Sukses

6 Makanan Ikan Mas Koki yang Baik untuk Pertumbuhan, Mudah Ditemukan

Memperhatikan makanan ikan mas koki tentunya akan membuat ikan menjadi sehat.

Liputan6.com, Jakarta Makanan ikan mas koki penting untuk diperhatikan bagi kamu yang hobi pelihara ikan, khususnya ikan mas koki. Makanan ikan mas koki tentunya berpengaruh untuk pertumbuhan ikan mas koki yang kamu pelihara. Ikan mas koki merupakan salah satu jenis ikan hias yang paling banyak dicari oleh para pecinta ikan nusantara bahkan juga mancanegara.  

Ikan mas koki merupakan salah satu jenis ikan hias yang tentunya memiliki banyak jenisnya. Memiliki banyak jenis yang lucu dan menggemaskan, makanan ikan hias mas koki harus diperhatikan agar ikan yang dipelihara tetap sehat. Pasalnya, jika salah dan tidak memperhatikan makanan akan berdampak terhadap kesehatan ikan mas koki tersebut.

Makanan ikan mas koki yang alami mudah ditemukan. Selain makanan ikan mas koki yang alami, ada beberapa makanan ikan mas koki yang juga dijual di pasaran dan mudah untuk ditemukan. Dengan begini, kamu lebih mudah untuk mendapatkan makanan ikan mas koki kamu yang lucu dan menggemaskan.

Ikan mas koki merupakan jenis ikan hias yang bukan tipe pemilih makanan, jadi mudah sekali untuk memberi makan ikan mas koki ini. Makanan ikan mas koki juga mudah untuk ditemukan. Jadi lebih memudahkan kamu untuk merawat ikan mas koki tersebut.

Berikut Liputan6.com merangkum dari berbagai sumber tentang makanan ikan mas koki yang alami dan mudah ditemukan, Senin (26/10/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Makanan Ikan Mas Koki

Makanan ikan mas koki penting untuk diperhatikan ikan mas koki yang dipelihara tetap sehat dengan mendapatkan asupan makanan yang sesuai. Makanan ikan mas koki yang alami ini juga mudah ditemukan.

1. Cacing Sutra

Cacing sutra merupakan jenis makanan ikan mas koki yang pertama yang bisa dijadikan sebagai pilihan makanan ikan mas koki yang kamu pelihara. Cacing sutra juga bisa membuat warna ikan mas koki jadi lebih menarik. Cacing sutra memiliki bentuk tubuh yang halus seperti sutra. Pakan ini bisa merangsang tumbuhnya jambul ikan mas koki. Sebelum diberikan pada ikan, sebaiknya cuci dahulu cacing ini.

Selain itu, cacing sutra juga mudah untuk ditemukan. Kamu bisa membeli jenis makanan ikan mas koki satu ini di toko pakan ikan terdekat.

2. Cacing Darah

Makanan ikan mas koki selajutnya yang bisa kamu pilih untuk ikan mas koki peliharaan kamu yakni cacing darah. Cacing darah dapat mempercepat pertumbuhan ikan mas koki. Hal ini karena kandungannya yang kaya lemak dan protein. Cacing darah disebut juga sebagai bloodworm. Kamu bisa membelinya di toko terdekat dengan bentuk yang sudah dibekukan.

3. Kutu Air

Kutu air merupakan jenis makanan ikan mas koki selanjutnya yang bisa dijadikan pilihan untuk memenuhi gizi pertumbuhan ikan mas koki. Secara umum, bentuk kutu air yakni gepeng menampat ke samping dan tubuhnya beruas-ruas. Pada punggungnya terdapat lipatan seperti cangkang kerang yang menutupi bagian tubuh. Kutu air bisa diberikan untuk ikan berukuran 3-5 cm. Kutu air memang memiliki ukuran tubuh yang sangat kecil.

Kandungan gizinya berguna sebagai pembentuk warna dan tubuh koki. Selain tersedia di danau, rawa, atau genangan air, kutu air dapat dikulturkan.

4. Jentik Nyamuk

Jentik nyamuk merupakan salah satu jenis makanan ikan yang cukup sering digunakan. Jentik nyamuk juga bisa dijadikan sebagai makanan ikan mas koki agar gizi pertumbuhan ikan mas koki dapat terpenuhi. Jentik nyamuk merupakan pakan yang sangat disukai koki. Pakan ini mengandung zat-zat yang dibutuhkan untuk perkembangan koki. Jentik nyamuk merupakan jenis makanan ikan mas koki yang sangat mudah berkembang. 

Jentik nyamuk banyak hidup diperairan yang tergenang, misalnya dibarang-barang bekas yang terisi air hujan, di bak penampungan air yang jarang dikuras, dan di got buangan air limbah rumah tangga.

5. Pelet

Selain makanan ikan mas koki yang alami, ada jenis makanan ikan mas koki lainnya yang bisa memenuhi kebutuhan gizi ikan mas koki yang kamu pelihara. Pelet merupakan jenis makanan buatan yang paling penting dan banyak digunakan oleh pemilik ikan hias. Setiap pabrik sudah menakar komposisi pelet sesuai fungsinya. Ada yang berfungsi untuk pertumbuhan dan ada pula yang berfungsi untuk mencerahkan warna. Kamu tentunya bisa memilih makanan ikan mas koki jenis pelet ini sesuai dengan kebutuhan kamu.

6. Sayuran Caisim

Makanan ikan mas koki selanjutnya yang baik untuk pertumbuhan ikan mas koki kamu yakni adalah sayuran caisim. Makanan ikan mas koki sayuran caisim dipercaya dapat menyehatkan si ikan. Untuk menjaga kebersihan aquarium, sebaiknya setelah diberi sayuran, sisanya langsung dibuang.

 

3 dari 3 halaman

Cara Merawat Ikan Mas Koki

Setelah mengetahui jenis makanan ikan mas koki yang baik untuk pertumbuhan ikan mas koki, selanjutnya ini ulasan mengenai cara meawat ikan mas koki yang juga tak kalah penting untuk diketahui. Selain memperhatikan makanan ikan mas koki, cara merawat ikan mas koki juga perlu diperhatikan.

1. Perhatikan Kualitas Air

Cara merawat ikan mas koki yang pertama yakni memperhatikan kualitas air di dalam akuarium. Amonia, nitrat, dan nitrit adalah senyawa kimia alami yang dihasilkan dari siklus di akuarium atau tangki kamu. Ketiga bahan itu akan baik-baik saja di level rendah, tetapi jika dibiarkan tidak terkendali ketiganya dapat menambah jumlah air yang tidak sehat.

Kisaran pH normal air dalam akuarium adalah 6.5 hingga 8.2. Ph adalah aktivitas asam / basa dalam air. Jangan biarkan ikan berada di akuarium dengan tingkat pH di bawah 6.0 atau di atas 9.0. Hindari pula penggunaan klorin pada air. Klorin adalah bahan kimia yang sangat reaktif; dalam jumlah besar dapat digunakan sebagai senjata kimia. Selain itu juga perlu memastikan suhu lingkungan berkisar 20 sampai 25 derajat celcius agar ikan mas koki bertahan lama.

2. Perhatikan Ukuran Akuarium

Cara merawat ikan mas koki selanjutnya yakni perlu untuk memperhatikan ukuran akuarium yang ideal. Pastikan bahwa akuarium sebagai tempat tinggal ikan mas koki memiliki 38 liter air untuk satu ekor ikan mas. Apabila nantinya ingin menambahkan jumlah ikan mas koki, maka tambahkan lagi 38 liter. Akuarium yang kecil hanya akan meningkatkan jumlah amonia dalam air.

Amonia adalah salah satu zat yang sangat beracun bagi ikan dan hewan yang hidup di air lainnya. Penumpukan amonia di akuarium merupakan hasil dari pemecahan metabolisme ikan.

3. Gunakan Penyaring Akuarium

Filter atau penyariangan akuarium adalah hal yang sangat penting untuk menjaga kebersihan air dalam akuarium. Penyaring akuarium tersedia dalam berbagai bentuk termasuk berbagai jenis busa, benang filter, bantalan, lipatan kertas mikron, dan tanah diatom.

Selain itu, penting untuk memberihkan penyaring secara teratur untuk menghilangkan partikel yang telah terperangkap, sebelum bahan membusuk dan menambah produk limbah di akuarium.

4. Beri Dekorasi

Agar ikan tetap sehat dan terawat, hal selanjutnya yang perlu kamu perhatikan adalah memberikan dekorasi pada akuarium. Hiasi tangki ikan Anda dengan dekorasi yang kamu sukai, asalkan tidak beracun bagi ikan. Penting untuk mewaspadai dekorasi yang berpotensi beracun. 

Hal yang perlu kamu pastikan yakni menghindari dekorasi yang tajam agar ikan tidak terluka. Ada baiknya juga menambahkan unsur tanaman air untuk bisa mengurangi tekanan kadar amonia dan nitrit. 

5. Beri Pencahayaan yang Cukup

Pencahayaan juga sangat penting untuk pertumbuhan ikan. Pencahayaan akuarium yang tepat memberikan energi vital bagi tanaman dan hewan fotosintesis. Sebagai sumber cahaya utama, pencahayaan akuarium yang tepat sangat penting untuk setiap sistem yang mengandung organisme fotosintesis seperti tanaman, anemon, atau karang.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini