Sukses

7 Cara Merawat Rok Plisket Agar Tak Mudah Rusak

Cara merawat rok plisket supaya awet dan tidak mudah rusak.

Liputan6.com, Jakarta Sebenarnya rok plisket bukanlah sebuah barang yang baru, dahulu rok ini sempat menjadi salah satu fashion item di era tahun 90-an. Namun seiring dengan perkembangan fashion, rok ini pun kehilangan masa jayanya. Kini, akhirnya rok plisket kembali digemari oleh para pelaku fashion. Jadi, cara merawat rok plisket perlu kamu ketahui.

Kini rok plisket atau pleated skirt merupakan salah satu fashion item yang tengah digandrungi di kalangan kaum hawa yang menyukai fashion. Sesuai dengan namanya, rok ini biasanya memiliki banyak lipatan vertikal sehingga memberikan kesan feminin dan fashionable kepada pemakainya. 

Rok plisket mudah dipadupadankan dengan berbagai pakaian. Misalkan saja jika ingin tampil simpel, Anda bisa memadukan rok plisket dengan sweater lengan panjang. Jika ingin tampil seksi, Anda bisa memadukan rok plisket dengan croptop. Rok ini juga membuat pemakainya nampak memiliki kaki yang panjang.

Meski demikian, rok plisket ini ternyata membutuhkan cara merawat rok plisket yang khusus agar plisket atau lipatan vertikalnya tidak mudah rusak dan berubah. Jika kehilangan ciri khasnya, tentu rok tersebut sudah tak bisa disebut sebagai rok plisket lagi.

Lantas, kira-kira seperti apakah perawatan khusus untuk rok plisket agar tetap awet? Berikut ini merupakan tips-tipsnya yang dirangkum dari berbagai sumber oleh Liputan6.com, Selasa (3/10/2020) tentang cara merawat rok plisket.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Merawat Rok Plisket Agar Tak Mudah Rusak

1. Cermati label perawatan

Ada beberapa brand fashion besar, biasanya akan mencantumkan instruksi perawatan pada label yang tertera di dalam rok. Dalam instruksi tersebut ada cara-cara khusus atau instruksi tentang bagaimana cara terbaik dalam merawat fashion item Anda.

Sehingga, sebelum mencuci rok tersebut, pastikan Anda mencermati label perawatan yang tertera dengan baik dan benar. Hal ini dapat membantu Anda untuk memberikan perawatan yang tepat agar rok plisket tetap bagus dan awet.

2. Cuci dengan teknik celup

Salah satu hal terpenting dalam menjaga rok plisket Anda adalah dengan memperhatikan cara mencucinya. Beberapa brand fashion ternama biasanya akan menyarankan Anda untuk tidak mencuci rok plisket menggunakan mesin cuci karena bisa menyebabkan lipatannya cepat pudar.

Sebaiknya, Anda dapat melakukan teknik cuci celup ke air detergen. ketika dicelup, sebaiknya dikucek namun jangan terlalu keras. Pastikan pula untuk tidak menyikat rok ini karena bisa merusak lipatannya. 

3. Hindari menggunakan mesin pengering

Setelah mencuci dengan teknik mencelup, sebaiknya Anda berhati-hati dalam memeras rok plisket. Hal ini supaya Anda tidak merusak bagian lipatan yang ada. 

Agar menghindari rusaknya bagian ini, ada baiknya pula Anda untuk tidak menggunakan mesin pengering dan mencampurkannya dengan pakaian lain. Hal ini lantaran ketika di dalam mesin pengering, bisa saja rok plisket akan tertarik-tarik dan plisket atau lipatannya menghilang dikarenakan hal tersebut.

 

3 dari 4 halaman

Cara Merawat Rok Plisket Agar Tak Mudah Rusak

4. Hindari menjemur rok plisket di bawah terik matahari

Ketika masuk ke proses penjemuran, sebaiknya Anda tidak menjemuk rok ini di bawah terik sinar matahari dengan durasi waktu yang terlalu lama. Dengan melakukan ini dikhawatirkan paparan sinar matahari yang terik dapat menyebabkan rok Anda menyusut. Sehingga lipatan pada rok plisket bisa berubah.

Untuk menjemur rok plisket, disarankan untuk ditempat yang teduh dan hanya diangin-angin saja. Sehingga tidak perlu untuk menjemur di bawah terik matahari secara langsung. Selain itu, hal ini juga dapat mengantisipasi warna dari rok tersebut agar tidak pudar.

5. Setrika dengan suhu rendah

Sebenarnya, penggunaakn setrika pada rok plisket sangat tidak disarankan. Hal ini dikarenakan panas pada setrika dapat membuat lipatannya rusak dan hilang. Maka dari itu, jika ingin menyetrika rok ini, sebaiknya gunakanlah tingkat panas yang paling rendah, sehingga dapat meminimalisir kerusakan pada lipatan roknya.

Selain itu, Anda juga dapat melipat roknya terlebih dahulu. Kemudian arahkan setrika sesuai dengan lipatan rok untuk mempertahankan lipatan atau tampilan aslinya.

 

4 dari 4 halaman

Cara Merawat Rok Plisket Agar Tak Mudah Rusak

 6. Manfaatkan paperclips 

Jika Anda mengalami kesulitan ketika menyetrika rok plisket, maka Anda bisa memanfaatkan paperclips atau klip kertas. Fungsi dari paperclip ini adalah untuk menjaga agar lipatan tidak saling tumpang tindih sehingga bentuknya jadi berubah saat disetrika.

Untuk mempraktikkan cara ini, pertama siapkan dulu setrika dan atur ke suhu panas yang paling rendah. Kemudian rapikan lipatan rok sesuai dengan garis lipatannya. Kemudian, jepit pada bagian ujung bawah lipit dengan jepitan kertas agar tidak bergerak. Setelah itu, Anda bisa menyetrika lipatannya dalam satu gosokan atau dari arah atas ke bawah. Jika sudah, lepaskan klip kertas dan rok pun siap digunakan.

 

7. Simpan dengan cara digantung

Terakhir, supaya rok plisket Anda tetap awet, pastikan untuk menyimpannya dengan benar. Rok plisket sebaiknya tidak dilipat, melainkan disimpan dengan cara digantung. Sebab, ketika dilipat, rok ini bisa kusut dan terlihat tidak natural karena adanya lipatan-lipatan tambahan.

Ketika menggantung rok plisket, pastikan bahwa Anda menggunakan gantungan khusus bawahan yang memiliki jepitan untuk bagain pinggang rok. Selain itu, pastikan agar kondisi rok tetap rapi meski disimpan lama di dalam lemari, sebaiknya bungkuslah dengan plastik. Kabarnya cara ini bisa membuat lipatan rok tetap bagus dan sempurna meski terhimpit dengan pakaian lain saat digantung.

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini