Sukses

Feby Febiola Umumkan Sembuh dari Kanker Ovarium, Ini 5 Faktanya

Feby Febiola ungkapkan kabar kebahagiaan jika ia dinyatakan sembuh dari kanker.

Liputan6.com, Jakarta Setelah divonis mengidap kanker overium stadium 1C, Feby Febiola cukup rutin menjalani kemoterap. Bahkan, melalui akun Instagram pribadinya, istri Franky Sihombing ini kerap mengunggah kabar mengenai kehatannya.

Meski telah divonis mengidap kanker ovarium, akan tetapi Feby Febiola tetap berusaha untuk selalu bahagia. Ia bahkan memilih untuk mencukur habis rambutnya karena rontok akibat kemoterapi yang dijalani.

Kini, melalui akun Instagram pribadinya, Feby Febiola pun membawa kabar bahagia. Mengunggah potret dirinya yang menggunakan kemeja putih serta topi hitam, wanita 42 tahun ini pun mengumumkan mengenai kesembuhannya dari kanker ovarium yang telah ia derita selama beberapa bulan terakhir.

Pemain Meet Me After Sunset ini juga turut mengucapkan terima kasih atas doa dan dukungan yang telah di berikan. Bahkan, ia juga turut memberikan semangat kepada orang-orang di luar yang tengah berjuang menjalani kemoterapi.

Dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, berikut ini beberapa fakta terkait sembuhnya Feby Febiola dari kanker ovarium yang diidapnya, Sabtu (14/11/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Idap kanker ovarium stadium 1C

Sebelumnya, kabar mengenai Feby Febiola yang mengidap kanker ovarium mulai muncul di publik pada pertengahan Juli lalu. Pasalnya, ia mengunggah foto yang memperlihatkan potret dirinya dengan rambut hampir botak. Namun, yang mencuri perhatian netizen bukan hanya foto Feby saja. Akan tetapi dalam keterangan ia juga menceritakan jika dirinya harus menjalani kemoterapi selama 6 kali.

Meski tak menjelaskan alasan detail soal kemoterapi yang harus ia jalani, akan tetapi melalui channel YouTube Maia Estianty, ia pun berbagai kisah mengenai awal dirinya divonis mengidap kanker tersebut.

"Diagnosa dokter saat ini adalah kanker ovarium stasiun 1-C ketahuannya itu waktu gua USG sekitar dua bulan yang lalu. Terus dokter yang USG gue, gua ke dokter yang menangani apa ya istilahnya bayi lahiran gitu-gitu," Jelas Feby.

3 dari 6 halaman

2. Ditemukan tumor 16 cm pada indung telur

Feby Febiola bahkan menceritakan cukup detail kepada Maia Estianty mengenai awal dirinya mengetahui adanya kanker di dalam tubuhnya. Pasalnya, setelah menjalani meriksaan melalui CT Scan, Feby menyebut jika pada indung telurnya terdapat kanker yang tumbuh sekitar 16 centimeter.

Namun, meski diketahui memiliki tumor 16 centimeter, pemain Ganteng Ganteng Serigala Returns ini mengaku tak merasakan apapun. Bahkan, menurutnya jadwal menstruasi tetap berjalan normal seperti biasa.

"Gak ngerasa apa-apa. Nah kalau soal menstruasi normal cuma udah dua minggu ini tuh kembung-kembung gitu. Terus kayak makan tuh gak enak. Gua bisa makan tapi mau muntah. Sementara gua kan doyan makan." lanjut Feby.

4 dari 6 halaman

3. Lakukan operasi

Setelah mengetahui adanya kanker yang bersarang di tubuhnya, Feby Febiola pun langsung mengikuti arahan tim dokter untuk melakukan operasi. Opersi tersebut ialah frozern section, dimana operasi dilakukan untuk mengetahui apakah kanker yang diidap oleh Feby merupakan kanker ganas atau tidak.

“Namany frozen section. Jadi dibuka, sampel gue diambil, dikirim ke laboratorium habis itu dilihat ganas apa enggak. Suamiku bilang, ya, itu kanker ganas. Pas dengar itu kanker ganas, gue santai saja,” ujarnya.

5 dari 6 halaman

4. 6 kali kemoterapi

Mengetahui adanya kanker yang diidapnya, Feby Febiola pun rutin manjalani kemoterapi. Bahkan, karena kemoterapi yang dilakukannya, ia harus rela mencukur rambut indahnya hingga botak plotos.

Meski begitu, pelantun lagu Mengertikah ini tetap positif menjalani berbagai aktivitas meski harus dibatasi dan lebih banyak beristirahat. Bahkan, ia juga bisa lebih dekat dengan Tuhan serta fokus pada pengobatan dan keluarga tercinta.

Melalui unggahan terbarunya, Feby menuturkan jika ia telah menjalani kemoterapi sebanyak 6 kali. Memang bukan waktu yang singkat, namun usaha Feby untuk bisa sembuh rupanya terwujud.

6 dari 6 halaman

5. Dinyatakan sembuh dan terbebas dari kanker ovarium

Melalui unggahan di akun Instagram pribadinya, wanita kelahiran 24 Mei 1978 ini mengumumkan mengenai kesembuhannya dari kanker ovarium 1C yang sempat diidapnya.

"Akhirnya setelah menjalani chemotherapy selama 6X hasil tumor marker aku menunjukan hasil yg luar biasa..semuanya dibawah rata rata..artinya tidak ada sel yg aktif lagi." tulisnya

Wanita yang kini menetap di Bali dengan keluarga kecilnya ini pun tak lupa untuk memberikan ucapan terima kasih atas doa dan dukungan yang diberikan. Ia bahkan tetap memberikan semangat kepada pejuang kanker yang tengah menjalani rangkaian kemoterapi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini