Sukses

Tangani Virus Corona Covid-19, India Kerahkan Robot

Robot tersebut digunakan untuk membantu tenaga medis menangani pasien Covid-19.

Liputan6.com, Jakarta Beberapa rumah sakit di India mulai mengerahkan robot untuk membantu tenaga medis melawan Covid-19. Hal ini menyusul jumlah kasus virus Corona Covid-19 di India termasuk tertinggi di dunia.

Robot ini digunakan untuk menghubungkan dokter dan perawat dalam berkomunikasi dengan pasien. Robot tersebut dibanderol dengan harga ratusan juta rupiah.

Dari delapan perusahaan yang mengembangkan robot di bidang kesehatan, model yang paling populer adalah Mitra yang artinya 'Teman' dalam bahasa Hindi. Robot ini dijual sekitar US$10 ribu atau sekitar Rp 142 juta.

Robot ini diproduksi oleh perusahaan Invento Robotics yang berbasis di Bangalore. Mereka telah merancang tiga robot untuk menjalankan beberapa tugas di rumah sakit. Mulai dari mendisinfeksi permukaan hingga menjawab pertanyaan pasien dan memungkinkan konsultasi video dengan dokter.

"Mitra bisa menjadi perawat atau asisten dokter, membantu membaca laporan dan tanda vital, serta mengingatkan mereka tentang jadwal pengobatan," terang CEO Invento Robotics, Balaji Viswanathan seperti dikutip dari CNN, Minggu (15/11/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Robiot dirancang dengan teknologi khusus

Robot tersebut dirancang menggunakan teknologi pengenalan wajah, sehingga ia dapat mengingat nama serta wajah pasien yang berinteraksi dengannya. Mitra juga dapat menjelajahi rumah sakit secara mandiri, membantu pasien terhubung dengan keluarga dan dokter melalui kamera dan layar video yang dipasang pada dadanya.

Salah satu rumah sakit yang telah menggunakan robot Mitra adalah RS Yatharth di Noida, India utara. Mereka mengerahkan dua robot Mitra sekaligus. Satu robot ditempatkan di pintu masuk untuk menyaring pasien dari gejala virus corona dan yang lainnya di unit perawatan intensif.

"Di dalam ICU kami, Mitra membantu pasien terhubung dengan keluarga mereka melalui saluran video dan mengizinkan keluarga pasien untuk melihat ke dalam," tutur direktur rumah sakit, Kapil Tyagi.

Perusahaan robot lainnya yang membantu melawan Covid-19 adalah Milagrow Robotics. Perusahaan berspesialisasi dalam robot pembersih rumah ini telah mengerahkan robot pembersih humanoid ke rumah sakit India selama pandemi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini