Sukses

Irama adalah Unsur Penting dalam Musik, Pahami Elemen-Elemennya

Irama jadi salah satu komponen pembentuk musik.

Liputan6.com, Jakarta Irama adalah salah satu unsur penting dalam seni musik. Struktur irama lagu menentukan kapan nada dimainkan, berapa lama, dan dengan tingkat penekanannya. Irama adalah komponen musik yang membuat gerak, atau bahkan hanya mengetuk kaki, saat seseorang mendengarkan lagu.

Irama adalah unsur musik yang bisa membuat sebuah musik begitu hidup. Tiap musik pasti memiliki iramanya sendiri. Irama adalah sebagai gerakan musik yang terkontrol dalam waktu. Tanpa irama yang baik, kamu akan mudah tersesat dalam musik dan tidak sinkron.

Irama adalah cara para musisi terhubung dengan musiknya. Bagi para musisi penting untuk memahami konsep tentang irama. Memiliki keterampilan akan konsep irama adalah menjadi pembeda antara musisi amatir dan profesional.

Inti dari irama adalah memahami bahwa not musik merepresentasikan durasi waktu suatu instrumen yang akan dimainkan. Berikut ulasan tentang irama dalam musik yang dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (28/10/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Mengenal irama

Irama juga dikenal sebagai ritme. Secara umum, irama adalah gerakan berturut-turut secara teratur. Dalam teori musik, irama mengacu pada pengulangan not dan istirahat (hening) dalam waktu. Cara terbaik untuk menggambarkan irama adalah sebagai gerakan musik yang terkontrol dalam waktu.

Irama adalah pola denyut teratur atau tidak teratur yang terjadi dalam musik dari ketukan melodi dan harmonis yang kuat dan lemah. Ini adalah salah satu aspek fundamental dari teori musik. Cara musik dibagi menjadi ketukan yang diulang beberapa kali dalam sebuah bar dengan kecepatan / tempo tertentu dianggap sebagai ritme atau irama.

Sederhananya, ketika kamu mendengarkan musik, kamu mungkin merasakan dorongan untuk bergerak atau mengetuk kaki. Irama adalah adalah komponen musik yang membuat seseorang ingin melakukannya.

3 dari 8 halaman

Fungsi irama dalam musik

Irama adalah unsur penting dalam semua musik. Kamu dapat mencampur semua suara yang kamu inginkan, tetapi jika tidak ada irama yang mendasari suara tersebut, maka suara tersebut tidak bisa disebut dengan irama.

Fungsi irama adalah sebagai alat penggerak sebuah musik, dan memberikan struktur komposisi. Irama adalah tentang bagaimana musisi terhubung saat mereka bermain bersama. Drum, perkusi, bass, gitar, piano, dan synthesizer semuanya dapat dianggap sebagai instrumen irama, bergantung pada konteksnya.

4 dari 8 halaman

Elemen-elemen dalam irama musik

Tanda birama

Tanda birama musik menunjukkan jumlah ketukan per hitungan. Ini juga menunjukkan berapa lama ketukan ini bertahan. Misalnya, dalam tanda birama dengan 4 di bagian bawah seperti 2/4, 3/4, 4/4, 5/4, dll.)Jadi dalam waktu 4/4 (juga dikenal sebagai "waktu umum"), setiap ketukan adalah panjang nada seperempat, dan setiap empat ketukan membentuk ukuran penuh.

Meter

Teori musik Barat standar membagi tanda birama menjadi tiga jenis pengukur musik: pengukur ganda (di mana ketukan muncul dalam kelompok dua), pengukur tiga (di mana ketukan muncul dalam kelompok tiga), dan pengukur empat kali lipat (di mana ketukan muncul dalam kelompok empat). Meter tidak terikat pada nilai not; misalnya, tiga meter bisa melibatkan tiga nada setengah, tiga catatan perempat, tiga catatan kedelapan, tiga catatan enam belas, atau tiga catatan dengan durasi berapa pun.

Tempo

Tempo adalah kecepatan memainkan musik. Ada tiga cara utama mengkomunikasikan tempo kepada pemain: ketukan per menit, terminologi Italia, dan bahasa modern. Denyut per menit (atau BPM) menunjukkan jumlah denyut dalam satu menit. Kata-kata tertentu dalam bahasa Italia seperti largo, andante, allegro, dan presto menunjukkan perubahan tempo dengan menggambarkan kecepatan musik. Terakhir, beberapa komposer menunjukkan tempo dengan kata-kata bahasa Inggris kasual seperti "fast," "slow," "lazy," "relaxing," dan "moderate."

5 dari 8 halaman

Elemen-elemen dalam irama musik

Ketukan yang kuat dan ketukan yang lemah

Irama menggabungkan ketukan yang kuat dan ketukan yang lemah. Ketukan yang kuat mencakup ketukan pertama pada setiap hitungan (ketukan suram), serta ketukan beraksen berat lainnya. Musik populer dan musik klasik menggabungkan ketukan yang kuat dan ketukan yang lemah untuk menciptakan pola ritme yang berkesan.

Sinkopasi

Irama sinkron adalah ritme yang tidak sejajar dengan detak lambat ukuran individu. Ketukan sinkopasi akan memberi penekanan pada ketukan lemah tradisional, seperti nada kedelapan kedua dalam ukuran 4/4. Irama kompleks cenderung mencakup sinkopasi. Meskipun ritme ini mungkin lebih sulit dipahami oleh musisi pemula, ritme ini cenderung terdengar lebih mencolok daripada pola ritme yang tidak sinkron.

6 dari 8 halaman

Elemen-elemen dalam irama musik

Aksen

Aksen mengacu pada penekanan khusus pada ketukan tertentu. Untuk memahami aksen, pikirkan sepotong puisi. Pengukur puitis, seperti pentameter iambik, dapat mendikte campuran tertentu dari suku kata bertekanan dan suku kata tanpa tekanan.

Polyrhythms

Untuk mencapai rasa ritme yang sangat ambisius, sebuah ensembel dapat menggunakan polyrhythm, yang melapisi satu jenis ritme di atas yang lain. Misalnya, ansambel perkusi salsa dapat menampilkan congas dan bongo yang dimainkan 4/4 kali, sedangkan timbales secara bersamaan memainkan pola dalam 3/8.

7 dari 8 halaman

Unsur-unsur seni musik lainnya

Melodi

Melodi merupakan sebuah kesatuan frase yang tersusun dari nada-nada dengan urutan, interval, dan tinggi rendah yang teratur. Pengertian mudahnya, definisi melodi merupakan tingkatan tinggi-rendah dan panjang-pendek sebuah nada dalam sebuah musik.

Birama

Birama merupakan ketukan atau ayunan yang dilakukan berulang-ulang lalu hadir secara teratur di waktu yang bersamaan. Birama biasanya ditulis dalam angka pecahan seperti 2/4, 3/4, 2/3, dan seterusnya. Angka yang ada di atas tanda “/” atau penyebut, memperlihatkan nilai nada dalam satu ketukan. 

Tangga Nada

Tangga nada adalah urutan dari suatu nada yang tersusun membentuk tangga. Tangga nada terbagi dua, yaitu tangga nada diatonik dan tangga nada pentatonik. Tangga nada diatonik merupakan tangga nada yang terdiri dari 7 buah nada dengan 2 jenis jarak (1/2 dan 1). Beda halnya dengan tangga nada pentatonik yang hanya terdiri dari 5 nada pokok saja.

8 dari 8 halaman

Unsur-unsur seni musik lainnya

Harmoni

Harmoni merupakan sekumpulan nada yang akan menghadirkan bunyi enak untuk dinikmati jika dimainkan bersama. Pengertian mudahnya, harmoni merupakan sebuah bentuk keselarasan paduan nada atau bunyi.

Tempo

Tempo adalah ukuran kecepatan birama lagu. Semakin cepat lagu dimainkan, maka semakin besar pula nilai tempo lagu tersebut.

Dinamika

Dinamika merupakan tanda memainkan nada dengan volume nyaring atau lembut. Fungsi dinamika sangat penting karena dapat menonjolkan nuansa sebuah lagu, seperti nuansa sedih sedih, senang, datar, agresif, dan sebagainya.

Timbre

Timbre adalah beda sifat dua nada yang sama kuat dan sama tinggi nadanya dalam konstruksi instrumen. Timbre juga bisa diartikan sebagai kualitas atau warna bunyi dalam seni musik. Bunyi timbre dipengaruhi sumber bunyi serta alat musiknya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.