Sukses

20 Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami, Bersih dan Menutrisi

Banyak cara menghilangkan komedo.

Liputan6.com, Jakarta Banyak cara menghilangkan komedo yang bisa dilakukan. Komedo disebabkan oleh pori-pori yang tersumbat oleh minyak berlebih, sel-sel kulit mati, dan bakteri. Komedo paling sering muncul di hidung dan dagu.

Komedo juga termasuk jenis jerawat ringan yang butuh perawatan. Jika tak segera dibersihkan, komedo bisa meninggalkan tampilan berupa bintik hitam kurang menyenangkan di wajah. Wajah yang berkomedo bisa terasa kasar dan kering. Maka dari itu, penting mengetahui cara menghilangkan komedo.

Ada beberapa cara menghilangkan komedo secara alami. Cara menghilangkan komedo ini bisa membantu mengurangi komedo, membersihkan wajah, dan menutrisi kulit. Hindari memencet langsung dalam cara menghilangkan komedo karena bisa menimbulkan iritasi.

Menerapkan pola hidup sehat dan rutin membersihkan wajah juga bisa jadi cara menghilangkan komedo secara alami. Berikut cara menghilangkan komedo secara alami yang dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (27/10/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Cara menghilangkan komedo secara alami

Rajin mencuci muka

Mencuci muka adalah kunci untuk memerangi komedo dan jerawat. Pastikan untuk rutin mencuci muka di pagi hari untuk menghilangkan kotoran atau bakteri yang mungkin menempel semalaman. Mencuci muka sebelum tidur juga sangat penting untuk membersihkan kotoran di wajah setelah beraktivitas.

Pastikan juga untuk untuk mencuci segera setelah berolahraga dan berkeringat. Keringat bisa terperangkap di pori-pori bersama dengan kotoran dan minyak.

Uap air

Uap membuka pori-pori kulit wajah dan membantu melonggarkan penumpukan kotoran untuk membersihkan kulit lebih dalam. Membuka pori-pori juga bisa melembutkan komedo, membuatnya lebih mudah dihilangkan. Cara menghilangkan komedo ini melepaskan bakteri dan sel penyebab jerawat dan komedo.

Masukkan air hangat ke dalam mangkuk atau baskom. Tutupi kepala dengan handuk dan hadapkan wajah ke arah mangkuk. Jarak wajah ke mangkuk paling tidak harus sejauh 6 hingga 10 inci. Lakukan maksimal 10 menit, dan komedo akan dengan mudah terangkat.

3 dari 8 halaman

Cara menghilangkan komedo secara alami

Oatmeal

Cara menghilangkan komedo secara alami selanjutnya adalah menggunakan oatmeal. Oat dapat mengangkat sel-sel kulit mati dan bertindak sebagai pelembap alami. Mengeksofoliasi kulit dengan oatmeal menyerap semua kotoran yang bersarang di pori-pori kulit. Pengangkatan ini termasuk minyak berlebih, bakteri, dan kotoran di kulit.

Haluskan 1 sendok makan oatmeal hingga membentuk bubuk kasar. Tambahkan 1 sendok makan tepung beras, 1 sendok teh madu, dan air mawar secukupnya hingga membentuk pasta. Oleskan masker ini di dagu dan hidung tempat berasarangnya komedo. Biarkan selama 10 menit kemudian gosokkan dengan gerakan melingkar, lalu bilas dengan air hangat.

Kopi

Bubuk kopi merupakan pengelupas yang bagus. Butiran kopi tidak larut dalam air, yang membuatnya cocok untuk mengangkat sel kulit mati. Campur dua sendok bubuk kopi hitam dengan minyak zaitun dan gula secukupnya sampai mengental seperti pasta. Aplikasikan ke dagu dan hidung dengan gerakan memutar untuk mengangkat sel kulit mati.

Sea salt

Sea salt atau garam laut dibuat dengan cara menguapkan air garam. Garam laut adalah antibakteri yang sangat baik yang membuka pori-pori. Campur garam laut dengan beberapa tetes air lemon dan sedikit air, lalu pijatkan campuran itu pada dagu dan hidung.

 

4 dari 8 halaman

Cara menghilangkan komedo secara alami

Putih telur

Putih telur dapat menarik minyak dari pori-pori sambil mengencangkan kulit. Masker putih telur dengan sedikit lemon akan membantu menghilangkan komedo, sementara protein dalam putih telur membantu menyembuhkan dan menyehatkan kulit.

Kamu bisa menggunakan campuran putih telur dan madu sebagai peel-off mask. Campur kedua bahan hingga rata dalam mangkuk. Oleskan lapisan tebal di dagu dan hidung. Biarkan sampai kulit mulai mengencang. Bilas dengan air hangat. Lakukan setidaknya satu kali seminggu.

Baking soda

Cara menghilangkan komedo selanjutnya adalah menggunakan baking soda. Baking soda berfungsi sebagai astringent dan exfoliant. Ini menghilangkan semua kotoran yang menyumbat pori-pori dan membersihkannya. Buat pasta dengan baking soda dan air, lalu oleskan pada area yang berkomedo. Biarkan mengering selama 15-20 menit. Cuci bersih dengan air hangat.

Gula

Butiran gula mengelupas kulit dan mengangkat sel kulit mati penyebab komedo. Campur 1 sendok makan gula pasir, 1 sendok makan madu, dan beberapa tetes air lemon. Aplikasikan pada area berkomedo dengan gerakan melingkar. Berikut gosokan halus beberapa menit dan kemudian bilas dengan air hangat.

5 dari 8 halaman

Cara menghilangkan komedo secara alami

Lidah buaya

Lidah buaya memiliki sifat pembersih kulit yang sangat baik yang membantu menghilangkan komedo. Lidah buaya juga mengandung zinc yang membantu mengencangkan pori-pori dan saponin yang membersihkan kulit. Semua sifat ini dapat membantu mencegah komedo.

Oleskan gel lidah buaya ke area yang rawan komedo. Biarkan semalaman dan bilas dengan air saat bangun.

Madu

Cara menghilangkan komedo secara alami selanjutnya adalah menggunakan madu. Sifat antibakteri dari madu akan menangkal komedo secara efektif. Madu juga sangat menenangkan dan melembapkan kulit. Ambil kapas dan oleskan madu di atasnya. Oleskan kapas ini ke komedo dan bersihkan setelah 20 menit.

Cuka sari apel

Sifat asam cuka akan membersihkan komedo dengan mengeringkannya dan juga membunuh bakteri yang ada di pori-pori yang tersumbat. Namun, perlu berhati-hati menggunakan bahan ini karena cuka akan sangat mengeringkan wajah. Selalu larutkan cuka sari apel dengan air sebelum digunakan.

Larutkan beberapa tetes cuka apel dengan air. Celupkan pada kapas dan oleskan pada komedo. Biarkan mengering secara alami selama beberapa menit lalu bilas dengan air.

6 dari 8 halaman

Cara menghilangkan komedo secara alami

Air mawar

Air mawar bisa membantu menghidrasi kulit. Ini membuat komedo lebih mudah dibersihkan. Campur 1 sendok makan air mawar dengan 1 sendok makan air lemon. Celupkan pada kapas dan tempelkan pada komedo. Biarkan selama 10-12 menit lalu bilas dengan air.

Minyak kelapa

Minyak kelapa memiliki sifat pelembap yang dapat membantu meredakan kulit kering dan mencegah penyumbatan pori-pori. Asam laurat dalam minyak kelapa juga dapat mencegah timbulnya jerawat. Ambil 1-2 tetes minyak pada jari yang bersih dan pijat kulit yang berkomedo. Biarkan selama beberapa jam lalu bilas hingga bersih.

Minyak zaitun

Minyak zaitun adalah salah satu minyak yang paling direkomendasikan dalam metode pembersihan berbasis minyak. Minyak zaitun kaya akan vitamin dan antioksidan. Sifat melembapkannya mampu mencegah kulit kering penyebab komedo.

Tuang minyak ke telapak tangan lalu oleskan ke area hidung dan dagu. Pijat minyak selama beberapa menit. Biarkan minyak menempel di wajah selama satu menit. Celupkan waslap ke dalam air hangat yang cukup dingin untuk digunakan pada wajah, tetapi cukup hangat untuk melarutkan minyak. Oleskan waslap ke wajah dan tahan di sana selama 15 detik. Seka minyak dari wajah secara perlahan.

7 dari 8 halaman

Cara menghilangkan komedo secara alami

Kunyit

Sifat antimikroba dan penyembuhan kunyit akan membersihkan komedo dalam waktu singkat. Ini dapat membantu mengurangi munculnya komedo. Campur 1/2 sendok teh bubuk kunyit dengan madu hingga membentuk pasta kental. Biarkan selama 15-20 menit dan kemudian bilas.

Teh hijau

Teh hijau mengandung polifenol yang dapat membantu mengatur minyak pada kulit. Teh hijau bisa mencegah pori-pori kulit tersumbat. Ambil isi dari satu kantong teh. Rendam dengan air hangat, ambil teh lalu campur dengan gel lidah buaya. Oleskan pada area berkomedo, biarkan selama 10-15 menit lalu bersihkan.

Lemon

Lemon kaya akan vitamin C atau asam askorbat yang menunjukkan sifat pelembap. Lemon juga meningkatkan sintesis kolagen yang membantu mengencangkan pori-pori. Campurkan masing-masing satu sendok teh jus lemon dan madu. Oleskan pada area berkomedo biarkan selama sekitar 15-20 menit sebelum dibilas.

Jus lemon dapat menyebabkan reaksi alergi pada beberapa orang. Jadi lakukan pengujian terlebih dahulu sebelum menggunakan cara menghilangkan komedo.

8 dari 8 halaman

Cara menghilangkan komedo secara alami

Tomat

Tomat berperan sebagai antiseptik alami, astringent, dan antioksidan. Sifat asamnya bagus untuk mengusir komedo. Kupas dan haluskan satu buah tomat. Oleskan bubur tomat ke dagu dan hidung, tunggu sampai mengering. Kemudian bersihkan dengan air hangat.

Clay mask

Clay adalah bahan lembut yang membantu membersihkan kulit dari minyak berlebih dan dapat membantu mengendurkan atau bahkan menghilangkan kotoran dari pori-pori yang tersumbat. Masker wajah yang dibuat dengan bahan dasar tanah liat bekerja lebih lembut daripada strip pori, yang dapat menarik lapisan kulit.

Charcoal mask

Masker charcoal juga bisa jadi alternatif cara menghilangkan komedo secara alami. Charcoal bekerja jauh di dalam pori-pori untuk membantu mengeluarkan kotoran. Ada banyak charcoal mask yang dijual di pasaran. Kamu dapat menemukan masker arang yang dijual bebas di internet atau di apotek atau toko kecantikan terdekat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini