Sukses

Pola Hidup Sehat adalah Kunci Hidup Berkualitas, Simak 6 Cara Ini

Dengan menjaga pola hidup sehat, maka hidup Anda bisa lebih berkualitas.

Liputan6.com, Jakarta Pola hidup sehat adalah kunci bagi Anda yang ingin memiliki kehidupan berkualitas. Dengan menerapkan pola hidup sehat, Anda juga dapat meminimalisir risiko berbagai penyakit yang diakibatkan oleh gaya hidup buruk.

Penyakit yang diakibatkan oleh gaya hidup tak seimbang antara lain yakni diabetes, kanker, jantung koroner, dan lain sebagainya. Untuk menghindari berbagai penyakit kronis tersebut maka menerapkan pola hidup sehat adalah kuncinya.

Dengan menerapkan pola hidup sehat adalah cara terbaik agar terhindar dari penyakit. Terlebih lagi sakit dapat membuat segala aktivitas menjadi terganggu dan terhenti. Maka dari itu, untuk tetap produktif, sebaiknya Anda menerapkan pola gaya hidup sehat sedari sekarang.

Pola hidup sehat adalah dimulai dari diri sendiri. Berikut merupakan langkah-langkah yang bisa Anda ikuti. Dirangkum dari berbagai sumber oleh Liputan6.com, Senin (2/10/2020).

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Lakukan olahraga setiap hari

Untuk memulai pola hidup sehat adalah dengan menyempatkan olahraga setiap harinya. Dengan berolahraga seperti halnya jogging atau pergi ke gym bisa membuat otot Anda terlatih dan menambah stamina. Sehingga Anda tidak akan mudah lelah. 

Selain dengan melakukan jogging atau pergi ke gym, Anda juga dapat memulainya dengan melakukan jalan santai ataupun yoga. Selain itu, berolahraga juga memiliki dampak sebagai pereda stress yang baik. Ketika berolahraga, anda menghasilkan hormon endorfin yang dapat menjaga mood agar tak mudah stress.

Bagi anda yang sedang memulai pola hidup sehat adalah penting untuk tidak memaksakan diri. Sehingga langkah awal yang bisa dilakukan adalah dengan pelan-pelan menambah durasi latihan fisik. Mulai dari 5 menit, 10 menit, 15 menit, dan dilanjutkan secara rutin.

 

 

3 dari 7 halaman

2. Bijak dalam memilih makanan

Makanan memiliki pengaruh yang sangat besar dalam gaya hidup Anda. Makan-makanan sembarangan dapat memicu berbagai penyakit dalam tubuh, misalkan saja kolesterol tinggi, diabetes, dan lain sebagainya.

Maka dari itu untuk memulai pola gaya hidup sehat adalah dengan memilih makanan dengan bijak. Makanan ini juga dapat mempengaruhi mood Anda dalam bekerja. Seingga sebaiknya untuk mengonsumsi makanan yang memiliki gizi berimbang. Di antaranya yakni yang mencangkup karbohidrat, serat, protein, dan lemak baik. Jangan hanya bergantung dengan satu jenis makanan pokok saja. Anda bisa mengganti makanan pokok dengan jagung, mi, ubi, atau kentang. Jadi, tak harus nasi terus.

Kemudian, Anda juga perlu memerhatikan porsi makan Anda. Jangan sampai melakukan diet berlebihan hingga jatuh sakit. Namun jangan pula makan secara berlebihan yang menyebabkan kegemukan.

Selain memilah makanan yang akan dikonsumsi, Anda juga harus bijak dalam mengolahnya. Hindari mengolah makanan dengan cara digoreng. Anda bisa mengolah makanan dengan cara yang lebih sehat, seperti direbus, dikukus, atau ditumis.

 

 

4 dari 7 halaman

3. Hindari stess

Stres merupakan salah satu pemicu berbagai penyakit mental yang dapat menurunkan kualitas hidup. Maka dari itu, pola hidup sehat adalah dengan mengurangi beban pikiran atau menghindari hal-hal yang dapat menimbulkan stres.

Namun jika hal tersebut tidak dapat dihindari, maka ada baiknya Anda mencari cara untuk menghibur diri seperti misalkan saja dengan memiliki kegiatan lain seperti hobi, yoga, ataupun memelihara peliharaan yang menggemaskan.

Berhenti sebentar dari aktivitas yang sedang Anda kerjakan adalah hal lumrah. Ketika Anda sedang merasa tertekan, cobalah untuk menepi sebentar di tempat yang sepi. Tenangkan diri Anda sambil mengambil napas dalam-dalam dan embuskan secara perlahan.

Lakukan hal tersebut berulang kali sampai Anda merasa lebih rileks. Mengambil napas dalam-dalam sendiri telah terbukti menurunkan kadar kortisol, yang dapat membantu mengurangi stres dan kecemasan.

 

 

5 dari 7 halaman

4. Kurangi makanan manis

Bagi pecinta makanan manis, maka hal ini merupakan salah satu mimpi buruk. Namun, ternyata dibalik manisnya es krim, permen, brownies, memang sangat menggoda lidah, mereka juga mampu menimbulkan berbagai komplikasi penyakit. Maka dari itu, sebagai salah satu step awal pola hidup sehat adalah dengan mengurangi berbagai asupan gula.

Mulailah secara perlahan-lahan. Jika biasanya Anda minum teh dengan dua sendok gula, kini cobalah hanya satu sendok saja. Setelah terbiasa, Anda bisa menghilangkan asupan gula sama sekali dalam cangkir teh yang Anda minum.

Ketimbang mengonsumsi makanan yang mengandung gula, Ada baiknya untuk makan potongan buah segar. Selain lebih sehat, gula yang terkandung di dalam buah segar tentu tidak akan sebanyak yang ada dalam minuman kemasan.

Tak hanya gula, Anda juga harus perlahan-lahan mengurangi kebiasaan merokok dan minum alkohol.

 

 

6 dari 7 halaman

5. Perbanyak minum air putih

Sekitar 60 persen dari komposisi tubuh Anda adalah air. Sayangnya, setiap hari cairan dalam tubuh akan terus berkurang lewat keringat, urin, dan bahkan setiap kali Anda bernapas. Hal ini menjadi alasan mengapa pentingnya untuk selalu memastikan kebutuhan cairan Anda terpenuhi setiap hari.

Agar dapat memastikan bahwa asupan cairan Anda tepenuhi dengan baik tidak hanya mencegah dehidrasi saja, tapi juga jadi cara ampuh bagi Anda agar tidak mengonsumsi minuman manis.

Jangan lupa untuk selalu membawa botol minum yang berisikan air putih kemanapun Anda pergi. Sehingga Anda tidak akan lupa membawanya ke mana-mana. Selain itu, sediakan juga air minum di meja kerja atau di kamar tidur.

 

 

7 dari 7 halaman

6. Istirahat cukup

Menerapkan berbagai pola hidup sehat adalah sia-sia apabila Anda tidak mendapatkan waktu istirahat yang cukup. Menurut Cheri Mah, seorang pakar masalah gangguan tidur di Stanford University dan University of California, tidur adalah kebutuhan paling mendasar untuk menuju pola hidup sehat.

Tidur merupakan sebuah pondasi agar pikiran dan tubuh yang sehat terbentuk. Jika pondasi ini tidak kuat, tentunya akan berdampak pada kesehatan Anda. Mulai dari fungsi kekebalan tubuh, energi, selera makan, suasana hati hingga berat badan Anda.

Dilansir dari National Sleep Foundation, durasi tidur yang ideal bagi orang dewasa sekitar 7-9 jam per malam. Jadi, pastikan kalau setiap malam Anda tidur setidaknya 7-9 jam, ya!

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.