Sukses

7 Dampak Buruk Memakai Kaus Kaki Sempit untuk Kesehatan, Segera Hindari

Dampak buruk memakai kaus kaki sempit dapat menimbulkan berbagai masalah pada kaki.

Liputan6.com, Jakarta Dampak buruk memakai kaus kaki sempit dapat menimbulkan berbagai masalah pada kaki. Walaupun terkesan sepele, memakai kaus kaki sempit harus segera dihindari agar kamu terhindari dari berbagai dampak buruknya.

Apalagi, menggunakan kaus kaki yang sempit tentunya juga membuat kamu kurang nyaman. Hal ini jika tetap diteruskan dalam waktu yang lama akan menimbulkan berbagai masalah untuk kaki. Oleh karena itu, kamu harus teliti dalam memilih kaus kaki agar tidak terlalu ketat saat digunakan pada kaki.

Dampak buruk memakai kaus kaki sempit perlu diperhatikan. Mengganggu sirkulasi darah, menyebabkan kaki mati rasa, bengkak, hingga berisiko terkena infeksi jamur merupakan beberapa contoh dampak buruk memakai kaus kaki sempit untuk kesehatan kaki.

Berikut Liputan6.com rangkum dari Klikdokter, Selasa (10/11/2020) tentang dampak buruk memakai kaus kaki sempit.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Dampak Buruk Memakai Kaus Kaki Sempit

Mengganggu Sirkulasi Darah

Dampak buruk memakai kaus kaki sempit yang pertama adalah dapat mengganggu sirkulasi darah. Penggunaan kaus kaki yang terlalu ketat dapat menghambat aliran darah. Hal ini disebabkan karena pembuluh darah tertekan oleh jaringan di sekitarnya.

Akibat dari terhambatnya aliran darah dapat membuat kaki menjadi terasa tidak nyaman dan menimbulkan nyeri karena oksigen dalam aliran darah tidak dapat sampai ke jaringan. Itulah sebabnya kamu dilarang menggunakan kaus kaki dan sepatu yang terlalu ketat dalam waktu yang lama.

Meningkatkan Risiko Varises

Terhambatnya aliran darah dapat meningkatkan risiko varises. Penggunaan kaus kaki yang sempit tidak hanya menambah risiko terjadinya varises, bahkan juga dapat memperparah kondisi seseorang yang sudah terkena penyakit tersebut.

3 dari 4 halaman

Dampak Buruk Memakai Kaus Kaki Sempit

Kaki Mati Rasa

Dampak buruk memakai kaus kaki yang terlalu sempit juga dapat menyebabkan mati rasa. Hal ini merupakan kelanjutan dari terhambatnya aliran darah. Bila dibiarkan, kaki akan terasa mati rasa. Agar kamu terhindar dari kondisi ini, kamu harus benar-benar memperhatikan ukuran saat menggunakan kaus kaki. Bila kaki mulai terasa tidak nyaman, sebaiknya segera lepaskan kaus kaki.

Kaki Bengkak

Kaki bengkak atau yang dalam istilah medis disebut dengan edema adalah efek samping lainnya dari menggunakan kaus kaki yang sempit. Pembengkakan ini terjadi karena akumulasi cairan yang tidak terdistribusi dengan lancar di seluruh bagian kaki.

4 dari 4 halaman

Dampak Buruk Memakai Kaus Kaki Sempit

Menyebabkan Iritasi Kulit

Selain itu, memakai kaus kaki yang terlalu ketat juga dapat menyebabkan iritasi kulit. Hal ini mulanya hanya meninggalkan bekas saja pada kulit kamu. Namun, bagi beberapa orang, memakai kaus kaki sempit dapat menyebabkan iritasi, sehingga kulit akan terlihat kemerahan dan bahkan terasa gatal. Kondisi ini tentunya sangat tidak nyaman dan sangat mengganggu.

Munculnya Mata Ikan

Mata ikan adalah kondisi ketika kulit mengalami penebalan akibat adanya tekanan dan gesekan. Salah satu penyebab terjadinya kondisi ini adalah penggunaan kaus kaki yang tidak tepat. Meski tidak berbahaya, mata ikan dapat mengganggu aktivitas. Oleh karena itu, pastikan kamu menggunakan kaus kaki yang jahitannya sesuai, tidak terlalu besar ataupun terlalu sempit hingga mengakibatkan tekanan atau gesekan.

Infeksi Jamur

Dampak buruk memakai kaus kaki sempit berikutnya adalah infeksi jamur. Infeksi ini biasanya terjadi di antara jari jempol dan telunjuk kaki. Penggunaan kaus kaki yang terlalu sempit disertai keringat akibat beraktivitas sehari-hari menyebabkan kulit kaki menjadi lembap. Kondisi lembap inilah yang merupakan lingkungan kondusif untuk jamur bertumbuh.

Itulah beberapa dampak buruk memakai kaus kaki sempit untuk kesehatan. Jadi, pilihlah kaus kaki yang sesuai dengan ukuran kaki kamu agar nyaman dan tidak berbahaya bagi kesehatan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini