7 Cara Mengatasi Jerawat Akibat Penggunaan Masker

Oleh Husnul Abdi pada 15 Nov 2020, 11:00 WIB
Diperbarui 15 Nov 2020, 11:00 WIB
Gambar Ilustrasi Maskne, Jerawat Karena Sering Pakai Masker
Perbesar
Gambar Ilustrasi Maskne, Jerawat Karena Sering Pakai Masker. Sumber: Freepik

Liputan6.com, Jakarta Cara mengatasi jerawat akibat penggunaan masker perlu diperhatikan. Apalagi, masker merupakan suatu hal yang wajib digunakan saat ke luar rumah semenjak pandemi COVID-19 ini. Tentunya kamu tidak boleh melepasnya begitu saja agar tetap sehat.

Jerawat akibat penggunaan masker atau dikenal juga dengan maskne ini terbentuk di area wajah yang tertutupi oleh masker, seperti dagu, pipi, hidung, atau pipi bagian bawah. Maskne atau mask acne ini terjadi karena kulit wajah terus bergesekan dengan masker. Hal ini memicu peradangan dan iritasi pada kulit wajah. 

Selain itu, saat kamu menghela napas dan berbicara saat menggunakan masker, hal ini dapat menjebak hawa panas. Sehingga membuat kulit wajah berkeringat dan lembap. Kondisi ini tentunya akan mengakibatkan semakin mudahnya kuman dan bakeri berkembang biak.

Cara mengatasi jerawat akibat penggunaan masker dilakukan dengan memperhatikan penggunaan masker dan kebersihan wajah. Penggunaan masker yang tidak tepat, seperti masker bedah yang digunakan berulang kali atau masker kain yang dicuci asal-asalan bisa menjadi tempat pertumbuhan bakteri dan kuman.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Minggu (15/11/2020) tentang cara mengatasi jerawat akibat penggunaan masker.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Cara Mengatasi Jerawat Akibat Penggunaan Masker

Gambar Ilustrasi Kulit Berjerawat Karena Masker
Perbesar
Sumber: Freepik

Jangan Pakai Masker yang Sama Berulang Kali

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, salah satu penyebab jerawat akibat penggunaan masker adalan penggunaannya yang tidak tepat. Penggunaan masker bedah yang digunakan berulang kali atau masker kain yang dicuci asal-asalan bisa menjadi tempat pertumbuhan bakteri dan kuman.

Jadi, untuk masker yang sekali pakai, seperti masker bedah atau masker N95, pakai satu kali saja, jangan berulang-ulang.Ganti maskermu jika dirasa sudah terlalu lembap.

Sementara itu, untuk masker kain, sebaiknya kamu punya lebih dari satu masker. Supaya satu masker dicuci dan dijemur, kamu punya cadangan masker yang bersih. Jangan menggunakan kembali masker yang sudah dipakai, sebelum dicuci. Cucilah masker kain dengan air panas untuk membunuh kuman yang menempel pada permukaan kain.

Segera Bersihkan Wajah Setelah Menggunakan Masker

Cara mengatasi jerawat akibat penggunaan masker selanjutnya adalah segera membersihkan wajah. Setelah seharian beraktivitas di luar rumah menggunakan masker, bersihkan wajah dengan sabun wajah yang sesuai dengan jenis kulit.

Jika kamu pakai makeup, bersihkan dengan cleanser milk, balm, pembersih minyak, atau micellar water. Untuk rias wajah yang tahan air (waterproof), gunakan pembersih yang berbahan minyak agar hasilnya lebih efektif.

Setelah riasan cukup bersih, cuci wajah dengan air mengalir dan sabun pembersih wajah. Bila perlu, lakukan eksfoliasi dengan scrub, anjurannya adalah dua kali seminggu. Keringkan dengan menggunakan handuk bersih dengan cara ditepuk-tepuk.


Cara Mengatasi Jerawat Akibat Penggunaan Masker

Gambar Ilustrasi Masker Kain
Perbesar
Sumber: Unsplash

Hindari Produk Perawatan Wajah yang Berbahan Minyak

Meski rias wajah dewy bisa membuat wajah lebih glowing dan lembap, makeup tersebut tidak dianjurkan jika kamu rutin menggunakan masker.

Perlu diketahui, pemakaian masker yang ketat dalam waktu yang cukup lama, ditambah dengan kondisi kulit yang terlalu lembap, merupakan tempat sempurna bagi bakteri penyebab jerawat untuk berkembang biak.

Hindari produk skin care yang berbahan minyak dan pastikan produk yang dipakai bertuliskan “non-comedogenic” supaya kulit tetap bisa bernapas meski rutin pakai masker. Bila tidak, bukan tak mungkin terjadi penyumbatan pori, muncul rasa gatal, dan ketika digaruk akan muncul bintik jerawat.

Hindari Penggunaan Makeup Terlalu Tebal

Cara mengatasi jerawat akibat penggunaan masker berikutnya adalah menghindari pakai makeup terlalu tebal. Kamu tetap bisa tampil menawan dengan mengenakan makeup, namun, gunakanlah makeup yang ringan dan tidak terlalu tebal.

Tetapi, jika kamu memang sedang berjerawat, sebaiknya hindari dulu penggunaan makeup. Hal ini karena makeup dapat menyumbat pori-pori kulit dan memicu timbulnya jerawat atau membuat jerawat semakin parah.


Cara Mengatasi Jerawat Akibat Penggunaan Masker

Ilustrasi Wanita Dengan Kondisi Kulit Berjerawat
Perbesar
Sumber: Freepik

Gunakan Pelembap

Menggunakan pelembap dapat dilakukan sebagai salah satu cara mengatasi jerawat akibat penggunaan masker. Kamu bisa mengoleskan pelembap agar kulit wajahmu senantiasa terhidrasi dan tidak kusam.

Pilihlah pelembap dengan bahan yang ringan dan tidak mengandung banyak minyak. Bila perlu, pilih produk pelembap yang menyejukkan sehingga dapat menenangkan kulit yang merah akibat tergesek masker.

Gunakan Tabir Surya

Selain pelembap, jangan lupa juga oleskan tabir surya 15 menit sebelum kamu keluar rumah. Pakailah tabir surya khusus wajah dengan kadar SPF 30 atau lebih untuk mencegah hiperpigmentasi kulit akibat sinar matahari.

Kamu juga bisa memilih tabir surya yang diperkaya dengan zinc dan titanium. Kandungan ini bisa dijadikan cara mengatasi jerawat akibat penggunaan masker.

Segera Atasi Jerawat yang Muncul

Kondisi yang membuat jerawat semakin banyak dan parah adalah karena kamu membiarkannya. Kalau memang sudah ada jerawat yang mencuat di wajah, langsung oleskan obat jerawat yang dijual bebas. Bila beraktivitas, kamu juga bisa menutupi jerawat tersebut dengan acne patch agar tidak terpapar debu.

Biasanya, masker kain yang reusable akan lebih panas saat dipakai ketimbang masker bedah. Jadi, selama jerawatan, ganti dulu masker kain Anda dengan masker bedah sekali pakai.

 

 

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya