

Awak Kapal Berusaha Memberi Pertolongan

@inseaaa

Balas @aiiendutt12 perahunya kebalik karena terkena badai kencang #BaikUntukHarimu #pelaut #pelautpunyacerita #pelautindonesia #foryou #rescue #fyp

♬ original sound - seaaaa - seaaaa

Berawal dari nahkoda kapal yang melihat adanya nelayan yang melambaikan tangan seakan sedang meminta pertolongan. Kapal yang tengah melintas itu pun segera putar balik mendekati lokasi kedua nelayan tersebut.

"Kapal tiba-tiba mutar balik karena chief ku liat ada nelayan yang melambaikan tangan kayak meminta pertolongan gitu," tulis sang pembuat video seperti dikutip oleh Liputan.com dari akun TikTok @@inseaaa, Rabu (

"Ternyata benar ada satu perahu nelayan yang kebalik," lanjutnya.

Para awak kapal segera berkumpul dan berusaha memberi pertolongan. Upaya penyelamatan kedua nelayan itu berlangsung dramatis. Bahkan akibat gelombang laut, perahu nelayan itu sempat menjauh ketika berusaha didekati kapal.

Meski demikian, akhirnya tali penyelamatan dari kapal bisa mencapai perahu dan diikat ke salah satu bagiannya. Perahu kemudian ditarik agar bisa lebih dekat. Ketika jarak perahu dengan kapal sudah cukup dekat, para ABK kemudian melemparkan pelampung untuk mengangkat nelayan itu ke atas kapal.

3 dari 3 halaman

Nelayan Selamat

@inseaaa

Balas @juliavani58 perahu bapaknya kami dekatkan dulu ke kapal agar bisa lembar lifeboy soalnya arus deras #pelautindonesia #rescue #foryou #fyp

♬ original sound - seaaaa - seaaaa

Beruntung keduanya berhasil diselamatkan dan langsung diberi makanan serta minuman. Hal itu mengingat keduanya sudah terombang-ambing di laut selama tiga hari tanpa menkonsumsi apapun. Nelayan itu mengatakan bahwa ia sempat melihat beberapa kapal yang melintas, namun jaraknya terlalu jauh.

“Kata bapaknya sudah 3 hari terombang ambing di tengah laut. Dan bapaknya bilang banyak kapal yang melintas, tapi terlalu jauh,” ungkap sang pembuat video.

Kini video tersebut menjadi viral dan salah satu bagiannya telah ditonton oleh lebih dari 1,2 juta pengguna TikTok. Bahkan video-video itu juga dibagikan di berbagai media sosial lainnya oleh warganet. Berbagai tanggapan pun membanjiri kolom komentar video tersebut.

"Buat kalian kawan2 seprofesi ku buruh laut.. smg kalian dan keluarga kalian memdapat berkah dari yg maha kuasa. Tuhan melindungi kalian. amiin." tulis akun TikTok @Pelaut DORAEMON.

"Dan 3 hari ndak makan minum alhmdulillah selamat ya Allah," komentar akun TikTok @merysweet.

"Astagfirullah .. terimakasih abang² yang sudah menolong sesama ..semoga kalian semua sehat selalu dan di panjangkan umur nya semuanya aamiin," tulis akun TikTok @aiiendutt12.

Lanjutkan Membaca ↓