Sukses

Absen di MotoGP Eropa, Marc Marquez Diragukan Tampil Sampai Akhir Musim

MotoGP Spanyol yang diadakan di Sirkuit Ricardo Tormo dipastikan tidak akan diikuti oleh Marc Marquez.

Liputan6.com, Jakarta MotoGP Spanyol yang diadakan di Sirkuit Ricardo Tormo dipastikan tidak akan diikuti oleh Marc Marquez. Hal ini diketahui setelah Repsol Honda (Tim Marquez) kembali mengeluarkan pernyataan kalau pembalap yang identik dengan nomor 93 ini tak akan tampil di MotoGP Eropa yang akan berlangsung akhir pekan ini. Bahkan ada indikasi Marquez bakal sama sekali tidak tampil hingga akhir musim.

Juara MotoGP musim lalu ini mengalami cedera patah tulang lengan dan belum bisa tampil di gelaran MotoGP hingga sekarang. Sementara itu, menjelang MotoGP Eropa di sirkuit Ricardo Tormo, Spanyol, beredar kabar bahwa sang juara bertahan tak mungkin lagi membalap musim ini, seperti dilansir dari media Spanyol dan juga Stefan Bradl.

MotoGP 2020 tinggal menyisakan tiga seri lagi. Satu seri di Portimao menjadi seri terbaru dari seluruh jadwal yang ada. Awalnya, Marc Marquez diperkirakan akan tampil di seri terakhir MotoGP Portugal di sirkuit Portimao. Namun kabar terakhir menyebutkan, hal ini masih sulit terjadi.

Selain itu, belum ada video yang menunjukkan Marc Marquez berlatih motocross. Hal ini biasanya menjadi salah satu rutinitas pembalap tim Repsol Honda tersebut sebelum tampil di ajang MotoGP.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kabar Terkini Marc Marquez

Seperti yang telah diketahui, Marc Marquez mengalami kecelakaan pada balapan MotoGP Jerez, 19 Juli lalu. Motor yang ia kendarai highside saat coba menyalip Maverick Vinales untuk berada di posisi kedua. Hasil pemeriksaan, menunjukkan Marquez mengalami patah tulang humerus kanan dan harus menjalan operasi.

Pembalap berusia 27 tahun ini sebelumnya diberitakan akan menjalani operasi ketiga di lengan kanannya. Tapi kabar ini langsung dibantah oleh Repsol Honda.

"Kabar pemulihan Marquez sudah sesuai yang direncanakan. Karena pemulihan ini lama dan rumit, Marquez dan orang-orang dalam tim tak perlu khawatir," bunyi pernyataan Honda.

Marquez sudah jalani operasi kedua untuk memasukkan kembali plat titanium yang rusak dari latihan pertama. Namun belum ada kabar jelas bagaimana hasil operasi kedua.

Sejauh ini, Marquez hanya mengungkapkan harapan besarnya bisa tampil di MotoGP Portimao. Meski belum ada keputusan apakah dia tampil pada balapan 22 November nanti.

"Saya berharap bisa ikut di balapan nanti," ujar pembalap yang dijuluki Baby Alien ini.

3 dari 4 halaman

Kondisi Tim Repsol Honda di MotoGP 2020

Absennya Marquez cukup berpengaruh terhadap tim Repsol Honda. Pembalap pengganti Marquez, Stefan Bradl berada di posisi 20 klasemen dengan poin 12, dan Alex Marquez, adik dari Marc bercokol di posisi 13 dengan 67 poin.

Posisi teratas masih diduduki oleh Joan Mir dari tim Suzuki Ecstar dengan poin 137, diikuti Fabio Quartararo dari Petronas Yamaha di posisi kedua dengan 123 poin, dan Maverick Viñales dari Monster Yamaha dengan 118 poin.

Stefan Bradl yang menggantikan Marquez berharap bisa meraih hasil bagus di MotoGP Eropa. Dia mengatakan sudah pernah melakukan tes di Valencia.

"Kami sudah melakukan tes di Valencia di masa lalu. Kami juga alami perkembangan di Aragon. Saya pikir kami bisa dapat hasil bagus akhir pekan ini," ujarnya.

4 dari 4 halaman

Jadwal MotoGP Eropa

Jumat (6/11/2020)

15:55 - 16:40: FP1

20:10 - 20:55: FP2

 

Sabtu (7/11/2020)

15:55 - 16:40: FP3

19:30 - 20:00: FP4

20:10 - 20:25: Kualifikasi 1

20:35 - 20:50: Kualifikasi 2

 

Minggu (8/11/2020)

15:40 - 16:00: Pemanasan

20:00: Balapan

Live: Trans 7/MotoGP.com

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini