Sukses

Selamatkan Siswa yang Tenggelam di Sungai, Aksi Diplomat Ini Banjir Pujian

Liputan6.com, Jakarta Setiap orang tentunya akan refleks membantu orang lain yang mendapatkan masalah atau jika terjadi suatu ‘kecelakaan’. Tak pandang strata sosial, seseorang akan melakukan apa saja jika melihat orang lain terluka atau mendapatkan masalah.

Seseorang yang memiliki jabatan tinggi, yang kemudian rela membantu orang lain yang kesusahan kerap menuai pujian dari warganet. Aksi yang dilakukannya tentunya membuat salut bahkan tak terduga. Seperti yang dilakukan oleh seorang diplomat, yang di mana diplomat ini langsung menolong seorang siswa yang tenggelam di sungai tanpa bantuan apapun.

Aksinya ini kemudian banjir pujian dari warganet. Dalam video singkat berdurasi 2 menit, terlihat seorang diplomat melepas sepatunya, menyelam ke dalam air, dan berhasil mencapai wanita itu dengan cepat.

"Berkat penyelamatan, siswa tersebut nyawa siswa tersebut dapat tertolong dan sadar dari pingsannya," lapor kantor berita pemerintah China Xinhua.

Aksi diplomat yang menginspirasi dan banjir pujian ini dilansir Liputan6.com dari akun Twitter @ukinchina dan indiatimes pada Minggu, (22/11/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Aksi Diplomat Menyelamatkan Siswa yang Tenggelam

Aksi diplomat menyelamatkan siswa yang tenggelam ini diunggah di akun Twitter @ukinchina pada 17 November 2020. Aksi yang dilakukan oleh diplomat yang bernama Stephen Ellison ini kemudian banjir pujian dari warganet dan sudah dilihat oleh 800 ribu orang.

Stephen Ellison (61) yang bekerja di konsul jenderal di Chongqing, sedang berjalan di tepi sungai di desa terdekat ketika wanita berusia 24 tahun terpeleset ke dalam sungai yang dalam. Stephen Ellison dipuji sebagai pahlawan di China setelah videonya menyelamatkan seorang siswa dari sungai yang meluap, menayangkan puluhan juta tayangan di media sosial.

"Hormat kepada Stephen Ellison, Konsul Jenderal Inggris yang baru di Chongqing. Namanya akan diingat tidak hanya di daerah Chongqing tetapi di seluruh China. Tindakan kepahlawanan dan kebaikannya akan menjadi kisah yang banyak diceritakan & tersebar luas tentang persahabatan China-Inggris,” kata Duta Besar China untuk Inggris, Liu Xiaoming, memuji diplomat Inggris.

 

Dalam video berdurasi 2 menit itu, terlihat seorang wanita tenggelam di sungai dan terlihat sepertinya dirinya tak sadarkan diri. Banyak orang yang melihat kejadian tersebut, namun tidak ada yang berani turun untuk menolong wanita tersebut. Rupanya sungai tersebut cukup dalam sehingga tidak ada yang berani untuk turun ke sungai dan menolong wanita tersebut.

Berselang beberapa menit terlihat seorang pria melepas sepatunya dan kemudian mencemburkan diri ke sungai untuk menolong wanita tersebut. Rupanya pria tersebut adalah Stephen Ellison yang merupakan seorang diplomat Inggris. Aksi yang dilakukannya ini diunggah di akun Twitter @ukinchina yang dimana kemudian viral dan sudah ditonton sampai 800 ribu pengguna Twitter.

Setelah diplomat ini menceburkan diri ke sungai, dirinya langsung membawa wanita tersebut ke tepi dengan bantuan alat pelindung. Aksinya tersebut kemudian banjir pujian dari warganet dan juga masyarakat yang melihat aksinya tersebut.

3 dari 3 halaman

Komentar Warganet

Banyak warganet yang membubuhkan komentar di kolom komentar video berdurasi 2 menit. Video yang diunggah oleh akun Twitter @ukinchina ini sudah ditonton oleh sebanyak 800 ribu pengguna Twitter. Tentunya banyak warganet yang salut dengan aksi yang dilakukan oleh Stephen Ellison ini. Pasalnya, jika tidak ditolong dengan cepat akan membuat wanita tersebut kehilangan nyawanya karena tidak bisa bernapas.

“Beruntung orang ini ada di dekatnya, kalau tidak akan ada kabar duka, itu saja.” tulis @RealthyTao

“Kerja bagus Stephen Ellison karena terjun dan menyelamatkan wanita muda itu, saya yakin dia sangat berterima kasih;))” tulis pengguna Twitter @Tinkerbell32112

“Menghargai usaha yang dilakukan Stephen. Saya sangat sedih karena tidak ada orang di tempat kejadian melompat ke sungai untuk menyelamatkan gadis itu.” tulis @jinbeidu

“Pria baik! terima kasih telah melakukan ini.” tulis @c0o04eXxpJDyA7g.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini