Sukses

14 Cara Diet Sehat Turunkan Berat Badan yang Cepat dan Aman Bagi Tubuh

Simak cara diet sehat berikut ini agar tidak membahayakan tubuh.

Liputan6.com, Jakarta Nampaknya hampir tiap orang menginginkan tubuh yang ideal. Untuk mencapai tujuan tersebut, tidak jarang diet ekstrem dilakukan. Memang, diet menjadi salah satu cara yang efektif jika tujuannya untuk menurunkan berat badan.

Tapi, sayangnya masih banyak orang yang justru menjalankan diet tidak sehat, salah satunya dengan menahan rasa lapar berlebihan bahkan sampai mengonsumsi obat diet yang mengandung bahan kimia berbahaya.

Padahal penerapan cara diet tersebut sangat salah dan justru menimbulkan efek samping seperti sakit. Itulah mengapa, perlu dilakukan cara diet sehat. Sebab cara diet sehat sangat memperhatikan kecukupan nutrisi bagi tubuh. Dengan begitu, cara diet sehat tidak hanya membantu Anda mendapatkan berat badan ideal, namun juga tubuh semakin bugar dan bertenaga.

Di bawah ini Liputan6.com telah merangkum cara diet sehat yang baik dan benar serta tidak menyebabkan efek samping yang berbahaya bagi tubuh, Jumat (13/11/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Cara Diet Sehat

1. Kurangi asupan gula

Cara diet sehat yang pertama bisa dimulai dari mengurangi asupan gula. Sebab selain bisa menyebabkan berbagai jenis penyakit salah satunya diabetes tipe-2, konsumsi gula berlebih juga bisa menjadi penyebab berat badan bertambah.

Apabila membatasi konsumsi gula sulit dilakukan, maka bisa dengan mengganti jenis gula yang dikonsumsi. Anda bisa mengganti gula pasir dengan gula arena tau madu sebagai pemanis.

 

2. Kurangi asupan karbohidrat

Cara diet sehat yang selanjutnya dengan mengurangi asupan karbohidrat terutama karbohidrat sederhana. Namun tidak perlu menghindari karbohidrat sepenuhnya. Anda bisa mengganti jenis karbohidrat tersebut dengan jenis karbohidrat kompleks namun tetap dengan porsi yang diperhatikan dan jangan berlebihan.

3 dari 8 halaman

Cara Diet Sehat

3. Jauhi makanan olahan

Makanan olahan merupakan jenis makanan yang hampir seluruh nutrisi dan serat bermanfaatnya sudah hilang. Makanan olahan tersebut dapat meningkatkan risiko makan berlebihan dan penyakit. Makanan olahan sendiri jenisnya seperti tepung putih, roti putih, minuman kemasan, soda, makanan ringan, hingga junk food.

 

4. Cukupi kebutuhan protein

Cara diet sehat dengan asupan protein tinggi sangat baik dalam membantu menurunkan berat badan. Cara diet sehat tinggi protein juga ampuh membuat tubuh merasa lebih kenyang dan sangat baik dalam menekan nafsu makan. Biasanya, tubuh akan membakar kalori ketika mencerna dan melakukan metabolisme protein. Hal ini yang membuat diet tinggi protein turut berperan dalam meningkatkan metabolisme tubuh bahkan sampai 80-100 kalori per hari. Protein yang bisa dikonsumsi seperti telur, ayam, ikan, daging tanpa lemak, dan kacang-kacangan.

4 dari 8 halaman

Cara Diet Sehat

5. Konsumsi lemak sehat

Kenapa konsumsi lemak saat sedang diet? Konsumsi lemak sehat sendiri menjadi salah satu bagian dari cara diet sehat. Hal tersebut karena lemak sehat diketahui mampu menurunkan risiko penyakit jantung, stroke, serta kolesterol jahat. Sumber lemak sehat yang bisa dikonsumsi seperti alpukat, minyak zaitun, dan ikan.

 

6. Makan buah dan sayur

Setelah konsumsi protein dan lemak, jangan lupa konsumsi juga sayur dan buah. Buah mengandung air, nutrisi dan serat yang sangat tinggi, sehingga baik dalam menjaga pencernaan. Selain itu, serat tersebut juga membantu menekan nafsu makan karena serat akan membuat perut terasa kenyang lebih cepat.

5 dari 8 halaman

Cara Diet Sehat

7. Perbanyak konsumsi air

Meski bisa mendapatkan asupan air dari buah, namun tetap saja konsumsi air mineral yang cukup sangat penting dalam membantu meningkatkan metabolisme. Selain itu, dengan minum air sebelum makan juga akan membantu mengurangi jumlah makanan yang dikonsumsi.

 

8. Catat apa saja yang dimakan

Cara diet sehat selanjutnya dengan mencatat apa saja yang dimakan. Apabila bermaksud menurunkan berat badan, maka perlu mengingat apa saja yang Anda makan setiap hari. Tujuannya agar tidak makan berlebihan dan bisa memastikan jumlah asupan kalori harian terlalu berlebihan atau tidak.

6 dari 8 halaman

Cara Diet Sehat

9. Minum teh hijau

Konsumsi teh hijau bisa membantu dalam proses peningkatan pembakaran lemak yang berujung pada penurunan berat badan. Teh hijau akan meningkatkan pengeluaran energi serta pembakaran lemak. Namun, jangan tambahkan gula pada teh hijau tersebut.

 

10. Pakai piring ukuran kecil

Beberapa penelitian menunjukkan jika menggunakan piring yang lebih kecil akan membantu seseorang untuk makan lebih sedikit. Sebab piring yang lebih kecil akan merubah seseorang dalam melihat ukuran porsi makanannya.

7 dari 8 halaman

Cara Diet Sehat

11. Jangan tinggalkan sarapan

Kebiasaan tidak sarapan perlu ditinggalkan jika ingin mempraktikkan cara diet sehat. Sebab sarapan menjadi bagian penting jika ingin berat badan turun. Pastikan untuk mengonsumsi makanan 45 menit setelah Anda bangun. Hal ini penting sebab ketika bangun tidur, metabolisme tubuh rendah dan perlu dipacu dengan makanan. Ketika Anda makan, metabolisme akan meningkat dan bisa membantu pembakaran lemak.

 

12. Tidur cukup

Ternyata, cara diet sehat tidak selalu dari segi nutrisi dan makanan. Sebab kebisaan untuk tidur cukup juga sangat penting dalam menurunkan berat badan. Dengan tidur cukup bisa mencegah penambahan berat badan. Sebab kualitas tidur yang buruk bisa mengganggu fluktuasi harian hormon nafsu makan. Hal ini berdampak pada seseorang menjadi lebih cepat lapar dan akhirnya berat badan bisa naik.

8 dari 8 halaman

Cara Diet Sehat

13. Olahraga

Cara diet sehat ini sudah pasti dan penting dilakukan. Olahraga sendiri bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja. Anda bisa mencoba olahraga kardio seperti jogging, lari, bersepeda, jalan cepat, atau hiking. Selain itu, Anda bisa juga mencoba olahraga angkat beban di gym.

 

14. Jangan menyerah

Cara diet sehat yang terakhir mungkin sering disepelekan. Namun, cara ini adalah inti dari seluruh kegaiatan yang akan dan sedang Anda lakukan di poin sebelumnya. Tanpa niat dan tekad yang kuat, maka hasil dan tujuan tidak akan tercapai. Itulah mengapa, selalu semangat dan jangan putus asa apabila jarum timbangan belum bergeser ke arah kiri. Selalu jalani dengan sabar dan yakin niat baik akan sejalan dengan hasilnya. Semoga berhasil, ya!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini