Sukses

10 Pengganti Whipping Cream untuk Kue, Mudah Dibuat

Tak perlu repot jika tidak bisa menemukan whipping cream.

Liputan6.com, Jakarta Whipping cream atau krim kocok merupakan bahan yang umum di banyak resep. Whipping cream paling sering digunakan untuk kue, es krim, dan beragam makanan penutup. Namun, beberapa orang memilih untuk tidak menggunakannya karena berbagai alasan.

Whipping cream terkadang tidak selalu tersedia di toko. Tak jarang orang melewatkan penggunaan whipping cream karena harganya yang mahal. Padahal, whipping cream bisa menambah cita rasa pada kue atau hidangan lainnya.

Namun, tak perlu khawatir jika tidak bisa menemukan whipping. Ada beberapa alternatif whipping cream yang bisa dibuat sendiri di rumah. Pengganti whipping cream ini sebagian cukup terjangkau. Bahan-bahan yang digunakan pun cukup mudah ditemukan.

Berikut 10 pengganti whipping cream untuk kue, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa(3/11/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Pengganti Whipping Cream untuk Kue

Susu dan butter

Menggabungkan susu dan butter adalah cara yang mudah dan sangat mudah untuk menggantikan whipping cream dan krim kental untuk berbagai resep. Campurkan 1/3 cangkir butter dengan 3/4 cangkir susu untuk pengganti krim kocok. Gunakan mixer untuk mengocok agar mencapai konsistensi yang diinginkan. Rasio ini setara dengan 1 cangkir whipping cream.

Susu kedelai dan minyak zaitun

Sama seperti susu dan butter, minyak zaitun menambahkan lemak ke susu kedelai untuk rasa dan fungsi yang sebanding dengan whipping cream dan krim kental. Untuk meniru rasa dan ketebalan 1 cangkir krim kental, campurkan 2/3 cangkir susu kedelai dengan 1/3 cangkir (79 ml) minyak zaitun.

3 dari 6 halaman

Pengganti Whipping Cream untuk Kue

Susu dan maizena

Jika kamu mencari alternatif whipping cream yang rendah lemak dan rendah kalori, kombinasi ini mungkin cocok untukmu. Tepung maizena digunakan untuk mengentalkan susu yang membantu mereproduksi tekstur krim kental.

Untuk mengganti 1 cangkir (237 ml) krim kental dalam resep, tambahkan 2 sendok makan (19 gram) tepung maizena ke dalam 1 cangkir (237 ml) susu dan aduk, biarkan campuran mengental.

Susu kedelai dan tahu sutera

Seperti tahu biasa, tahu sutra terbuat dari susu kedelai kental yang sudah dibentuk menjadi balok-balok putih padat. Tahu sutra memiliki konsistensi yang lebih lembut dan dapat dengan mudah dicampur menjadi krim kental yang berprotein tinggi dan bebas susu.

Mencampurnya dengan susu kedelai membantu memberikan tekstur yang halus untuk menghilangkan gumpalan. Campurkan tahu sutra dan susu kedelai dengan perbandingan yang sama, lalu aduk rata dalam food processor sampai campuran mencapai konsistensi yang halus dan kental.

4 dari 6 halaman

Pengganti Whipping Cream untuk Kue

Greek Yogurt dan susu

Campuran yogurt Yunani dan susu murni adalah alternatif lain dari whipping cream. Greek Yogurt mengandung protein tinggi dan dapat memberikan nutrisi sehat. Campurkan greek yogurt dan susu murni dengan perbandingan yang sama dan gunakan sebagai pengganti whipping cream dan kocok menggunakan mixer.

Susu evaporasi

Susu evaporasi adalah produk susu dengan sekitar 60% lebih sedikit air daripada susu biasa. Susu ini lebih kental dan lembut daripada susu biasa. Ini dapat menjadi alternatif rendah kalori untuk whipping cream.

Dinginkan susu evaporasi di lemari es semalaman, atau setidaknya 12 jam. Campurkan susu evaporasi dingin dengan 1 sdt. jus lemon dan kocok dengan mixer listrik. Lanjutkan mengocok sampai campuran mencapai kekentalan atau kekakuan yang diinginkan.

5 dari 6 halaman

Pengganti Whipping Cream untuk Kue

Keju cottage dan susu

Keju cottage tinggi protein dan banyak mikronutrien, menjadikannya pengganti yang sehat untuk pengganti whipping cream. Campurkan keju cottage dan susu dengan perbandingan yang sama, lalu aduk sampai semua gumpalan hilang. Kamu dapat menggunakan campuran ini sebagai pengganti krim kental dalam jumlah yang sama.

Krim kelapa

Krim kelapa adalah bahan serbaguna yang menjadi pengganti krim kental vegan yang sangat baik. Krim kelapa mudah dibuat di rumah menggunakan santan.Cukup dinginkan sekaleng santan berlemak penuh di lemari es semalaman, buka dan tuangkan isi cairan ke wadah lain. Krim kelapa yang kental dan mengeras yang tersisa kemudian dapat dikeluarkan dari kaleng dan digunakan sebagai pengganti whipping cream atau krim kental.

Meskipun krim kelapa memiliki khasiat yang mirip dengan krim kental, perlu diingat bahwa krim dapat mengubah rasa akhir.

6 dari 6 halaman

Pengganti Whipping Cream untuk Kue

Krim keju

Keju krim adalah jenis keju segar yang terbuat dari susu dan krim. Meskipun paling sering digunakan sebagai olesan, ini juga dapat menjadi pengganti yang baik untuk whipping cream dan krim kental. Secara khusus, keju krim merupakan pengganti yang baik untuk frosting.

Susu bubuk, air lemon, dan vanila

Campurkan 1/3 gelas air es dengan 1 1/4 sdt. jus lemon dan 1/2 sdt. vanila. Setelah bahan-bahan tercampur rata, perlahan tambahkan 1/3 cangkir susu bubuk tanpa lemak. Kocok dengan mixer kecepatan sedang selama lima menit dan periksa konsistensi.

Jika campuran kurang kaku, lanjutkan mengaduk selama lima menit lagi. Taburkan dalam 2 sendok makan gula gula dan kocok selama satu atau dua menit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.