6 Gambar Bebek Lucu dan Terindah di Dunia, Dilengkapi Penjelasannya

Oleh Laudia Tysara pada 19 Nov 2020, 10:05 WIB
Diperbarui 19 Nov 2020, 10:05 WIB
Ilustrasi bebek mandarin | Wikimedia Commons
Perbesar
Ilustrasi bebek mandarin | Wikimedia Commons

Liputan6.com, Jakarta Melihat tingkah bebek yang baris-berbaris di Indonesia, rasanya sudah biasa. Kali ini akan diulas gambar bebek lucu dan terindah di dunia dengan berbagai tingkah kalemnya.

Bebek-bebek ini sama dengan bebek pada umumnya, tinggal di perairan laut dan air tawar. Beda gambar bebek lucu ini dengan bebek yang lain ada pada warna, ekor, dan bentuk jambulnya. 

Ketika melihat gambar bebek lucu ini, akan banyak yang mengira bebek-bebek ini hanya boneka saking menggemaskannya. Padahal hewan lucu ini sama dengan bebek yang lain, hidup dan bisa berkembang biak.

Berikut Liputan6.com ulas gambar bebek lucu dan terindah di dunia dari berbagai sumber, Kamis (18/11/2020).

2 dari 7 halaman

Bebek Smew

Ilustrasi bebek smew | Wikimedia Commons
Perbesar
Ilustrasi bebek smew | Wikimedia Commons

Gambar bebek lucu smew ini menunjukkan betapa cantiknya dia. Bebek ini memiliki warna khas hitam putih yang enak dipandang mata. Spesiesnya mudah ditemukan di Amerika Utara, Asia, dan Eropa.

Untuk membedakan betina dan jantan, bisa terlihat dari warna. Bebek betina memiliki kepala berangan, tenggorokannya putih, dan matanya cokelat gelap. Bagian dadanya abu terang, bagian yang lain abu tua.

Bebek jantan memiliki tubuh putih dengan tanda hitam mencolok di kepala, punggung dadanya. Kedua jenis kelamin bebek ini memiliki kaki abu-abu.

Bebek ini dapat ditemukan di air tawar seperti danau dan sungai di mana mereka menyelam untuk mencari ikan, yang merupakan makanan utama mereka. Makanan mereka juga termasuk bahan nabati, biji-bijian, siput, dan kepiting.

3 dari 7 halaman

Bebek Hooded Merganser

Ilustrasi bebek hooded merganser | Wikimedia Commons
Perbesar
Ilustrasi bebek hooded merganser | Wikimedia Commons

Bebek yang nampak di gambar adalah betina. Jambulnya membuat gambar bebek lucu ini nampak begitu menggemaskan. Bebek jenis ini tidak hidup di Indonesia.

Satu-satunya habitat bebek Hooded Merganser ada di Amerika Utara. Mata bebek betina berwarna cokelat keabuan. Sementara jantan matanya kuning, dada putih bergaris hitam, dan kepalanya mirip kipas.

4 dari 7 halaman

Bebek Long-Tailed

Ilustrasi bebek long-tailed | Wikimedia Commons
Perbesar
Ilustrasi bebek long-tailed | Wikimedia Commons

Sudah nampak dari gambar bebek lucu ini dan namanya. Bebek jenis ini memiliki ekor yang menjuntai ke angkasa alias panjang dan unik sekali. Warna khasnya cokelat tua, hitam, abu-abu, dan putih. Matanya cokelat dan ujung mulutnya berwarna merah atau pink.

Bebek Long-Tailed tinggalnya di laut. Keunikan yang dimiliki bebek ini tak hanya pada ekornya, tetapi perubahan warna karena musim. Bebek Long-Tailed jantan kepalanya bisa berubah warna menjadi hitam ketika musim panas. Saat musim dingin, berwarna putih.

Bebek ini bisa berenang hingga 200 kaki di bawah permukaan laut untuk mendapatkan makanan. Dari semua bebek menyelam, bebek berekor panjang juga bisa tetap di bawah air selama lebih dari satu menit. Sumber makanan utama mereka adalah invertebrata air. Bebek ini juga mengonsumsi krustasea, ikan kecil, serangga, dan tanaman.

5 dari 7 halaman

Bebek Mandarin

Ilustrasi bebek mandarin | Wikimedia Commons
Perbesar
Ilustrasi bebek mandarin | Wikimedia Commons

Dilihat dari gambar lucu bebek ini, memang sipit dan khas Mandarin sekali. Warna bulunya juga pastel dan tenang persis seperti orang-orang Mandarin. Bebek yang satu ini asli dan pertama kali ada di Asia Timur.

Bebek Mandarin tak hanya bisa ditemukan di Mandarin. Bebek ini bisa pula ditemukan di berbagai belahan dunia. Mulai dari Rusia, Korea, Inggris, Irlandia, dan California. Persis seperti merak, bebek betina memiliki warna lebih kusam dan tak seindah si jantan.

Dalam tradisi Asia, mandarin dipandang sebagai simbol cinta dan pernikahan dan sepasang bebek diberikan kepada pengantin wanita selama pernikahan mereka. Dipercayai bahwa bebek Mandarin tetap setia kepada pasangannya seumur hidup. 

6 dari 7 halaman

Bebek Eider

Ilustrasi bebek eider | Wikimedia Commons
Perbesar
Ilustrasi bebek eider | Wikimedia Commons

Bagian hitam di area mata bebek Eider membuatnya seperti berkacamata. Tak heran jika gambar bebek lucu ini memiliki sebutan bebek kacamata. Bebek ini berasal dari Pantai Alaska dan Siberia.

Bebek Eider juga disebut bebek laut dan bisa tinggal di perairan dangkal. Sejak tahun 1970 sampai 1993, perkembangbiakan bebek ini menurun lebih dari 96 persen. Penurunan ini disebabkan oleh perubahan iklim dan polusi minyak/gas di Samudera Arktik.

Eider Berkacamata jantan ditandai dengan punggung putih, kepala kuning-hijau, tubuh hitam dengan bercak putih di sekitar mata.

Sementara eider berkacamata betina diidentifikasi oleh warna cokelatnya yang kaya dengan bercak cokelat yang lebih terang di sekitar matanya. Selama musim panas akhir dan musim gugur, jantan sepenuhnya berwarna cokelat.

7 dari 7 halaman

Bebek Ruddy

Ilustrasi bebek ruddy | Wikimedia Commons
Perbesar
Ilustrasi bebek ruddy | Wikimedia Commons

Gambar bebek lucu ini mengingatkan pada bebek khas Indonesia. Warnanya cokelat kemerahan hampir keseluruhannya. Bedanya dengan bebek Indonesia, lebih menonjol kemerahan dan paruhnya berwarna biru cerah.

Bebek ini berasal dari Amerika Utara. akanan mereka terutama terdiri dari krustasea dan tanaman air. Bebek Ruddy berkembang biak selama bulan-bulan musim semi dan musim panas.

Bebek jantan spesies Ruddy ini memiliki ekor lebih tegak ke atas. Bulunya tidak lagi kemerahan, tetapi cokelat chestnut, dan bagian wajahnya berwarna putih. Hidupnya di padang rumput dan saat musim dingin di lahan basa daerah Meksiko.

 

Lanjutkan Membaca ↓