Sukses

10 Cara Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami, Cepat dan Efektif

Cara mengatasi rambut rontok secara alami bisa diterapkan secara teratur.

Liputan6.com, Jakarta Cara mengatasi rambut rontok bisa dilakukan dengan menggunakan bahan alami. Rambut rontok yang tidak normal biasanya dapat dikenali dari kondisi rambut berguguran yang mendadak lebih banyak dari biasanya. Penyebabnya sendiri bisa dipengaruhi faktor fisik hingga emosional. 

Kondisi ini masih dianggap normal bila rambut rontok tidak lebih dari 100 helai per hari. Namun, jika kerontokan rambut lebih dari 100 helai per hari dan tidak terkendali, kamu patut waspada. Hal ini bisa jadi merupakan tanda awal kebotakan. 

Cara mengatasi rambut rontok secara alami bisa diterapkan secara teratur. Berbagai bahan alami seperti lidah buaya, kemiri, minyak esensial, hingga masker buah-buahan bisa kamu gunakan. Dengan begitu, masalah rambut rontok akan segera teratasi.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (28/10/2020) tentang cara mengatasi rambut rontok.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Lidah Buaya dan Kemiri

Lidah Buaya

Cara mengatasi rambut rontok bisa menggunakan lidah buaya. Kandungan dalam lidah buaya tak hanya mampu membuat rambut menjadi lebih sehat, tetapi juga lebih kuat dan mampu merangsang pertumbuhan rambut pada kulit kepala kamu.

Sebelum menerapkan cara mengatasi rambut rontok ini basahi dulu rambut kamu dan tunggu sampai setengah kering. Setelah itu usapkan lendir yang terdapat pada bagian daging lidah buaya. Usapkan pada rambut dan kulit kepala kamu, biarkan 15 hingga 20 menit. Lakukan hal ini 2 hingga 3 kali dalam seminggu untuk hasil yang optimal.

Kemiri

Kandungan minyak kemiri mampu membuat rambut menjadi lebih hitam, sehat dan mampu mengatasi penyebab rambut rontok. Kandungan minyak kemiri mampu membuat akar rambut menjadi lebih kuat, dan mampu merangsang rambut untuk tumbuh pada bagian kulit kepala.

Cara mengatasi rambut rontok yakni dengan menyangrai kemiri yang sudah ditumbuk kasar. Setelah disangrai kemudian tumbuk sampai halus dan mengeluarkan minyak. Selanjutnya usapkan minyak kemiri tersebut pada rambut. Langkah terakhir yakni keramas dengan shampo agar rambut kamu bersih. Lakukan perawatan ini secara rutin.

3 dari 6 halaman

Minyak Esensial (Rosemary) dan Buah Alpukat

Minyak Esensial (Rosemary)

Salah satu minyak esensial terbaik yang dapat merangsang pertumbuhan rambut adalah minyak rosemary. Minyak ini dipercaya bisa meningkatkan metabolisme sel yang dapat menstimulasi pertumbuhan rambut sehingga menjadi lebih tebal.

Pastikan untuk menguji reaksi alergi sebelum mengaplikasikannya di kepala. Perlu diingat, minyak esensial wajib diencerkan dengan minyak lainnya seperti minyak zaitun atau minyak jojoba. Gunakan minyak essensial tersebut sebagai masker rambut.

Buah Alpukat

Kandungan protein yang terdapat pada buah alpukat sangat efektif untuk menguatkan rambut dan mampu memberi nutrisi pada rambut kamu. Selain mampu menguatkan rambut, buah ini juga mampu merangsang pertumbuhan rambut kamu.

Cara mengatasi rambut rontok dengan alpukat cukup dengan menghaluskannya, kemudian balurkan pada rambut serta kulit kepala kamu. Diamkan 20 menit lalu bilas dengan sampo agar bersih. Lakukan perawatan ini secara rutin.

 

4 dari 6 halaman

Yoghurt dan Jeruk Nipis

Yoghurt

Yoghurt merupakan salah satu bahan yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah kerontokan rambut. Cara mengatasi rambut rontok dengan yoghurt sangat mudah, kamu dapat mengoleskannya pada bagian kulit kepala dan biarkan 10 hingga 15 menit.

Lakukan cara merawat rambut rontok ini 2 hingga 3 kali dalam seminggu hingga kamu mendapatkan hasil yang diinginkan.

Jeruk Nipis

Dengan beberapa buah jeruk nipis, kamu sudah bisa menerapkan cara mengatasi rambut rontok secara alami. Caranya sangat mudah, cukup iris buah jeruk nipis menjadi beberapa irisan, dan usapkan pada kulit kepala. Setelah diusap secara merata, diamkan sekitar 15 menit, kemudian bilas dan keramas hingga bersih. Cara ini juga efektif untuk menghilangkan ketombe secara cepat.

5 dari 6 halaman

Kentang dan Teh Hijau

Kentang

Kentang bisa membantu mengatasi kekurangan kalium yang menyebabkan kerontokan rambut. Tak heran jika banyak yang mengandalkannya sebagai cara mengatasi rambut rontok. Penerapannya pun sangat mudah.

Kupas kentang, haluskan, dan peras untuk mengumpulkan jusnya. Tambahkan satu sendok makan madu ke dalam jus kentang dan oleskan sebagai masker rambut dan biarkan selama 15 menit. Bilas dengan sampo ringan. Lakukan perawatan ini seminggu sekali dan lihat perubahannya.

Teh Hijau

Teh hijau bisa membantu melindungi kulit kepala dan rambut dari kerusakan akibat sinar matahari. Kemudian mencegah rambut pecah-pecah dan membuat rambut lebih bersinar. Tak heran jika teh hijau pun cocok untuk atasi kerontokan.

Cara mengatasi rambut rontok dengan teh hijau yaitu rebus tiga kantong teh hijau dan gunakan untuk membilas rambut. Hal ini bisa membantu mengendalikan rambut rontok. Lakukanlah dua kali seminggu untuk hasil yang optimal. 

6 dari 6 halaman

Pakai Masker Aloe Vera & Jeruk Nipis dan Penuhi Asupan Nutrisi

Pakai Masker Aloe Vera & Jeruk Nipis

Cara mengatasi rambut rontok selanjutnya adalah dengan menggunakan masker dari aloe vera dan jeruk nipis. Aloe vera bersifat anti-septik dan menyuburkan rambut. Padukan dengan sari lemon agar kulit kepala sehat.

Cara mengatasi rambut rontok dengan bahan ini yakni, sediakan gel aloe vera secukupnya kemudian campurkan dengan perasan jeruk nipis. Oleskan campuran tersebut pada kulit kepala. Diamkan lebih kurang selama 30 menit. Kemudian bilas dengan bersih. Lakukan perawatan ini secara rutin untuk hasil yang optimal.

Penuhi Asupan Nutrisi

Asupan nutrisi, seperti seng, vitamin B, asam folat, zat besi dan kalsium, adalah jenis asupan yang baik dan dianjurkan untuk mengatasi rambut rontok. Beberapa studi menunjukkan asupan vitamin D juga berdampak positif. Vitamin biotin bahkan diketahui dapat merangsang pertumbuhan rambut.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini