8 Cara Menjaga Kesehatan agar Tidak Mudah Sakit, Terapkan Pola Hidup Sehat

Oleh Selma Intania Hafidha pada 10 Nov 2020, 10:35 WIB
Diperbarui 10 Nov 2020, 10:50 WIB
Kebugaran
Perbesar
Ilustrasi gaya hidup sehat untuk menjaga kebugaran tubuh.

Liputan6.com, Jakarta Cara menjaga kesehatan agar tidak mudah sakit penting untuk diperhatikan. Aktivitas yang padat membuat kamu harus lebih memperhatikan kesehatannya. Tak hanya itu, ketika musim pancaroba tiba, kamu harus memperhatikan kesehatan dengan menerapkan pola hidup sehat dan asupan makanan yang kamu konsumsi.

Memiliki daya tahan tubuh yang kuat membuat tubuh kamu lebih kebal terhadap serangan penyakit. Oleh sebab itu, penting untuk kamu memperhatikan cara menjaga kesehatan agar tidak mudah sakit. Tak hanya makanan sehat dan gaya hidup sehat, penambahan suplemen dalam bentuk vitamin dan mineral dibutuhkan agar sistem kekebalan tubuh bisa berfungsi dengan normal.

Pasalnya, sistem kekebalan tubuh kamu bisa saja menurun jika bakteri, virus, parasit, dan jamur menyerang tubuh. Hal tersebut bisa membuat kamu mudah terserang penyakit. Selain itu, kamu juga perlu mengonsumsi suplemen dalam bentuk vitamin dan mineral jika kebutuhan gizi dari asupan sehari-hari tidak tercukupi. 

Jika semua tidak terpenuhi, bisa saja sistem kekebelan tubuh tidak dapat berfungsi dengan baik. Oleh sebab itu penting memperhatikan cara menjaga kesehatan agar tidak mudah sakit. Cara menjaga kesehatan agar tidak mudah sakit ini mudah dilakukan jika kamu mulai membiasakan hidup sehat.

Berikut Liputan6.com merangkum dari berbagai sumber tentang cara menjaga kesehatan agar tidak mudah sakit, Selasa (10/11/2020).

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Cara Menjaga Kesehatan Agar Tidak Mudah Sakit

Sayuran Hijau
Perbesar
Ilustrasi Sayuran Hijau Credit: freepik.com

Cara menjaga kesehatan agar tidak mudah sakit penting untuk kamu perhatikan. Tubuh kamu harus senantiasa dijaga agar tetap fit dan terhindar dari serangan penyakit. Musim pancaroba dan aktivitas yang pada kerap kali membuat daya tahan tubuh kamu menurun. Oleh sebab itu kamu perlu mencoba cara menjaga kesehatan agar tidak mudah sakit.

Beberapa hal yang menjadi penyebab menurunnya daya tahan tubuh kamu, seperti wabah flu yang sering terjadi saat musim hujan (karena virus bertahan di udara lebih lama pada musim ini), mengonsumsi makanan yang tidak sehat, kurang tidur, dan mengalami stres.

1. Makan Sayuran Hijau

Cara menjaga kesehatan agar tidak mudah sakit yang pertama yakni adalah konsumsi sayuran hijau. Kamu bisa memperbanyak konsumsi sayuran agar daya tahan tubuh kamu tetap terjaga. Sayuran hijau dan berdaun kaya akan vitamin yang membantu kamu menjaga diet seimbang dan mendukung sistem kekebalan tubuh yang sehat.

Selain itu, makan sayuran criciferous, seperti brokoli, kembang kol, dan kol, dapat membantu mengirimkan sinyal kimia ke tubuh yang meningkatkan protein pada permukaan sel yang diperlukan untuk membuat kerja sistem kekebalan tubuh lebih optimal.

2. Konsumsi Vitamin D

Cara menjaga kesehatan agar tidak mudah sakit berikutnya yakni dengan mengonsumsi vitamin D. Kamu bisa mengomsumsi makanan yang mengandung sumber vitamin D terbaik antara lain kuning telur, jamur, ikan salmon, ikan tuna, dan hati sapi. Pasalnya, kekurangan vitamin D dapat menyebabkan gejala seperti pertumbuhan tulang yang buruk, masalah jantung, dan sistem kekebalan tubuh yang lemah.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Cara Menjaga Kesehatan Agar Tidak Mudah Sakit

teh hijau
Perbesar
ilustrasi teh hijau/photo By KMNPhoto (Shutterstock)

3. Minum Teh Hijau

Rutin mengonsumsi teh hijau dapat membantu menjaga kesehatan tubuh kamu agar tidak mudah sakit. Cara menjaga kesehatan agar tidak mudah sakit satu sudah sering dilakukan karena teh hijau sendiri menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan.

Manfaat kesehatan teh hijau mungkin karena tingginya tingkat antioksidan, yang disebut flavonoid. Sehingga dapat menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

4. Minum Suplemen Makanan

Cara menjaga kesehatan agar tidak mudah sakit berikutnya yakni dengan konsumsi suplemen makanan atau vitamin. Namun, efek suplemen bagi kekebalan tubuh secara umum masih perlu diteliti lebih lanjut. Suplemen makanan yang baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh, setidaknya mengandung beberapa zat ini, di antaranya:

- Beragam jenis vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh Anda, seperti vitamin A, B, C, dan E.

- Panax Ginseng Ginseng dipercaya sebagai salah satu obat herbal yang paling terkenal di dunia. Ginsengdipercaya mampu meningkatkan kekebalan tubuh Anda, menurunkan kadar gula darah, mampu memperbaiki mood, serta mengatasi kelelahan dan tekanan darah tinggi.

- Selenium dan Magnesium Selenium adalah mineral yang ditemukan di tanah, dan secara alami terkandung di air dan beberapa makanan. Selenium ini memiliki peranan penting dalam proses metabolisme Anda. Selenium rupanya dikenal karena sifat antioksidannya, yakni mampu melindungi sel dari kerusakan. 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Cara Menjaga Kesehatan Agar Tidak Mudah Sakit

olahraga membuat bahagia
Perbesar
pixabay

5. Olahraga Rutin

Cara menjaga kesehatan agar tidak mudah sakit berikutnya yakni dengan aktif bergerak atau rutin melakukan olahraga. Kamu bisa mulai dengan olahraga ringan jika kamu tipe orang yang malas berolahraga. Namun kamu harus mulai membiasakan diri rutin melakukan olahraga agar terhindar dari serangan penyakit.

Sebuah penelitian membuktikan bahwa olahraga teratur dapat mencegah peradangan dan penyakit kronis, mengurangi stres, serta mempercepat peredaran sel darah putih dalam melawan penyakit.

6. Istirahat yang Cukup

Cara menjaga kesehatan agar tidak mudah sakit berikutnya yakni dengan istirahat yang cukup. Setelah seharian dipadatkan dengan aktivitas, kamu harus memastikan kamu memiliki waktu yang cukup untuk istirahat. Kamu juga harus menenangkan pikiran agar tidak mudah stres dan tidak mudah terserang penyakit.

Tidur yang cukup merupakan salah satu kunci dari kekebalan tubuh yang kuat. Sebuah penelitian menunjukan bahwa orang yang tidur minimal delapan jam setiap malam selama dua minggu menunjukkan bahwa tubuh lebih kebal dari serangan virus dan kuman bakteri.

Sementara, orang yang kurang dari 6 jam setiap malam akan 4 kali lebih mudah mengalami flu karena virus dibandingkan orang yang tidur 7 jam atau lebih.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Cara Menjaga Kesehatan Agar Tidak Mudah Sakit

mencuci tangan
Perbesar
ilustrasi cuci tangan/credit: @pixabay/ivabalk

7. Kelola Stres dengan Baik

Cara menjaga kesehatan agar tidak mudah sakit berikutnya yakni kamu perlu mengelola stres kamu dengan baik. Stres yang berlebihan bisa membuat kamu lebih mudah terserang penyakit karena beba pikiran kamu yang banyak. Stres sudah terbukti dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh, sehingga membuat orang menjadi mudah terserang penyakit.

Kortisol membantu melawan peradangan dan penyakit. Pelepasan hormon secara konstan pada orang yang mengalami stres kronis ternyata dapat mengurangi kemampuan hormon tersebut. Hal ini dapat mengakibatkan tubuh mengalami peradangan dan rentan terhadap penyakit. Jadi salah satu cara menjaga kesehatan tubuh yang tepat adalah dengan mengendalikan stres.

8. Menjaga Kebersihan

Cara menjaga kesehatan agar tidak mudah sakit berikutnya yakni dengan menjaga kebersihan diri dan lingkungan kamu. Dengan menjaga kebersihan diri dan lingkungan sekitar kamu, kamu dapat terjaga dan terhindar dari serangan penyakit.

Beberapa cara yang bisa kamu terapkan untuk menjaga kebersihan yakni mandi setiap hari, rajin mencuci tangan baik sebelum atau setelah makan, atau ketika kamu akan beraktivitas, selain itu juga kamu harus selalu menutup mulut dan hidung dengan tisu saat batuk atau bersin.

 

 

Lanjutkan Membaca ↓