Sukses

Viral, Persahabatan Pak Ambo dengan Buaya Bernama Riska di Bontang

Pak Ambo sudah menganggap buaya bernama Riska, bak anak sendiri.

Liputan6.com, Jakarta Banyak orang di penjuru dunia memilih binatang peliharaan yang lucu, seperti anjing, kucing, kelinci dan burung, karena hewan-hewan tersebut bisa menjadi sahabat yang menyenangkan. Namun yang mengejutkan, ada seorang pria tua yang mempunyai persahabatan tak biasa dengan buaya.

Pria bernama Ambo di Bontang, Kalimantan Timur memilih untuk menjadikan buaya sebagai binatang peliharaannya.  Tak hanya itu saja, pria yang akrab disapa Pak Ambo ini juga memberi nama buaya betina tersebut dengan nama yang cantik, yaitu Riska. 

Diketahui buaya tersebut berada di muara Sungai Guntung, Kota Bontang, Kalimantan Timur. Saat pertama kali ditemui oleh Pak Ambo, buaya tersebut masih sepanjang 1 meter. Namun kini, panjang Riska sang buaya sudah mencapai sekitar 4 meter. 

Pertemuan Pak Ambo pertama kali saat Ambo memberi makan Riska di sekitar Pabrik Pupuk Kaltim. Sejak saat itu, Riska sering mengikuti perahu Ambo. Buaya ini juga sudah akrab dengan masyarakat sekitarnya. Dilansir dari berbagai sumber, berikut Liputan6.com ulas persahabatan Pak Ambo dengan buaya Riska, Rabu (28/10/2020). 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mengurus Riska Selama 14 Tahun

Dilansir dari channel YouTubenya, Nyaman Channel yang tayang pada Juni 2020 lalu. Pak Ambo menemukan buaya betina tersebut di sekitar Pabrik Pupuk Kaltim. Lantas buaya tersebut selalu mengikuti kapal Pak Ambo. Kala itu, usianya masih sekitar 9 tahun dengan panjang satu meter.

Kini, buaya yang diberi nama Riska ini sudah berusia sekitar 23 tahun. Pak Ambo pun telah merawatnya selama 14 tahun lamanya.Nama Riska dipilih Pak Ambo karena perahunya juga bernama yang sama, Riska. Selain itu, istri Pak Ambo juga pernah bermimpi kalau nama buaya tersebut bernama Riska.

"Ibunya yang mimpi, dia bilang namaku Riska," kata Pak Ambo.

3 dari 4 halaman

Menganggap Layaknya Anak Sendiri

Tak hanya sebagai hewan peliharaan saja, pria bernama Ambo ini sudah menganggap buaya betina bak anak sendiri. Ia juga kerap memandikan dan mengelus-ngelus buaya tersebut. Saat, Riska dipanggil oleh Pak Ambo, buaya tersebut juga langsung mendekat.

"Saya anggap sebagai anak sendiri," kata Pak Ambo.

Dari tayangan di channel YouTubenya, Pak Ambo juga terlihat akrab dengan buaya yang panjang sekitar 4 meter ini. Tanpa rasa takut, Pak Ambo dengan santai memberi makan Riska. Diketahui, Riska mengonsumi ikan dan daging ayam. 

Tak hanya Pak Ambo saja, warga di Kelurahan Guntung, Kecamatan Bontang Utara, Kota Bontang, Kalimantan Timur ini juga sudah akrab buaya Riska. Menurut masyarakat di sana, buaya tersebut sudah jinak dan tidak akan menyerang.

4 dari 4 halaman

Memiliki YouTube Channel

Persahabatan Pak Ambo dan Riska menarik perhatian warganet. Tak tanggung-tanggu, pria separuh baya ini memiliki channel YouTube dengan hewan peliharaanya bernama Nyaman Channel. Akun YouTubenya, sudah mencapai 217 ribu pengikut, 

Dalam laman YouTube, kegiatan sehar-hari Pak Ambo dan Riska. Kedekatan manusia dengan hewan predator ini terlihat di laman YouTube yang sudah dibuat sejak 2019 lalu. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.