Sukses

Kisah Remaja Rela Jual Ginjal Demi Beli iPhone Ini Bikin Pilu

9 tahun lalu, pria ini menjual ginjal untuk beli iPhone, dan kini harus terbaring di tempat tidur seumur hidup.

Liputan6.com, Jakarta Perkembangan teknologi dan barang eletronik yang semakin canggih membuat banyak orang ingin memilikinya. Ragam cara tentunya dilakukan agar bisa membeli barang elektronik yang memiliki fitur canggih. Terkadang, keinginan dan ambisi yang lebih besar membuat seseorang melakukan tindakan yang tidak masuk di akal. Seperti kisah satu ini yang bikin pilu. 

Salah satu tindakan tidak masuk akal yang dilakukan seseorang untuk membeli barang elektronik yang diinginkan adalah menjual ginjalnya dan operasinya dilakukan secara illegal. Kisah pilu tersebut dialami oleh anak muda yang rela menjual ginjalnya 9 tahun lalu untuk membeli 2 perangkat Apple.

Fitur yang ditawarkan oleh iPhone memang selalu berhasil membuat seseorang kemudian memiliki keinginan dan ambisi yang besar untuk membelinya, salah satunya adalah keinginan anak muda asal Tiongkok yang sampai rela menjual ginjalnya.

Kisah pilu yang dialami oleh anak muda ini dilansir Liputan6.com dari Indiatimes pada Rabu (18/11/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Rela Menjual Ginjal Demi Beli iPhone

Tentunya sudah banyak yang tahu jika harga iPhone tidaklah murah. Seseorang harus berupaya nabung lebih sabar agar bisa membeli salah satu ponsel yang memiliki banyak penggemar ini. Setiap produk baru yang ditawarkan memang selalu berhasil menghipnotis masyarakat di seluruh dunia.

Kisah pilu dialami oleh seorang anak muda yang rela menjual ginjalnya 9 tahun lalu. Ya, anak muda berusia 25 tahun asal Tiongkok ini rela menjual ginjalnya untuk membeli 2 perangkat Apple, salah satunya adalah ponsel iPhone. Mirisnya, keinginan dan ambisinya yang begitu besar membuatnya melakukan hal yang tidak masuk di akal, yakni melakukan operasi secara illegal.

Pada 2011, Wang Shangku menjual satu ginjal untuk membeli 2 perangkat Apple. Saat menjajakan ginjalnya tersebut Wang berusia 17 tahun. Anak muda berusia 25 tahun ini menjalani operasi ilegal di provinsi Hunan tengah di mana ginjal kanannya diangkat. Wang kemudian menjajakan ginjalnya di pasar gelap seharga $ 3273 USD.

Namun, karena putus asa, dia membalas pesan dari seorang pembeli organ di chatroom online. Dia diberitahu bahwa dia bisa mendapatkan 20.000 yuan ($ 3.000). Dia kemudian membeli iPhone 4 dan iPad2 dengan uang itu.  

Tindakan yang dilakukan oleh remaja ini sangat miris. Pasalnya, dirinya bahkan melakukan tindakan yang bisa saja mengancam nyawanya saat itu karena operasi angkat ginjal dilakukannya secara illegal. Perkembangan teknologi dan trend membuat banyak anak muda kerap melakukan banyak cara agar bisa memiliki apa yang kini sedang berkembang. Namun, masih banyak cara baik dan tidak merugikan kesehatan yang bisa dilakukan jika ingin mendapatkan apa yang diinginkan.

3 dari 3 halaman

Kondisi saat Ini

Menjual ginjal agar bisa membeli iPhone ini dilakukan oleh Wang 9 tahun yang lalu. Setelah bertahun-tahun, kini kondisinya semakin memburuk. Wang dipasang ke mesin dialisis karena defisiensi ginjal dan kemungkinan besar harus terbaring di tempat tidur seumur hidup.

Kembali kilas balik, beberapa bulan setelah operasi pengangkatan ginjal 9 tahun yang lalu ginjal Wang yang lain mengalami infeksi. Bertahun-tahun berlalu, kondisinya menjadi lebih buruk dan dia tidak bisa meninggalkan tempat tidurnya. Selain itu, Wang membutuhkan cuci darah setiap hari untuk membersihkan darah dari racun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini