Sukses

Mengenal Tren Sulam Bedak, Perhatikan Efeknya Pada Kulit Wajah

Dengan teknik sulam bedak, wajah akan nampak glowing seolah menggunakan bedak setiap saat.

Liputan6.com, Jakarta Tren kecantikan kini terus berkembang pesat. Beberapa waktu yang lalu, tren sulam alis menjadi primadona di kalangan para beauty enthusiast, kini ada pula tren baru yakni teknik BB Face Glow atau yang biasa disebut dengan teknik sulam bedak.

Sama halnya dengan teknik sulam alis, konsep dari teknik sulam bedak ini pun dapat bertahan dalam jangka waktu tertentu dan harus selalu mendapatkan re-touch untuk tampilan yang lebih maksimal.

Seperti halnya namanya, teknik sulam bedak ini akan membuat kulit nampak glowing seolah memakai bedak setiap saat. Banyak beauty enthusiast yang meminati sulam bedak karena dinilai praktis dan memiliki hasil yang instan.

Namun, dalam setiap tren kecantikan tentu ada dampak positif dan negatif yang bisa didapatkan. Berikut merupakan ulasan lengkap seputar tren sulam bedak yang telah dirangkum dari berbagai sumber oleh Liputan6.com, Jumat (13/11/2020).

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mengenal Tren Sulam Bedak

BB Face Glow atau yang lebih dikenal dengan tren sulam bedak merupakan perawatan yang mampu menghasilkan wajah yang cerah dan mampu meratakan kulit yang belang seolah sedang menggunakan bedak. Dengan melakukan sulam bedak, maka seseorang dapat menyamarkan noda di wajah yang berupa bekas jerawat atau flek hitam.

Sama halnya dengan sulam alis, teknik sulam bedak ini juga tidak dapat bertahan selamanya dan memiliki sifat semi permanen. Perawatan ini dapat bertahan selama kurang lebih enam bulan, setelahnya jika ingin mendapatkan hasil yang maksimal, maka Anda harus melakukan re-touch.

Teknik ini menggunakan jarum dermaroller yang berukuran micro dan telah dikombinasikan dengan skin color ampoule yang memiliki bahan alami sehingga aman untuk kulit. Bahan pewarna yang digunakan merupakan salah satu hal yang menjadi perhatian besar dalam sulam bedak karena akan menetap selama beberapa waktu di dalam lapisan kulit seperti halnya tatto semi permanen.

 

 

3 dari 4 halaman

Prosedur Sulam Bedak 

Sebelum memutuskan untuk melakukan sulam bedak, ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan, salah satunya adalah prosedur dari sulam bedak itu sendiri. Supaya tidak bertanya-tanya tentang bagaimana prosedur sulam bedak dilakukan, maka Anda bisa menyimak penjelasan berikut ini:

1. Seperti halnya perawatan pada umumnya, sebelum melakukan proses perawatan sulam bedak, Anda harus berkonsultasi dengan dokter kulit dan kecantikan terlebih dahulu. 

2. Jika sudah mengantongi ijin dan sudah mempertimbangkan berbagai resiko, maka Anda bisa memesan teknik sulam bedak di salon kecantikan.

3. Prosesinya akan dimulai dengan membersihkan wajah terlebih dahulu.

4. Selanjutnya, Anda akan diberikan anestesi yang bertujuan untuk mengurangi sensasi nyeri pada wajah.

5. Sebuah pigmen berupa cairan ampul yang terbuat dari foundation berbahan alami akan disuntikkan ke dalam lapisan kulit wajah menggunakan jarum dermaroller berukuran mikro.

6. Setelah pigmen foundation terserap ke dalam kulit, terapis akan memasang masker wajah untuk menghidrasi dan menutrisi kulit wajah.

 

 

4 dari 4 halaman

Dampak sulam bedak terhadap kulit wajah

Dampak positif dan negatif dari sulam bedakSeperti halnya berbagai perawatan kecantikan lainnya, teknik sulam bedak tentunya memiliki dampak positif dan negatif. Berikut merupakan dampak yang akan timbul dari perawatan sulam bedak:

Dampak Positif

Sulam bedak atau BB Face Glow merupakan perawatan kecantikan yang menggunakan teknik microneedling untuk memasukkan pigmen BB atau pewarna kulit ke lapisan kulit wajah pasien. Perawatan ini akan memberikan efek warna kulit yang lebih cerah. Sulam bedak juga dapat membantu untuk menghilangkan noda hitam di wajah seperti paparan sinar matahari, bekas jerawat, hingga flek hitam. Sehingga pasien tidak perlu menggunakan bedak atau foundation setiap harinya. 

Sulam bedak ini bisa menjadi alternatif bagi Anda yang kerap kali kesulitan untuk memilih warna foundation. Waktu untuk makeup jadi lebih ringkas karena tidak perlu mengaplikasikannya setiap waktu. Cukup melakukan riasan mata dan lipstik, Anda sudah dapat penampilan yang maksimal. Kulit juga dapat terlihat lebih sehat karena terlihat glowing setiap saat.

Dampak negatif

Seperti halnya tatto, perawatan sulam bedak ini memasukkan skin color ampule ke lapisan kulit yang terluar. Sehingga akan ada zat pewarna yang menetap di dalam kulit dalam jangka waktu tertentu. Efek dari jarum mikro dan pigmen asing yang masuk ke dalam kulit ini yakni dapat merusak keseimbangan alami kulit.

Jika tidak cocok, Anda bisa mengalami pembengkakan, kemerahan, perubahan warna kulit yang tak diinginkan, infeksi, memar, bekas luka, hingga rasa nyeri. Sulam bedak juga dapat menimbulkan reaksi alergi seperti rasa panas dan gatal pada tubuh.

Maka dari itu, sebelum melakukan perawatan ini, pasien sangat disarankan untuk melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter kulit. Sehingga dapat meminimalisir resiko atau dampak negatif yang bisa saja muncul nantinya. Meski demikian, kasus terkait hal ini juga jarang terjadi, karena sulam bedak ini telah dicoba oleh banyak orang dan banyak yang melakukan klaim bahwa perawatan ini aman untuk kulit wajah.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.