Sukses

6 Gambar Monyet Lucu Gokil yang Menggemaskan, Bikin Harimu Ceria

Kumpulan gambar monyet lucu gokil yang mencuri perhatian.

Liputan6.com, Jakarta Jika dilihat dari gambar monyet lucu gokil, primata yang satu ini memang menggemaskan. Berbeda dengan jenis monyet biasanya, monyet ini warnanya lebih beragam, bentuk hidung lebih menawan, dan ukuran tubuh yang besar-mungil-ideal.

Keanekaragaman inilah yang membuat gambar monyet lucu gokil begitu mencuri perhatian. Ada yang memiliki ukuran tubuh sangat kecil mirip boneka. Lalu kaki berselaput mirip bebek. Sampai hidung yang besar, panjang, dan pesek.

Meski begitu, jenis gambar monyet lucu gokil yang akan dibahas kali ini jumlahnya sangat terbatas. Artinya sudah hampir punah karena habitatnya diganggu oleh ulah tangan manusia dan alam itu sendiri. Langsung saja simak gambar sekaligus penjelasan singkatnya!

Berikut Liputan6.com ulas gambar monyet lucu gokil dari berbagai sumber, Selasa (24/11/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Babon

Dilihat dari gambar monyet gokil lucu ini nampak seperti monyet-monyet pada umumnya. Padahal monyet babon memiliki perawakan lebih besar dan gagah dari monyet biasa. Kelucuan dan keunikan monyet babon pada ekspresi wajahnya, sedih dan nampak tua.

Meski demikian, monyet babon memiliki rasa kesetiaan tinggi pada kawanannya. Untuk pejantan memang akan meninggalkan keluargannya. Sementara betina akan melahirkan dan mengurus keluarga yang dimilikinya.

Asal monyet lucu satu ini dari Afrika. Wilayah tinggalnya juga beragam, mulai dari gurun batu, padang rumput, semak, hutan hujan, sampai savana. Jenisnya juga ada banyak dan tidak hanya satu macam.

3 dari 7 halaman

Proboscis

Proboscis adalah monyet yang memiliki hidung panjang dan besar. Gambar monyet lucu gokil ini memang sulit ditemui di kebun binatang biasa. Monyet bekantan atau proboscis hanya bisa ditemui di Pulau Kalimantan.

Hidupnya di pohon-pohon yang tinggi dekat sungai Kalimantan. Makanannya buah-buahan dan banyak beraktivitas di sore hari. Sementara pada siang harinya, monyet lucu satu ini hanya tidur.

Monyet ini memiliki kaki yang berselaput dan berbeda dengan monyet kebanyakan. Itu artinya, monyet bekantan ahli berenang. Hal ini yang membuatnya wajar tinggal di dekat aliran sungai.

4 dari 7 halaman

Pigmy Marmoset

Gambar monyet lucu gokil ini disebut-sebut sebagai monyet terkecil di dunia. Gerak-geriknya lucu, bisa memutar kepala sampai 180 derajat dan mirip sekali dengan boneka. Warnanya cokelat keemasan dan menggemaskan.

Asalnya dari sungai Amazon, Amerika Selatan. Beratnya hanya 100 gram dengan tinggi 15 cm saja. Beberapa penduduk AS kerap menjadikannya hewan peliharaan. Meski begitu, sebenarnya monyet lucu ini sulit sekali dirawat di rumah.

5 dari 7 halaman

Night Monkey

Persis seperti namanya, gambar monyet lucu gokil satu ini mirip sekali dengan burung hantu. Beberapa orang menyebutnya owl monkey. Sama seperti burung hantu, aktivitas night monkey hanya padat pada malam hari saja.

Mulai dari aktivitas mencari makan, berendam untuk mandi, dan masih banyak lagi. Satu hal yang membuatnya sangat menggemaskan dan lucu, monyet ini memiliki raut wajah yang selalu tersenyum manis.

Spesies ini dipercaya hampir punah karena jumlahnya tak lebih dari 800 ekor. Asalnya dari Fanjingshan, China. Makanannya buah, biji, dan dedaunan. Makanan yang dikonsumsi sangat bergantung dengan musim.

6 dari 7 halaman

Mona Monkey

Mona monkey memiliki wajah yang lebih lonjong dan lebar dari monyet lain. Jika dilihat dari gambar monyet lucu gokil ini, memang menggemaskan dan persis seperti orang melongo. Pipinya seperti akan jatuh ketika monyet ini berhasil menemukan banyak makanan.

Benar, monyet mona menyimpan makanannya di pipi. Kebiasaan unik inilah yang membuatnya nampak sangat lucu dan gokil. Persis seperti monyet lain, mona sangat menyukai buah-buahan.

Habitat asalnya dari Afrika Barat dan sangat menyukai tempat yang berawan. Mona juga memiliki tanda biru dan kuning yang membuatnya mirip dengan Wolverine. Keberadaannya di Indonesia bisa ditemui di Kebun Binatang Malang, Jawa Timur.

7 dari 7 halaman

Tonkin Snub-Nosed

Dilihat dari gambar monyet lucu gokil, raut wajah dan namanya memang saling berkesinambungan. Snub-Nosed berarti hidung pesek. Sementara hidung yang dimiliki monyet satu ini juga pesek sekali dan lucu.

Hidungnya hampir rata dengan wajahnya, lubangnya menghadang ke depan dan menggemaskan. Asalnya dari Asia dan kini hampir punah karena habitat asalnya semakin habis. Monyet lucu ini pun termasuk primata tertua di dunia dari genus Rhinopithecus.

Suka hidup berkelompok. Jika dilihat sekilas, hewan mungil ini hampir mirip dengan wajah manusia. Meski bibirnya pesek, tetapi bibirnya seksi dan manis.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.